Eddie Van Halen
(Foto: Daniel Field)

Sabigaju.com – Duka mendalam kii tengah dirakan para penggemar musik rock di seluruh dunia. Gitaris terbaik di dunia Eddie Van Halen Gitar asal Belanda meninggal dunia hari Selasa (6/10/2020) waktu setempat akibat menderita kanker tenggorokan dalam usia 65 Tahun.

Eddie Van Halen merupakan sosok legenda musik dunia yang meroket bersama bandnya, Van Halen. Dari era 70-an akhir hingga era 80-an, Eddie Van Halen mengubah musik dunia dengan permainan gitarnya yang garang dan begitu menawan.

Eddie  dikenal sebagai gitaris yang mempopulerkan teknik double tapping dalam setiap penampilannya.

Eddie Van Halen
(Foto: Daniel Field)

Eddie mengantarkan  Van Hallen band yang didirikan di Los Angeles 1974 silam meraih berbagai penghargaan dunia  hingga dinobatkan dalam Rock And Roll Hall of Fame tahun 2007 lalu.

Eddie bahkan membuat Van Hallen menjadi salah satu kiblat musik rock dunia dengan penjualan album sebanyak lebih dari 75 juta kopi di seluruh dunia.

Darah Indonesia dalam Tubuh Eddie

Eddie lahir di Amsterdam pada 26 Januari 1955 setelah keluarganya memutuskan  pindah dari Indonesia di tahun 1953.

Ibu Eddie Van Halen
(Sumber: Twitter Wolfgang Van Halen)

Tak banyak yang tahu bahwa Eddie memiliki darah Indonesia. Sang ibu Eugenia van Beers adalah seorang perempuan blasteran Indonesia-Belanda yang lahir pada 21 September 1914 di Rangkasbitung.

Darah musik mengalir di tubuh Eddie berkat ayahnya, Jan Van Halen, yang merupakan seorang musisi profesional dari Amsterdam yang memainkan saksofon dan klarinet.

BACA JUGA: Cadas Musiknya Cerdas Otaknya, Nih Bukti Anak Punk Pintar

Banjir Ucapan Duka dari Musisi Dunia

Para musisi dunia menghaturkan ucapan duka mendalam atas Kepergian Eddie Van Halen lewat berbagai lini media sosial

Grup band metal Metallica mengucapkan belasungkawa atas kepergian Eddie melalui akun Instagram resminya.

“Kami turut berdukacita dengan kabar kepergian Eddie. Kami sudah menganggapnya sebagai seorang inspirasi dan idola setelah sempat menjalani tur bersama di tahun1988,” tulis akun Instagram Metallica.

BACA JUGA: Lima Alasan Kenapa Memacari Wanita yang Suka Rock N’ Roll itu Supercool!

Salam penghormatan juga disampaikan oleh pembetot bass grup band Red Hot Chilli Pepper (RHCP), Flea atas kepergian Eddie..

Flea menganggap Eddie sebagai gitaris inovator yang membawa perubahan dalam teknik permainan gitar pada masanya.

“Aku harap kamu bisa ber-jamming ria bersama Jimi Hendrix malam ini di sana,” tulis Flea di Instagramnya.

Mantan drummer grup band Dream Theatre, Mike Portnoy, juga mengucapkan belasungkawa atas kepergian Eddie Van Halen.

“Aku benar-benar terkejut dengan berita kematian Edward Van Halen. Sangat sedikit musisi yang mampu mengubah keseluruhan lanskap musik dengan instrumennya dan Raja Edward adalah salah satunya,” tulis Mike lewat akun Instagramnyanya.

BACA JUGA: Konser Di Kursi Aja No Moshing, Pogo or Stage Diving, Mau? 

Ucapan belasungkawa secara resmi juga disampaikan grup band Pearl Jam atas kepergian Eddie. di akun Instagram Pearl Jam.

Pearl jam mengunggah foto gitaris Pearl Jam, Mike McCready bersama dengan Eddie. Dalam unggahannya, McCready juga memuji sederet lagu Van Halen. Termasuk di antaranya adalah “Romeo Delight”, “Light up The Sky”, “Unchained”.

“Eddie seperti Mozart-nya para gitaris. Dia dapat mengubah segalanya dan dia bermain dengan jiwanya. Beristirahat dengan damai,” tulis dia.”Tidak percaya Eddie Van Halen meninggal dunia,” tulis McCready.

Rest in Power Eddie Van Halen (Sbg/Rig)

Comments