Dua tim yang disponsori Nike yakni Prancis dan Kroasia akan bertarung untuk menjadi pemenang Piala Dunia 2018. (Foto jeffwallpapers.com)
Dua tim yang disponsori Nike yakni Prancis dan Kroasia akan bertarung untuk menjadi pemenang Piala Dunia 2018. (Foto jeffwallpapers.com)

Sabigaju.com – Produser peralatan olahraga Nike akhirnya berhasil mengalahkan pesaing terberat mereka, Adidas, di laga Final Piala Dunia 2018.

Nike mensponsori timnas Kroasia dan Prancis yang telah lolos ke babak final untuk menjuarai Piala Dunia 2018.

Laga pertarungan dua apparel itu masih akan berlangsung di partai perebutan peringkat tiga besar dimana timnas Belgia yang di sponsori oleh produsen perlengkapan olahraga dari Jerman, Adidas menghadapi Inggris yang disponsori oleh Nike.

Adidas dan Nike adalah dua produsen terbesar jersey dalam sepak bola, khususnya Piala Dunia ini. Adidas menyuplai 12 jersey untuk tim seperti Meksiko, Kolombia, Argentina, Spanyol, Rusia, Belgia, Swedia dan Jepang.

Sementara Nike memproduksi 10 jersey seperti untuk Australia, Brasil, Prancis, Kroasia, Korea, Portugal, Tunisia, dan Nigeria.

Penjualan Adidas Turun?

Nike kini telah menghasilkan penjualan produk peralatan olahraga mereka di seluruh dunia lebih dari US$ 2 miliar atau sekitar Rp 28 triliun dalam tahun fiskal 2018. Sementara Adidas mendominasi liga Eropa dan liga profesional Amerika Serikat.

Dilansir laman moneycontrol.com, sejak dimulainya Piala Dunia pada 14 Juni lalu, saham Nike naik hampir 3 persen, sebagian besar dibantu oleh laporan kuartalan dan prospek penjualan yang kuat lewat keberhasilan tim yang disponsori Nike memenangkan laga di Piala Dunia.

Sementara itu Adidas mengalami penurunan penjualan 2,7 persen karena tidak lolosnya juara bertahan Jerman ke babak penyisihan. Adidas juga disebut telah kehilangan sekitar 5 persen di Piala Dunia 2018 ini lantaran tim-tim yang disponsorinya, seperti Argentina dan Spanyol, tersingkir.

Nike Pemenang Piala Dunia 2018

Sejak gelaran Piala Dunia 1998 di Prancis, keduanya kerap terlibat persaingan untuk mengantarkan tim yang disponsorinya melenggang ke puncak podium juara.

Tercatat, sejak 1998, Adidas telah membawa Prancis, Spanyol dan Jerman memenangkan gelar juara dunia pada 1998, 2010 dan 2014.

Sedangkan Nike baru sukses membawa Brasil meraih gelar Piala Dunia kelimanya di Korea Selatan dan Jepang pada edisi 2002.

Nah, berikut daftar tim juara Piala Dunia dengan sponsor apparelnya sejak 1998:

1998 – Prancis (Adidas)
2002 – Brasil (Nike)
2006 – Italia (Puma)
2010 – Spanyol (Adidas)
2014 – Jerman (Adidas)

Dan pada 2018, Nike memastikan predikat pemenang Piala Dunia 2018 dengan mengantarkan Kroasia dan Prancis yang disponsorinya berlaga di partai puncak. (Sbg/Rig)

Comments