Seorang anak tengah belajar membatik di Museum Batik Yogyakarta. (Foto: Instagram frankyphotography)

Sabigaju.com – Hari Senin ini, 2 Oktober 2017 menjadi peringatan Hari Batik Nasional. Batik sendiri merupakan salah satu ciri khas negara Indonesia yang sudah mendunia. Karena itulah, peringatan Hari Batik Nasional ini disambut antusias oleh masyarakat Indonesia.

Tepat pada 2 Oktober 2009 silam, Batik telah diakui oleh dunia sebagai salah satu Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO.

Tanggal 2 Oktober dipilih sebagai Hari Batik Nasional berdasarkan keputusan dari United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization atau yang lebih dikenal dengan UNESCO.

Dan UNESCO merupakan Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui bahwa batik Indonesia sebagai warisan budaya di dunia.

Alasan UNESCO memasukan batik ke dalam daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia, tak lain dan tak bukan karena, Batik telah mendapat pengakuan Internasional sebagai budaya Indonesia.

Ragam Corak dan Jadi Pilihan Selebriti

Raline Shah dan Marcell Siahaan dalam sebuah sesi foto mengenakan batik (Foto: Instagram ralineshah)

Model, bahan serta jenis corak kain Batik pun sangat beraneka ragam, tak heran jika di Indonesia banyak sekali model kain baik yang biasa Sobat Sabi temui. Karena itu juga, kini Batik telah menjelma menjadi salah satu jenis kain tradisional favorit masyarakat di Indonesia.

Begitupun untuk salah satu aktris cantik Raline Shah yang diam-diam ternyata sangat menggemari kain batik lho Sobat Sabi. Dalam suatu kesempatan Raline Shah mengaku sangat mencintai kain tradisional Batik.

Tak heran jika dalam beberapa kesempatan Raline selalu memadu padankan gaya busana yang ia kenakan dengan berbagai model kain tradisional.

Member Girls Squad bersama Marshanda berfoto dengan mengenakan busana batik. (Foto: momophotography88 – Instagram ramadhaniabakrie)

Tak hanya Raline Shah, para member Girls Squad hari ini memajang foto tiga orang anggota membernya bersama Marshanda yang terlihat cantik dan anggun dengan mengenakan kain batik.

Batik Rajai Media Sosial

Sebuah kain baik yang menjadi koleksi Museum Batik di Yogyakarta. (Foto: Instagram belagaknian)

Sementara itu, di media sosial khususnya Twitter, peringatan Hari Batik Nasional juga ramai-ramai diperingati oleh warganet hingga muncul tagar #Selamat Hari Batik Nasional.

Tagar tersebut bahkan masuk dalam urutan teratas trending topik di Twitter hari ini.

“Batik adalah salah satu identitas bangsa, maka jaga dan rawat bersama. Selamat Hari Batik Nasional ,” kicau akun Twitter @ToopDewi.

“Batik gaya fashion khas nusantara, beda daerah beda pula coraknya. Ini cermin bahwa kita benar-benar bhinneka. Selamat Hari Batik Nasional ,” tulis twitt akun Twitter @DediMulyadi71.

“Indonesia kaya akan budaya batik. Hampir seluruh Nusantara memiliki budaya khas batik. Mari bangga pakai batik. Selamat Hari Batik Nasional,” kicau pemilik akun Twitter @Batik_Day.

So, jangan lagi berpikir bahwa memakai batik itu gak keren yaa Sob! Karena kita harus bangga dengan budaya bangsa kita sendiri. (Sbg/Rig)

Comments