Bernapas dengan benar dapat membantu menjernihkan pikiran kita. (Foto: Pixabay)
Bernapas dengan benar dapat membantu menjernihkan pikiran kita. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Bagi manusia bernapas adalah sebuah mekanisme alami yang dilakukan untuk bertahan hidup. Rata-rata manusia akan bernapas selama 16 kali per menit.

Nah, selama kamu hidup hingga detik ini, pernahkah kamu berpikir jika sudah bernapas dengan cara yang benar? Atau jangan-jangan selama ini kamu bernapas dengan cara yang salah.

Kali ini Sabigaju mau kasih info seputar cara bernapas yang baik dan benar. Let’s check this out, Sob!

Pentingnya Bernapas dengan Benar

Walaupun kegiatan bernafas dilakukan setiap hari namun besar kemungkinan kamu melakukannya dengan tidak benar, tidak melakukannya secara alami.

Menurut Nancy Gerstein, seorang penggiat yoga mengatakan bahwa cara bernapas dengan benar dilakukan dari perut adalah cara yang paling tepat untuk mencapai titik relaksasi dan pikiran yang tenang.

“Bernapas secara dalam-dalam juga dapat memperlambat denyut jantung kita, yang dapat membuat tekanan darah menurun, menjernihkan pikiran kita, dan mengendurkan otot-oto kita.”

Dengan menarik napas dalam-dalam dari diafragma dapat meningkatkan respons tubuh untuk melakukan relaksasi dan itu merupakan hal paling penting yang bisa kamu lakukan setiap hari.

“Ketika Anda tidak bernapas dengan sempurna, tekanan darah akan meningkat, tekanan jantung meningkat, otot menjadi tegang dan bahkan pikiran Anda akan tidak bisa fokus,” tutup Gerstein.

Nih Cara Bernapas dengan Benar

Berikut cara mudah bernafas dengan benar. Coba berbaringlah telentang di lantai. Letakkan satu tangan di pusar dan satu lagi di atas dada. Lanjutkan dengan, bernafaslah dalam-dalam.

Jika perlu, hitung sampai lima. Saat melakukannya, perutmu harus naik perlahan, menjauhi tulang belakang. Sedangkan dada terasa melebar.

Saat paru-paru terasa penuh, embuskan nafas perlahan. Hitung sampai tujuh, hingga pusar kembali pada tempatnya semula.

Ulangi hal itu dua kali sehari. Idealnya, kamu harus mengambil nafas seperti itu sepuluh kali di pagi hari dan sepuluh lagi di sore hari.

Bernapas dengan benar membuat fungsi paru-paru dan pembuluh darah akan bekerja maksimal dan racun dalam tubuh pun terlepaskan.

Dampak dari Cara Bernapas yang Salah

Teknik bernapas yang salah membuat kita tidak mendapatkan oksigen dengan jumlah yang seharusnya. Efek kekurangan oksigen ini terasa, misalnya, ketika kamu baru menaiki beberapa anak tangga namun sudah ngos-ngosan, atau ketika baru sepuluh menit lari sore bersama teman-teman kantor namun sudah merasa kelelahan.

Selain sering merasa cepat lelah bernapas dengan cara yang salah juga dapat mengakibatkan hiperventilasi alias berkurangnya jumlah oksigen yang masuk dan jumlah karbondioksida yang keluar.

Hal ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang memasok darah ke otak. Ujung-ujungnya, kamu akan merasakan sensasi kesemutan pada jari, melayang atau bahkan hilang kesadaran.

Tuh makanya jangan dianggap sepele soal bernafas dengan benar. Sebab hal itu merupakan kunci utama untuk memiliki kesehatan tubuh. So, mulailah bernapas dengan benar sekarang juga. (Sbg/Rig)

Comments