Diktator
Fidel Castro adalah sosok yang kontroversial. Bagi pengikutnya, Dia dikenal sebagai pahlawan sosialisme dan anti-imperialisme yang revolusioner. Namun, bagi pihak oposisi melihat Fidel Castro sebagai sosok diktator. (Foto: History.com)

Sabigaju.com – Menjadi pemimpin negara  yang diktator berarti berkuasa atas segalanya, termasuk nyawa atau keberlangsungan hidup rakyatnya.

Selalu ada alasan kalau tindakannya yang tak jarang terlalu keji itu adalah demi keamanan negara atau kesejahteraan rakyatnya.

Hingga saat ini, negara yang dipimpin oleh para diktator tak lagi sebanyak beberapa puluh tahun silam.

Namun dua negara yang masih dikenal sebagai negara dengan pemimpin diktator tak lain adalah Korea Utara dengan Kim Jong Un sebagai presidennya. Lalu Rusia dengan Vladimir Putin yang tahun ini kembali memenangkan pemilu.

Berikut ini 5 pemimpin negara yang juga dikenal diktator sepanjang sejarah dunia.

BACA JUGA: Hari Ini Kim dan Trump Buat Pertemuan Sejarah 

1. Kaisar Jean Bedel Bokassa Pemimpin Republik Afrika Tengah

Kaisar Jean Bedel Bokassa memimpin Republik Afrika Tengah selama tahun 1966 hingga 1979.

Bokassa dikenal sebagai Presiden Republik Afrika Tengah, lalu pada tahun 1977 dia mendaulat dirinya sendiri sebagai kaisar.

Upacara pelantikan pun dilakukan dan menguras kas negara yang tidak sedikit jumlahnya. Pasalnya, dalam pelantikan tersebut dibuat juga mahkota yang bertahtakan berlian senilai 5 juta dollar AS.

Kekuasaan Bokassa berakhir setelah dirinya digulingkan lewat kudeta pada tahun 1979.

Banyak aksi kejahatan yang ditudingkan kepada Bokassa seperti mengeksekusi anak-anak yang tidak mengenakan seragam produksi dari perusahaan istrinya.

Salah satu tuduhan yang cukup fenomenal adalah Bokassa dituding melakukan praktik kanibalisme. Namun, tuduhan tersebut dicabut karena minim bukti. Meski begitu, salah seorang pengawalnya memberikan pengakuan bahwa dia pernah memasak daging manusia dan disajikan kepada sejumlah tamu Bokassa.

Setelah berakhir masa kekuasaannya, Bokassa dijatuhi hukuman penjara selama 20 tahun.

BACA JUGA: Buku Leaders Sebut Adolf Hitler sebagai Pemimpin Inspiratif 

2. Robert Mugabe Pemimpin Zimbabwe

Robert Mugabe, pria berusia 92 tahun ini dikenal sebagai  salah satu pemimpin diktator di dunia.

Dia telah berkuasa di Zimbabwe sejak 1980 silam. Mugabe merupakan sosok kuat yang mendapatkan puncak kekuasaan Zimbabwe dengan bantuan jaringan penegak keamanan, polisi rahasia, dan operasi intelijen.

Selama masa pemerintahannya, Mugabe menciptakan dinasti kekuasaan yang ditandai dengan menempatkan anggota keluarga dan anggota partainya pada beberapa posisi strategis.

Meski dikenal diktator, tetapi Mugabe dikenal sebagai sosok pemberani yang berkomitmen mengejar agenda kebebasan Afrika dalam melawan oposisi Barat.

BACA JUGA: Bunuh Diri Putra Sulung Presiden Jadi Trending Topic di Twitter

3. Fidel Castro, Presiden Kuba

Fidel Castro adalah sosok yang kontroversial. Bagi pengikutnya, Fidel Castro dikenal sebagai pahlawan sosialisme dan anti-imperialisme yang revolusioner.

Namun, bagi pihak oposisi melihat Fidel Castro sebagai sosok diktator. Pemerintah Amerika Serikat salah satunya yang menganggap Fidel Castro sebagai ancaman. Apalagi Fidel Castro pernah dekat dengan Pemerintahan Uni Soviet.

Selama 32 tahun berkuasa, Fidel Castro menerapkan sistem pemerintahan sosialis.

Fidel mereformasi berbagai sistem di Kuba. Hal itu bertujuan untuk memperkenalkan sistem ekonomi terpusat, layanan kesehatan dan pendidikan dari pemerintah,serta peran negara dalam mengontrol ketat pers.

Fidel Castro dikenal diktator karena wilayah dan sumber daya manusia di Kuba dianggap milik pemerintah sehingga kepemilikan pribadi sangat terbatas.

Di samping itu, posisi-posisi strategis dalam pemerintahan diisi oleh banyak kerabat keluarganya.

Bahkan, Kuba dipimpin oleh adiknya  sejak kondisi kesehatannya menurun pada tahun 2006 dan mangkat di tahun 2016 lalu.

Walau Fidel Castro dianggap sebagai pemimpin diktator, tetapi hingga kini sosok Castro masih menjadi idola.

BACA JUGA: Mana yang Lebih Baik: Pemimpin Pria atau Wanita?

4. Mao Zedong Pemimpin China

Salah satu pemimpin yang dikenal diktator adalah Mao Zedong. Salah satu program politiknya yang dikenal luas adalah “Lompatan Jauh ke Depan” yang dilancarkan pada tahun 1958.

Program ini dibuat untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi China. Alih-alih berhasil, program yang menyontek model ekonomi Uni Sovyet ini justru gagal dan menimbulkan malapetaka. Kegagalan ini menewaskan rakyatnya hingga 45 juta orang.

Lalu hampir satu dekade kemudian Mao Zedong kembali hadir dengan mendeklarasikan Revolusi Kebudayaan yang bertujuan untuk memberangus budaya borjuis. Gerakannya kali ini menewaskan hingga 30 jutaan orang.

BACA JUGA:

5. Diktator Idi Amin, Penguasa Uganda

Idi Amin adalah salah satu pemimpin diktator yang paling dibenci di dunia. Dia berkuasa di Uganda selama tahun 1971 hingga 1979.

Sebelum mencapai kedudukan tertinggi di Uganda, ia sempat bekerja sebagai koki Angkatan Darat Inggris pada tahun 1946. Setelah Uganda merdeka, karir militer Idi Amin melesat dan mencapai pangkat mayor jenderal.

Salah satu gerakan politiknya adalah menggulingkan Presiden Milton Obote melalui kudeta pada tahun 1971.

Setelah itu, dirinya naik menggantikan Milton Obote sebagai presiden. Selama menjabat sebagai presiden, Idi Amin terindikasi pelanggaran HAM berat.

Salah satunya adalah tewasnya 100.000 – 500.000 orang selama ia berkuasa.  Idi Amin memiliki perilaku yang tidak masuk akal seperti, memerintahkan tahanan berkelahi menggunakan palu sampai mati. Ataupun menobatkan dirinya sebagai Raja Skotlandia.

Idi Amin turun dari puncak kekuasaan Uganda pada tahun 1979 setelah terjadi perang besar antara Uganda-Tanzania. Perang ini terjadi karena niat Idi Amin untuk menganeksasi provinsi Kagera, Tanzania setahun sebelumnya.

Selain kelima pemimpin diktator tersebut, sesungguhnya masih ada nama-nama lain yang juga tercatat sebagai pemimpin diktator di dunia. Bahkan beberapa negara hingga saat ini masih ada yang dipimpin oleh sosok presiden seperti itu. (sbg/Erny)

Comments