Kaum lelaki
Selain membuat wajah kaum lelaki  lebih bersih kebiasaan mencuci muka diyakini juga dapat mengusir stress. (Sumber Foto: baldingbeards.com)

Sabigaju.com – Hingga kini kaum lelaki seringkali dianggap kurang memperdulikan tak terlalu peduli dengan perawatan kulit.

Padahal banyak cara sederhana yang dapat dilakukan kaum lelaki dalam kaitannya dengan perawatan kulit. Sebut saja mencukur kumis dan janggut serta rutin mencuci muka.

Ini penting gaes, sebab kulit lelaki sebenarnya lebih rentan terkena debu dan kotoran ketimbang para perempuan. Lelaki pun bisa dengan mudah mengalami masalah pada kulit seperti jerawat, iritasi, kulit kusam dan mengelupas hingga pengeriputan dini.

BACA JUGA: Tips Menentukan Sabun kesehatan Wajah untuk Pria

Jangan Gunakan Sabun Bisa saat Mencuci Muka

Lantaran itulah kaum lelaki harus rutin melakukan perawatan wajahnya. Namun emikian perlu diperhatikan agar jangan hanya mengandalkan sabun pencuci wajah untuk merawat kulit wajah.

Tapi gazes, jangan asal mencucinya apalagi kalau kamu menggunakan sabun pencuci wajah untuk perempuan, atau bahkan sabun mandi biasa.

Men’s Fitness menyarankan, pilihlah sabun cuci muka khusus lelaki yang mengandung asam glikolat (glycolic acid).

Asam glikolat merupakan bentuk lain dari Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang digunakan untuk membantu memperbaiki tekstur kulit serta mengurangi kelebihan minyak di wajah.

BACA JUGA: Banyak Pria kekinian yang Keranjingan Perawatan Tubuh 

Mencuci Muka Redakan Stress

Selain menjadikan wajah lebih bersih, manfaat lain yang bisa kaum lelaki dapatkan lewat mencuci muka adalah mendapat membuat mereka lebih tenang dalam menghadapi hari yang berat.

Yup, mencuci muka ternyata bisa kita gunakan ketika dilanda stres, kecemasan atau membutuhkan suntikan semangat yang segera. Memercikkan sedikit air dingin ke wajah memang memiliki sejumlah manfaat, loh.

Kondisi itu disebut “mammalian diving reflex” atau rangkaian respons fisiologis ketika masuk ke dalam air dingin.

Saat  tubuh terpapar air dingin, denyut jantung akan melambat, darah akan dialirkan ke inti kita untuk melindungi organ-organ tubuh penting dan sejumlah mekanisme penyimpanan energi untuk mengantisipasi periode di dalam air.

BACA JUGA: Yakin Baik-baik saja? Yuk Cek Tanda-Tanda Kalau Kamu Pria Sehat

Namun, ketika kita tidak melakukan penyelaman tiba-tiba, namun terkena air dingin, manfaat yang dirasakan adalah efek menenangkan tanpa risiko kehabisan udara.

Namun, membasahi tubuh dengan air dingin saja tidaklah cukup untuk membangkitkan respons tersebut. Mencelupkan kaki ke dalam ember berisi es batu atau mencuci tangan dengan air dingin di kamar mandi juga tidak membangkitkannya.

Refleks tersebut justru akan terpicu jika air dingin dikenakan ke wajah dan memasuki lubang hidung kita sambil kita menahan nafas.

BACA JUGA: Memelihara Jenggot Biar Makin Hot, Begini Cara Merawatnya!

Nah, untuk mendapatkan manfaat tersebut, lakukan tahapan ini:
1. Alirkan air dingin.
2. Ambil nafas dalam dan tahan nafas.
3. Percikkan air dingin ke arah wajah.
4. Ulangi beberapa kali. Menahan nafas beberapa detik lagi akan mempercepat prosesnya.
5. Ambil nafas, keringkan wajah

Nikmati manfaat menenangkan dari mammalian diving reflex tersebut.Selamat mencoba, dan sering-sering cuci muka yah gaes! (Sbg/Rig)

Comments