Bercinta meningkatkan imunitas Tubuh
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Salah satu cara untuk terhindar dari virus Corona adalah dengan menjaga daya tahan atau imunitas tubuh.

Selain makan makanan bergizi, tidur yang cukup dan menghindari stres, cara mudah agar sistem imunitas diri kita meningkat adalah dengan bercinta.

Sejauh mana  seks bisa meningkatkan daya tahan tubuh? Kenapa seks bisa bermanfaat untuk sistem imun?

BACA JUGA: Frekuensi Hubungan Seks dan Kebahagiaan

Manfaat Imunitas Tubuh dari hubungan Seks

Menurut sebuah studi yang dipimpin oleh Carl J. Charnetski dari Wilkes University, mengungkapkan bahwa ,pasangan suami-istri yang bercinta satu atau dua kali seminggu, sistem daya tahan tubuhnya sedikit meningkat.

Menurut Charnetski, orang yang berhubungan seks sekali atau dua kali per minggu memiliki IgA saliva lebih banyak daripada orang yang tidak aktif secara seksual, jarang aktif secara seksual (kurang dari sekali seminggu), atau yang sangat aktif secara seksual (tiga kali atau lebih per minggu).

IgA adalah molekul kekebalan yang membantu melindungi tubuh terhadap penyakit seperti flu.

BACA JUGA: Hubungan Seksual Bisa Tularkan Virus Corona?

Riset juga mengungkapkan orang dewasa yang bercinta di pagi hari tidak hanya merasa lebih bersemangat di sisa harinya, tetapi sistem kekebalan tubuhnya juga meningkat.

Hal itu karena saat melakukan hubungan seks,  akan menghasilkan endorfin. Endorfin adalah zat kekebalan  alami yang dihasilkan tubuh. Endorfin juga bisa berfungsi sebagai penghilang rasa sakit.

Daya imunitas yang baik tak hanya membuat kita tahan terhadap serangan flu dan masuk angin, tapi juga meningkatkan kualitas pertumbuhan rambut, kuku dan tekstur kulit.

BACA JUGA: Virus Corona Bikin Urusan Ciuman Jadi Pelik

Melindungi dari Infeksi

Pandangan serupa juga datang dari pakar seks Dr. Debby Herbenick dalam bukunya yang berjudul Because It Feels Good.

Dia  mengatakan melakukan aktivitas seksual dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan menjaga level immunoglobulin A (IgA) yaitu antibodi yang melindungi kita dari infeksi.

Namun demikian sebaiknya kamu  punya persiapan agar hubungan intim yang dilakukan bisa mengedepankan kualitas baik agar mendapat manfaat kesehatan yang lebih mengesankan.

Sebab, hubungan seks yang dilakukan tanpa kesiapan bisa membuat seseorang rentan cemas, stres dan depresi. Jika seseorang stres, ini akan meningkatkan risiko daya tahan tubuh melemah. (Sbg/Rig)

Comments