Mendengarkan musik
(Sumber Foto: Latin Trends)

Sabigaju.com – Jika kamu adalah tipe pria yang gemar mendengarkan musik kamu pantas berbahagia, sebab hal itu mendatangkan berbagai efek positif bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental.

Mendengarkan musik adalah aktivitas yang menyenangkan sekaligus alat terapi yang dapat memicu hormon “baik” pada tubuh manusia dan memberikan rasa rileks, nyaman, tenang dan bahagia.

Nah kali ini sabigaju mau kasih sederet manfaat mendengarkan musik yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Pria yang Memiliki Hobi Musik Lebih Disukai oleh Wanita 

Mengendalikan Nafsu Makan

Fakta menarik, ternyata makan sambil mendengarkan musik dapat dapat mengendalikan nafsu makanmu. Mendengarkan musik bisa membantumu memperlambat gerakan menyantap makanan.

Hal ini tentunya  bisa kamu jadikan sebagai cara alami untuk menurunkan berat badan.

Bahkan dalam penelitian yang dilakukan di Cornell University, New York, Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa penerangan ruang yang temaram dan alunan musik jazz, efektif untuk menjaga asupan kalori pada orang-orang yang hobi makanan cepat saji.

Alunan musik jazz yang menangkan membuat otak manusia berada pada tahap rileks. Alhasil, kondisi ini bisa mencegah keinginan untuk makan lebih banyak.

BACA JUGA:  Depresi, Yuk Dengerin Musik Metal Buat Mengatasinya 

Mengendalikan Emosi saat mengemudi Kendaraan

Mendengarkan musik sambil mengemudi merupakan hal lazim dan sering dilakukan kebanyakan orang.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Musik ternyata dapat membuat pengemudi tidak mengantuk dan suasana hati lebih menyenangkan.

BACA JUGA: Memahami Waktu yang Tepat untuk Kesehatan Otak Pria 

Menyehatkan Otak

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan Medical News Today, peneliti dari McGill University di Kanada mengungkapkan bahwa musik bisa mengaktifkan pusat penghargaan (reward center) otak.

Hal ini berguna untuk otak, karena memberikan motivasi yang cukup bagi otak untuk mempelajari informasi baru.

So, tetaplah mendengarkan musik hingga kamu berusia senja. Karena mendengarkan musik pada usia senja dapat membantu dalam mempertahankan kesehatan otak serta mencegah penuaan otak atau kepikunan.

BACA JUGA: Lima Genre Musik yang Biasa Didengar Para pekerja untuk Mengusir Stres 

Membuat  Fokus dalam Menyelesaikan Pekerjaan

Musik juga memengaruhi kinerja fokus otak. Musik yang Anda sukai dapat membantu meningkatkan fokus.

Menurut penelitian yang dilakukan Teresa Lesiuk, asisten profesor program terapi musik di University of Miami, menemukan bahwa individu yang mendengarkan musik yang mereka sukai dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

BACA JUGA: Tolak RUU Permusikan

Menggantikan Obat Penenang

Seringkali pasien merasa cemas, takut dan stres ketika akan sedang menunggu untuk dioperasi. Maka untuk menenangkan pasien sering melibatkan obat penenang namun hal itu kerap menimbulkan sejumlah efek samping.

Tetapi penelitian baru mungkin telah menemukan alternatif. Para ahli percaya bahwa musik yang menenangkan memiliki suara yang sangat definitif.

Seperti yang dinyatakan oleh penelitian Southern Medical Journal, nada yang tidak melibatkan lirik, tidak ada perubahan tempo atau ritme yang signifikan, dan diperkirakan 60 ketukan per menit adalah yang paling efektif dalam mengurangi kecemasan.

Nah semoga artikel ini bermanfaat buat kamu dan jangan lupa untuk  mendengarkan musik berkualitas  yah! (Sbg/Rig)

Comments