Topik Percakapan
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Umumnya saat kita berbincang-bincang dengan teman, sahabat, rekan kerja, atau bahkan pasangan, seringkali hal-hal yang dibicarakan adalah topik percakapan yang enteng-enteng.

Tidak masalah memang. Namun mengapa tidak sesekali kita mengobrolkan topik percakapan intelek yang bisa  membuat otak tergelitik  ataupun terasah?

lewat  topik percakapan intelek yang bermanfaat tersebut tentunya membuat otak kita “berolahraga”, dan  bisa saling bertukar ide dan informasi dengan lawan bicara kita.

Nah sabigaju mau kasih rekomendasi  buat kamu sederet topik percakapan intelek yang dapat kita bicarakan tersebut.

BACA JUGA: Begini Tanda-tanda Seorang Pria yang Terlalu Banyak Berpikir 

Berita yang Sedang Panas

Saat kita mendengar kata intelek, maka topik berita yang sedang hangat adalah hal yang pertama kali langsung terlontar di kepala kita.

Ini bisa kamu lakukan tidak hanya untuk sekedar bertukar informasi, namun juga bisa saling mengetahui siapa diantara berdua yang lebih update nan peka dengan situasi yang sedang terjadi di sekitar.

Politik

Topik percakapan intelek ini spesifik yang langsung terlintas di kepala ketika mendengar obrolan berat.

Agar kamu bisa ikutan membicarakan hal-hal berbau politik, bukan hanya kita harus mawas dengan keadaan yang sedang terjadi, namun juga harus memiliki pengetahuan politik dasar yang mencukupi.

Namun ingat ya guys! Walau mungkin kamu dan lawan bicara memiliki pandangan politik yang sangat berbeda, jangan sampai pembicaraannya menimbulkan selisih besar diantara berdua ya.

BACA JUGA: Millenial Enggak Bakal Baper soal Beda Pilihan Politik

Sejarah Dunia

Topik percakapan intelek ini terkadang membuat seseorang langsung mumet, tua, pusing, dan bosan. Tapi faktanya, membicarakan momen-momen bersejarah yang pernah terjadi di dunia ini, dapat me-“refresh” memori antara berdua.

Mau itu membicarakan sejarah film, game, musik, atau sejarah dunia yang sesungguhnya, faktanya mengingat-ingat kembali yang lama-lama merupakan pembicaraan asyik nan cerdas yang bisa dibicarakan hingga matahari terbenam lagi.

Topik Percakapan Seputar Teori Konspirasi

Topik percakapan ini bagi sebagian orang dinilai aneh. Bagaimana tidak, membicarakan teori bahwa sebagian besar politikus di dunia ini adalah reinkarnasi dari kadal atau memperdebatkan penyebab kematian mantan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy yang sesungguhnya.

Dengan kata lain,memang tidak akan ada habisnya untuk dibicarakan. Namun kalau ditilik lagi, sebenarnya membicarakan hal-hal konyol seperti ini justru membuat otak berdua jauh lebih kritis dalam memakar kadar kelogikaan yang dimiliki oleh teorinya.

Lagipula, pembicaraan seperti ini juga sangat fun untuk dilakukan.

BACA JUGA: Memahami Tipe Kepribadian Extrovert, Introvert, dan Ambivert 

Tipe Kepribadian

Topik percakapan lain yang bisa jadi pilihan adalah membicarakan tipe kepribadian. Sekilas hal ini terlihat tidak lebih dari pembicaraan santai kebanyakan.

Tapi kalau ditelaah lebih jauh, sebenarnya tipe pembicaraan ini sangat menarik dan bahkan bisa membuat waktu tidak terasa.

Karena selain membicarakan, kita juga sekaligus menganalisa dan membandingkan. Apalagi kalau kita membicarakannya dari sisi kacamata Myers-Briggs yang memperkenalkan sekaligus mempopulerkan tipe kepribadian dengan akhiran -vert (baca: Introvert, Ambivert, dan Ekstrovert).

Soal Film atau Musik

Mungkin awalnya (terlebih bagi kita-kita yang tendensi berpikir logis), akan berpikir, “untuk apa repot-repot menganalisa makna tersembunyi dari media yang bersifat hiburan fiktif?”

Tapi kenyataannya, membahas dalam makna tersembunyi di balik sebuah film atau lagu, selain menarik dan fun, akan membuat kita berdua jauh lebih cerdas dalam menelaah dan memandang kembali film-film yang telah kita tonton tersebut.

BACA JUGA: Begini Bedanya Naksir dengan Gangguan Jiwa Erotomania

Keyakinan

Mungkin topik ini sangat sensitif terlepas kita dan lawan bicara memiliki keyakinan yang sama.

membahas kembali ilmu agama  dikaitkan kembali dengan fenomena tingkah manusia yang terjadi saat ini, sangatlah menarik.

Hal ini bisa meningkatkan  kualitas iman,  menumbuhkan daya kritis i serta membuat daya pikir jauh lebih berkembang.

Nah topik percakapan intelek mana yang menjadi pilihan favoritmu? (Sbg/Rig)

Comments