Makanan
Tidak semua makanan yang kita santap saat berbuka puasa bisa memberi manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. (Sumber Foto: capetown.travel)

Sabigaju.com – Tak dipungkiri bahwa masih banyak dari kita yang suka langsung comot makanan atau minum sana-sini saja ketika bedug tanda buka puasa berbunyi.

Yup kita memang benar-benar sudah tidak bisa menahan lapar dan dahaga setelah hampir 12 jam lebih lamanya tidak memasukkan  makanan sebagai asupan untuk energi apapun ke dalam tubuh kita.

Namun sebaiknya guys, kurangi deh sifat “barbarik” seperti demikian. Karena faktanya tidak semua makanan atau minuman yang kita konsumsi saat buka puasa baik untuk kesehatan tubuh kita.

Oleh karenanya, yuk mulai sekarang kita biasakan untuk mengkonsumsi sederet  pilihan makanan berikut ini saat berbuka puasa.

BACA JUGA: Tak Hanya Puasa, Berbuka Juga Wajib Menahan Diri. Kenapa?

Kurma

Kita dari kecil sering mendengar nasehat baik dari Ustadz atau orang tua untuk berbuka dengan memakan 1 atau 2 buah kurma. Dan fakta kisah keagamaan, Nabi Muhammad SAW juga kerap berbuka dengan memakan buah ini.

Tentunya kita terkadang bertanya, mengapa demikian? Ternyata setelah diteliti kembali oleh berbagai ilmuwan, dokter, dan ahli kesehatan, di dalam 1 buah kurma, terkandung Glukos, Sukrosa, dan Fruktosa yang otomatis memberikan buahnya elemen manis yang sangat tinggi.

Dan seperti kita tahu, manis-manis seperti gula sangat dibutuhkan untuk “menghidupkan” kembali energi kita setelah hampir 1 harian lamanya berpuasa.

BACA JUGA: Survei Ini Buktikan Kebiasaan Orang Indonesia Saat Berpuasa 

Buah-Buahan

Selain mengandung vitamin yang berguna bagi pertumbuhan tubuh, menyantap makanan buah yang memiliki kandungan air  tinggi, mampu mengatasi dehidrasi kita.

Selain itu dengan karakteristiknya, buah juga merupakan makanan yang gampang banget untuk dicerna. Oh ya jangan lupa juga buah memiliki kadar serat yang sangat berguna bagi sistem pencernaan.

Sangat dianjurkan untuk menyantap buah pisang dan pepaya. Pasalnya dua buah ini mengandung seluruh atribut yang telah disebutkan sehingga energi yang hilang selama seharian berpuasa pun, bisa kembali lagi dengan cepat.

BACA JUGA: 

Yummy! Nih, Makanan yang Mampu Menjadi Penguat Daya Ingat untuk Pria

Sayur-Sayuran

Sama seperti buah, sayuran juga tepat untuk dikonsumsi sata berbuka puasa. Karena selain memiliki serat, vitamin, dan mineral, menyantap makanan berupa sayur mayur juga sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh. Alhasil membuat pencernaan tidak “kaget” ketika berbuka puasa.

Ikan

Sebagian besar orang tua di luar sana, justru menganjurkan untuk berbuka puasa dengan menyantap makanan dengan lauk  ikan. Mengapa harus ikan?

Karena dibanding ayam atau daging unggas lainnya, ikan adalah daging binatang yang memiliki paket sehat yang lengkap.

Dalam 1 ekor ikan goreng (atau bakar), terkandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral dalam makanan tersebut tentunya sangat dibutuhkan bagi tubuh kita terlebih, saat berbuka puasa.

BACA JUGA: Aturan Berbuka Puasa yang Optimal Menurut Pakar Gizi 

Telur

Mungkin masih banyak dari kita yang merasa ganjil untuk berbuka puasa dengan makan telur (apalagi terlur rebus). Tapi nyatanya tidak aneh kok. Sebaliknya sangat dianjurkan loh!

Pasalnya, makanan telur mengandung protein yang sangat tinggi dan tentunya kadar asam amino yang lumayan tinggi yang otomatis, “menyulut” energi dalam tubuh jauh lebih cepat. (Sbg/Rig)

Comments