Mengandung Zat Besi.
Salah satu asupan yang perlu dikonsumsi olehmu saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah makanan yang mengandung zat besi.

Sabigaju.com – Salah satu asupan yang perlu dikonsumsi olehmu saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah makanan yang mengandung zat besi.

Yup, zat besi merupakan mineral esensial yang berperan dalam pembentukan hemoglobin sel darah merah yang dibutuhkan tubuh untuk menyimpan dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

ini artinya jika tubuh kita kurang mengonsumsi makanan yang mengandung  zat besi, maka pembentukan hemoglobin akan berkurang dan bisa membuat kamu mengantuk karena kurang oksigen.

Selain itu Zat besi juga membantu mengatur pertumbuhan sel dan berkontribusi pada otot dan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Makanan Non Daging yang Mengandung Zat Besi

Umumnya, makanan yang berasal dari hewan seperti daging sapi, ayam, ikan, dan telur mengandung zat besi yang lebih mudah diserap.

Namun, buat kamu yang tidak mengonsumsi daging, masih bisa kok untuk mendapatkan zat besi yang cukup melalui tanaman dan makanan yang diperkaya zat besi g.

Tapi harus diperhatikan yah kalau jumlah harian asupan zat besi yang disarankan untuk orang dewasa adalah 18 miligram dan wanita cenderung membutuhkan lebih banyak zat besi daripada pria.

Nah Sabigaju mau kasih info sederet makanan non daging yang mengandung zat besi yang patut kamu konsumsi.

BACA JUGA: Nih, Segudang Manfaat Mengonsumsi Kurma untuk Para Pria Kekinian

Kurma

Buah Kurma mengandung zat besi yang dapat mengatasi Anemia yang diakibatkan oleh kekurangan zat besi ini.

Konsumsi buah kurma secara teratur selain dapat membantu meningkatkan zat besi dalam darah dan juga meningkatkan vitalitas.

Pendiri blog My Halal Kitchen, Yvonne Maffei, pernah mendapati banyak toko-toko kecil di Arizona dan California, Amerika Serikat, yang menjual kurma dalam bentuk minuman.Kurma dicampur dengan susu yang akan menghasilkan milkshake yang kental dan lezat.

“Ini cara yang begitu menarik memasukkan kurma ke dalam makanan,” kata Yvonne.

BACA JUGA: Yummy! Nih, Makanan Penguat Daya Ingat untuk Pria

Tahu

Bagi vegetarian, tahu adalah hal yang disukai dan bukan hanya karena protein yang ditawarkannya. “Tahu adalah sumber makanann yang mengandung  zat besi yang sangat baik,” kata Kara Lydon, RD, LDN, RYT, blogger di The Foodie Dietitian.

Menurutnya sekitar 100 gram tahu mengandung 6,4 miligram zat besi, 36 persen dari nilai harian Anda.

Nah, kamu bisa mengonsumsi Tahu sebagai menu sahur  atau saat berbuka puasa.

BACA JUGA: Tak Hanya Puasa, Berbuka Juga Wajib Menahan Diri. Kenapa?

Oatmeal

Biji-bijian yang diperkaya, seperti oatmeal, memberikan dosis besi besar. Sebungkus oatmeal instan, misalnya, mengandung 40 persen dari kebutuhan harian Anda.

Menurut Kristina DeMuth, MPH, RD dalam blognya, “Oatmeal apel kayu manis ini adalah sumber zat besi, menyediakan sekitar 3,8 miligram per porsi, yang sebagian besar berasal dari oat instan, biji chia, dan susu nabati.”

BACA JUGA: Brokoli, Superfood Dahsyat yang Kaya Vitamin Plus Antioksida

Brokoli

“Menambahkan sayuran hijau ini ke dalam makanan Anda menyediakan sejumlah besar vitamin dan mineral tanpa banyak kalori,” kata Natalie Rizzo, MS, RD, pemilik  blog Nutrisi a la Natalie.

“Semangkuk brokoli yang dimasak menawarkan 1 miligram zat bes. Dan itu mengandung dua kali lipat asupan vitamin C harian dan 20 persen kebutuhan serat, tegasnya. (Sbg/Rig)

Comments