Kombinasi Kuliner
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Banyak orang berpikir  melakukan kombinasi kuliner tertentu dapat memberikan ataupun manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak jarang, makanan terbaik berasal dari kombinasi rasa dari beberapa bahan makanan lainnya.

Namun, pada kenyataannya tidak semua kombinasi kuliner  yang lezat membuat badan menjadi sehat. Justru, beberapa kombinasi bahkan menimbulkan efek samping berbahaya.

Nah, kali ini Sabigaju mau kasih kamu informasi beberapa kombinasi kuliner yang sebisa mungkin jangan kamu santap ya gaes!

BACA JUGA: Kebiasaan Memasak Lebih Baik daripada Pesan Makanan Via Online 

Kombinasi Kuliner Telur Orak-Arik dengan Keju dan Bacon

Kombinasi kuliner ini merupakan kombinasi sarapan yang super keren dan nikmat banget. Lebih jauhnya, kombinasi ini kerap dikonsumsi oleh kebanyakan warga di barat sana (khususnya AS).

Memang nikmat. Tapi kenyataannya, kalau kamu kita memiliki sistem pencernaan yang lemah, sebaiknya urungkan untuk sarapan dengan kombinasi ini.

(Sumber Foto: Yelp)

Daging bakon dan keju, memiliki kandungan protein dan lemak yang sangat tinggi yang alhasil membuat usus kita sangat sulit untuk mencernanya.

Solusinya? Well, silahkan makan makanan pagi yang “normal-normal” saja seperti: Roti, oatmeal, atau sereal.

BACA JUGA: Ortoreksia Nervosa, Sisi Gelap Kebiasaan Pola Makan Sehat

Roti Putih dan Selai

Mungkin kombinasi kuliner ini kerap disantap oleh sebagian besar kita-kita. Padahal dari kacamata kesehatan, kombinasi ini cukup berbahaya loh untuk dikonsumsi!

Hal lantaran roti putih memiliki tingkat karbohidrat yang sangat tinggi. Makanan denan kandungan karbohidrat memiliki tingkat gula yang sangat tinggi pula.

Kombinasi Kuliner
(Foto: Unsplash)

Bayangkan kalau roti ini ditambah lagi atasnya dengan selai yang notabene memiliki kandungan gula yang tinggi?

Tentunya hal ini akan memberikan peningkatan yang sangat tajam pada insulin di dalam tubuh yang pada akhirnya, membuat kita lebih rentan untuk terkena penyakit Diabetes tingkat 2.

BACA JUGA: Bahaya Mematikan Apabila Terlalu Sering Minum Teh 

Kombinasi Teh dan Susu

Meski para ilmuwan dan pakar kesehatan sudah sering memperingatkan agar jangan mengonsumsi kombinasi kuliner ini.

Sayangnya, banyak orang malah tidak menggubris. Hal itu terlihat dari maraknya penjualan dua bahan minuman yang dikombinasikan dan dijual di berbagai warung kopi di sekitar kita.

Susu dan teh (terutama teh hitam) tidak boleh digabung, dikarenakan kedua kandungan bahannya memang memiliki efek yang saling merugikan satu sama lain.

(Sumber Foto: Prevention.com)

Protein di dalam susu dapat menghalau kandungan antioksidan yang ada di dalam teh. Padahal seperti kita ketahui, zat antioksidan sangat berguna untuk mencegah kita dari berbagai penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.

Selain itu, zat kafein di dalam teh dapat mengurangi daya penyerapan kalsium susu ke dalam tubuh.

Melihat hal ini, maka sebaiknya bagi kalian yang masih suka minum teh susu, ganti saja susu dengan perasan lemon alias Lemon Tea.

Karena selain lebih nikmat, aman. Air perasan lemon bisa memberikan peningkatan terhadap kadar antioksidan yang ada di dalam teh.

BACA JUGA: Manfaat Besar yang Diperoleh Bila Kamu Hobi Minum Bir 

Burger & Bir

Kombinasi kuliner ini tersedia di banyak restoran di luar negeri sana. Padahal ada alasan sehat yang logis untuk tidak mengonsumsi kombinasi kuliner ini.

Saat kita makan burger dengan minum bir, hati (liver) yang ada di dalam tubuh akan lebih dulu memecah kadar alkohol di dalam bir alias, bukan lemak burger terlebih dahulu.

(Sumber Foto: Lifehacker Australia)

Lemak-lemak yang belum pecah alias masih ikut “melayang” bersama buih-buih alkohol bir-nya, akan terus bergerak di sekitar aliran darah dan bahkan, menyatu dengan beberapa sel ataupun jaringan vital yang ada di dalam sistem pencernaan.

Maka tidak heran apabila kemudian nantinya, kita akan merasa mual dan gembung sendiri setelah memakan kombinasi kuliner ini.

BACA JUGA: Sederet Dampak Pada Tubuh Usai Menenggak Minuman Beralkohol 

Kafein dan Alkohol

Di luar sana, sering sekali orang-orang melakukan kombinasi kuliner agar bisa melawan kantuk berat setelah mengonsumsi minuman beralkohol ataupun bir.

(Sumber Foto: The Canyon Malibu)

Padahal, cara ini sangat salah dan fatal sekali kalau dilakukan. Karena zat kafein di kopi tidak lantas mengurangi kadar alkohol dalam darah. Intinya, tidak ada pengaruhnya sama sekali.

Ok artikel kombinasi kuliner ini bermanfaat buat kamu untuk terus mempertahankan kesehatan tubuh! (Sbg/Mrv)

Comments