Sabigaju.com – Apa saja peristiwa di Minggu terakhir April 2020 yang menjadi perhatian dan perbincangan publik dan netizen di berbagai lini media sosial?

Berikut selengkapnya sejumlah peristiwa yang menjadi atensi publik dan netizen di Minggu terakhir April 2020.

1. Viral Gaji 80 Juta, Hidup Berantakan

Di minggu terakhir April 2020 publik dan netizen heboh membahas cuitan salah satu netizen dengan akun Twitter @_pasiholan menyebut temannya berprofesi sebagai karyawan swasta dengan gaji Rp80 juta-an per bulan kini harus menerima kenyataan pahit karena dirumahkan oleh perusahaan.

Akibatnya, rumah tangga karyawan tersebut berantakan lantaran kehidupan keluarganya selama ini tergolong tinggi.

Karena, temannya tersebut memiliki cicilan kredit mobil mewah dan kredit rumah di Kota Wisata yang mencapai Rp3 miliar.

Saat ini, tabungannya sudah tipis dan merasa kebingungan dengan kondisi yang dialaminya saat ini.

BACA JUGA: Gaes, Jangan Buang Uang Saat Pandemi Corona!

2. Polemik Mudik vs pulang Kampung

Di minggu terakhir April 2020 berbagai kalangan Publik dan Netizen ramai membahas soal istilah mudik dan pulang kampung yang dilontarkan Presiden Jokowi dalam wawancara di sebuah talkshow.

Menurut Jokowi, pulang kampung berbeda dengan mudik. Jokowi mengatakan mudik dilakukan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Namun ‘pulang kampung’ tidak terbatas pada momen Lebaran.

Namun muncul banyak pandangan berbeda, bahkan tak sedikit netizen yang menyertakan KBBi guna menyorot pernyataan Jokowi yang dianggap keliru.

Saking hebohnya urusan pandangan mudik dan pulang kampung, banyak pihak yang angkat bicara agar polemik antara Mudik dan Pulang kampung segera diakhiri.

Yang lebih penting adalah bagaimana membuat mudik dan pulang kampuang itu aman bagi pelaku dan aman bagi orang dengan destinasi tertentunya dari penyebaran Covid-19.

3. Heboh Penularan Corona Lewat Kentut

Publik dan Netizen di minggu Terakhir April 2020 heboh memperbincangkan pembahasan menarik oleh dua dokter di Australia terkait potensi penyebaran virus corona lewat kentut.

Dua dokter tersebut adalah Dr Andy Tagg dan Dr Norman Swan, mereka benar-benar mempertimbangkan kemungkinan virus corona bisa menyebar lewat pembuangan gas dari kentut.

Infeksi Virus corona
(Foto:Freepik.com)

Swan beranggapan Pertimbangan ini berdasarkan fakta bahwa dalam kentut biasanya terdapat partikel-partikel tinja yang memungkinkan terdapat covid-19. Swann mengingatkan agar jangan kentut sembarangan apalagi tanpa pakai busana.

Pernyataan itu kemudian memancing tanya dari Dr Andy Tagg yang bertanya lewat twitnya. “Jadi apakah emisi yang dibuang dari pantat kita bisa mematikan secara diam-diam?”

Tagg menyarankan untuk santai saja terhadap buang angin. Dia malah mengusulkan untuk menjaga celana Anda dan menganggapnya bagian dari peralatan perlindungan pribadi seraya berjaga-jaga.

BACA JUGA: Cuitan Fatal, Admin Twitter Presiden Jokowi Dipecat!

4. Stafsus Milenial Resign

Publik dan netizen ramai membahas mundurnya dua orang anggota Staf Khusus Presiden untuk kalangan milenial yakni Adamas Belva Syah Devara dan Andi Taufan di minggu Terakhir April 2020.

Keduanya mengundurkan diri setelah ada kontroversi terkait perusahaan yang mereka dirikan. Belva merupakan CEO Ruang Guru, sedangkan Taufan merupakan CEO PT Amartha Mikro Fintek.

 Stafsus Milenial Adamas Belva Syah Devara Mundur Pada minggu terakhir April 2020
(Foto: Instagram.com/belvadevara)

Belva Devara dan Ruangguru menjadi perbincangan dan pertanyaan publik.setelah Skill Academy by Ruangguru menjadi mitra dalam program kartu prakerja.

Publik beranggapan dengan masuknya Ruangguru menjadi mitra program prakerja terdapat sebuah konflik kepentingan di dalamnya. Di mana materi yang dihadirkan dalam program kartu pra-kerja tertera dengan tarif cukup mahal.

Belva kemudian menyatakan mengundurkan diri dari stafsus Jokowi, Selasa (21/4/2020).

Sementara kontroversi yang dibuat oleh Andi Taufan adalah soal dirinya yang ketahuan mengirim surat berkop Sekretariat Kabinet (Setkab) yang dikirim ke camat seluruh Indonesia.

 Stafsus Milenial Andi Taufan Mundur Pada minggu terakhir April 2020
(Foto: Instagram.com/amarthaid)

Dalam surat yang ditulis, Andi Taufan meminta agar para camat bisa membantu perusahaan miliknya, PT Amartha dalam memberikan pengetahuan pada masyarakat desa Serta untuk mendata kebutuhan alat pelindung diri (APD) di Puskesmas terkait pandemi Covid-19.

Publik menilai Andi Taufan menggunakan konflik kepentingan di dalam surat yang dikirim.Karena dianggap menggunakan jabatan sebagai stafsus untuk melancarkan perusahaannya dalam program Relawan Desa Lawan Covid-19.

Setelah ramai menjadi perbincangan, Andi Taufan menyampaikan permintaan maaf pada publik dan mengundurkan diri dari stafsus milenial Jokowi pada Jumat (24/4/2020) kemarin.

BACA JUGA: Ajakan Perangi Corona Lewat Musik

5. Enam Video Musik ditonton 1 Miliar Kali

Di Minggu terakhir April 2020 Ada enam video musik band yang ditonton setidaknya satu miliar kali pada abad ke-20 di saluran Youtube.

Keenam video musik tersebut adalah Guns N’ Roses dengan lagu “November Rain” dan “Sweet Child O ‘Mine”, Queen lewat tembang “Bohemian Rhapsody”, serta Nirvana melalui lagu “Smells Like Teen Spirit” dan “A-ha’s Take On Me”. Yang terbaru, ada Cranberries dengan lagu “Zombie”. (Sbg/Rig)

Comments