Sabigaju.com – Apa saja peristiwa di Minggu kedua April 2020 yang menjadi perhatian dan perbincangan publik dan netizen di berbagai lini media sosial?

Berikut selengkapnya sejumlah peristiwa yang menjadi atensi publik dan netizen di Minggu kedua April 2020.

1. Suara Dentuman Misterius di Jabodetabek

Di Minggu Kedua April 2020 Publik dan Netizen di Jabodetabek heboh membicarakan suara dentuman misterius yang terdengar sejak Jumat (10/4) malam hingga Sabtu (11/4) dini hari membuat berbagai spekulasi muncul.

Beberapa kesaksian ada yang menyebut sampai kaca bergetar. Beberapa kesaksian lain menyebut ada kilatan cahaya sebelum dentuman muncul.

 

Berbagai analisis penyebab dentuman muncul, mulai karena petir, gempa, sampai karena letusan Gunung Anak Krakatau, yang memang erupsi pada Jumat malam.

Namun pihak pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) membantah dentuman di Jabodetabek tersebut berasal dari Gunung Anak Krakatau.

BMKG sejauh ini masih melakukan analisis soal dentuman yang menghebohkan warga Jabodetabek ini.

BACA JUGA: PSBB Resmi Berlaku di Jakarta, Tidur Siang Yuk

2. Larangan Ojol Bawa Penumpang

Hal lain yang juga ramai  di perbincangkan publik dan netizen di Minggu kedua April  2020 adalah seputar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai diterapkan di Jakarta pada Jumat (10/4) lalu.

Cicilan Motor ditngguhkan minggu terakhir maret 2020
(Foto: Instagram.com/gojekindonesia)

PSBB dipastikan berimbas pada pengendara taksi dan ojek online. Selama 14 hari sejak diberlakukan, ada beberapa ketentuan yang harus ditaati para pengemudi yakni dilarang membawa penumpang, kecuali layanan angkut barang di ibu kota

Banyak pengemudi ojol  menganggap jika hanya mengandalkan pengantaran barang, belum bisa memenuhi kebutuhan. Sebab orderan barang sendiri jarang dan sulit, belum lagi persaingan dengan pelaku usaha yang juga memiliki jasa pengantaran.

BACA JUGA: Malaikat Juga Tahu, Glenn Fredly yang Jadi Juaranya

3. Glenn Fredly Meninggal Dunia

Publik dan Netizen ramai membicarakan kepergian Penyanyi Glenn Fredly yang wafat pada Minggu Kedua April 202  tepatnya Rabu (8/4/2020) di Rumah Sakit Setia Mitra Fatmawati, pukul 18.00 WIB.

Adapun penyakit meningitis disebut menjadi penyebab meninggalnya Glenn Fredly.

Minggu Kedua April 2020
(Foto: Instagram)

Glenn Fredly meninggalkan istrinya, Mutia Ayu dan seorang putri yang diberi nama Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo.

Ucapan duka dan doa dari berbagai kalangan pun mengalir deras di berbagai lini media sosial terkait wafatnya penyanyi berdarah Ambon tersebut .

Jenazah Glenn Fredly disemayamkan di  GPIB Lebak Bulus, Jakarta Selatan, untuk kemudian dimakamkan  tempat peristirahatan terakhirnya di TPU Tanah Kusir.

4. Orang Indonesia Masuk dalam Deretan Orang Terkaya di Dunia

Dii minggu Kedua April 2020 publik dan Netizen ramai membahas enam Warga Negara Indonesia (WNI) masuk dalam daftar 700 orang terkaya di dunia versi Forbes 2020.

Budi Hartono dan Michael Hartono ( Hartono bersaudara) masih jadi orang terkaya di Indonesia. Budi Hartono yang berada di posisi orang terkaya dunia urutan ke-80 memiliki kekayaan sebesar 13 miliar dollar AS atau sekitar Rp 217,6 triliun (kurs Rp 16.000).

Untuk  posisi orang terkaya ketiga di Indonesia ditempati pemilik Indorama Sri Paskash Lohia. Berikutnya di posisi keempat ada bos Mayapada Group Dato Sri Tahir yang juga menantu Mochtar Riady (pendiri Grup Lippo), lalu selanjutnya ada nama Prajogo Pangestu yang mengendalikan Barito Pacific.

WNI lainnya yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes antara lain Chairul Tanjung, Martua Sitorus, keluarga Mochtar Riady, Peter Sondakh, dan Murdaya Poo. Lalu berikutnya Theodore Rachmat, Djoko Susanto, Sukanto Tanoto, Low Tuck Kwong, dan Winarko Sulistyo.

BACA JUGA: Pendidikan dan Kesehatan Jadi Fokus Para Orang Kaya Kekinian

5. Sholat Idul Fitri Ditiadakan

Hal lain yang juga menjadi perbincangan publik dan netizen Minggu kedua April 2020.adalah soal  keputusan Menteri Agama Fachrul Razi yang menerbitkan Surat Edaran No 6 tahun 2020: terkait panduan ibadah di bulan Ramadhan dan Syawal, di tengah pandemi COVID-19.

Salah satunya adalah meniadakan Shalat Idul Fitri pada 1 Syawal. Panduan soal Salat Id ini sama dengan edaran Muhammadiyah meniadakan, sementara PBNU menyerukan Salat Id di rumah.

Menag juga mengimbau agar silaturahmi lebaran digelar dengan cara online untuk melindungi  masyarakat  dari risiko penularan Covid-19. (Sbg/Rig)

Comments