Kebiasaan Buruk
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Banyak orang menyadari bahwa merokok mungkin saja menjadi salah satu dari sederet kebiasaan buruk yang harus dihindari. Namun, rupanya bukan hanya merokok saja yang harus kamu hindari.

Ada juga sederet kebiasaan buruk yang mungkin menurutmu dapat dibilang sepele tapi ternyata menurut ilmiah kebiasaan-kebiasaan itu memiliki bahayanya yang sama dengan merokok.

Penasaran? Berikut adalah sederet kebiasaan buruk yang meski sepele, namun ternyata apabila  sering dilakukan dapat membahayakan kesehatanmu.

BACA JUGA: Kebiasaan Kurang Tidur Bisa Membunuh Karirmu

Kurang Tidur

Mungkin banyak orang kerap melakukan hal tidak sehat  salah satu dari sederet kebiasaan buruk karena ada banyak kerjaan yang harus dikerjakan.

Padahal, memiliki waktu tidur yang berkualitas jelas sangat dibutuhkan untuk produktivitasmu.

Kebiasaan Buruk
(Foto: Unsplash)

Ketahuilah bahwa waktu tidur yang kurang akan dapat memicu potensi untuk peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stoke dan serangan jantung.

Hal ini membuktikan bahwa risiko kurang tidur sama dengan risiko merokok.

BACA JUGA: Terlalu Banyak Duduk, Awas Serangan Cervical Root Syndrom

Duduk dengan Waktu yang Lama

Ternyata duduk dengan waktu yang cukup lama adalah salah satu dari sederet kebiasaan buruk yang tidak baik pula untuk kesehatan.

Nah, tanpa disadari seseorang yang terlalu banyak  duduk tanpa perengangan setiap 2 jam sekali, bisa mengalami serangan cervical roots syndrome hingga mengalami kanker.

Kebiasaan Buruk
(Foto: Freepik.com)

Beberapa contoh kegiatan yang membutuhkan waktu duduk yang lama adalah menonton televisi, bersantai, bekerja di depan computer atau laptop, dan berkendara.

Risiko kanker akan meningkat setiap dua jam. Tidak melihat apakah orang tersebut suka berolahraga atau tidak.

Berjemur

Kebiasaan Buruk
(Sumber Foto: Via fashionbeans.com)

Banyak orang yang suka ke pantai hanya untuk berjemur supaya kulitnya menjadi gelap.

Ternyata kebiasaan buruk  ini pun dapat meningkatkan risiko yang lebih besar daripada merokok. Pastikan kamu senantiasa menggunakan sunblock sebelum kamu berjemur di tepi pantai.

BACA JUGA: Mindful Eating untuk Atasi Aktivitas Makan Berlebih

Pola Makan yang Buruk

Zaman sekarang semuanya serba instan termasuk makanan. Makanan yang instan paling disukai bagi orang yang tidak punya waktu untuk memasak.

Kebiasaan Buruk
(Foto: foodandwinemagazine.com)

Dibalik itu semua, makanan instan memiliki kandungan gula yang banyak dan tinggi lemak jenuh.

Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan resiko penyakit kritis lebih tinggi daripada merokok. Untuk itu, pastikan kamu telah memiliki pola makan yang baik agar tubuhmu tetap sehat dan bugar.

Hentikan yah gaes sederet kebiasaan buruk di atas tadi! (Sbg/Vania)

Comments