Sabigaju.com – Pandemi Corona tanpa disadari membuat gaya hidup dan kebiasaan baik muncul  baik secara langsung maupun diam-diam.

Selain jadi lebih waspada dengan kebersihan dan kesehatan, masa karantina karena virus Corona menciptakan berbagai kebiasaan bai yang sebelumnya  hampir tak pernah  dilakukan.

Berikut sederet kebiasaan baik sehari-hari yang muncul sejak pandemi Corona merebak.

BACA JUGA: Gaya Hidup Minimalis Bikin Hidup Tenang di Masa Pandemi 

Hobi Nostalgia

Berkebun baik untuk kesehatan mental
(Foto: Freepik.com)

Sejak pandemi Corona, banyak orang beralih ke hobi nostalgia. Yup  di masa karantina tak sedikit orang beralih ke hobi masa kecil atau kemampuan mereka yang sudah lama ditinggalkan untuk mengisi waktu luang. Misalnya saja para cowok ekarang lagi banyak yang suka , memasak, hingga berkebun.

Lebih Sering Masak

Aktivitas memasak baik untuk kesehatan mental
(Foto; Unsplash.com)

Pembatasan  keluar rumah juga membuat orang lebih sering memasakdan mengolahnya sendiri agar lebih aman. Karena itu, penjualan alat masak pun mengalami peningkatan.

Ini adalah sebuah perubahan dari yang biasanya membeli makan siang di kantin kantor, katering, atau take away.

Fashion yang Nyaman

berbagai kebiasaan baik tumbuh di saat pandemi covid-19
(Foto: Freepik.com)

Koleksi baju yang stylish dan trendy dua bulan ini kurang diminati. Kini kebanyakan orang punya kebiasaan baik yang  lebih memilih potongan dan material kasual  yang nyaman  dan simpel untuk dikenakan sehari-hari.

Merekapun lebih memilih pakaian lama seperti kaos yang dan mengurangi  berbelanja atau membeli pakaian.

BACA JUGA: Gaya Hidup yang Akan Berubah Saat Pandemi Covid-19 Usai 

Berpikir Tentang Diri Sendiri

Meski membuat jenuh dan merugikan, pandemi Corona membuat sebagian orang sadar bahwa mereka tetap bisa hidup tanpa banyak meninggalkan rumah.

stay at home di masa pandemi
(Foto: Freepik.com)

Jika sebelumnya banyak orang sering beralih ke mal untuk bukber atau mencari hiburan, kini muncul kebiasaan baik untuk berdiam di dalam rumah lantaran dianggap lebih aman

Kebiaaan baik untuk berdiam di rumah juga membuat orang bisa berpikir lebih jernih mengenai jati diri dan apa yang benar-benar diperlukan dalam hidup.

Mulai Rajin Menabung

Masa pandemi sangat berdampak pada pekerjaan dan bisnis. Banyak perusahaan yang merumahkan bahkan memberlakukan PHK karyawannya, baik dengan jaminnan gaji ataupun tidak.

(Foto: Pixabay)

Lantaran itulah banyak orang yang kini memilih kebiasaan baik untuk  menabung. Semua orang sedang berusaha seirit mungkin menggunakan uang supaya tetap bisa makan.

Orang-orang kini lebih memilih untuk tidak membeli barang yang tidak perlu. Tidak mengerjakan hal yang sia-sia tanpa pertimbangan panjang.

Selain itu kini banyak orang  memilih untuk tidak menunda pekerjaan. juga mulai tidak  sering mengandalkan orang lain. Banyak mensyukuri serta memaksimalkan sumber daya yang dimiliki saat ini.

BACA JUGA: Gaes, Jangan Buang Uang Saat Pandemi Corona!

CucI Tangan dan Mengenakan Masker

Mencuci Tangan
(Foto: Freepik.com)

Kebiasaan baik lain yang sekarang ini muncul di masa pandemi yakni orang-orang lebih memperhatikan kebersihan tangan mereka.

 

Masyarakat Indonesia jadi lebih sadar, ternyata banyak penyakit dan ancaman kesehatan yang bisa menyebar bila tidak rajin mencuci tangan.

Soal penggunaan masker pun demikian, masyarakat banyak yang mulai sadar  untuk mengenakan masker saat berpergian keluar rumah guna meminimalisir penularan virus corona.

Nah kebiasaan baik apa yang muncul dari dirimu sat pandemi corona ini? (Sbg/Rig)

Comments