Banyak orang yang memulai wirausaha di masa pandemi saat ini
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Banyak orang yang kini memulai wirausaha pasca mengalami PHK lantaran sepinya lowongan kerja di masa pandemi Saat ini.

Inspirasi dan motivasi wirausaha bisa datang dari mana saja, lho gaes. Salah satunya dari film yang berkisah tentang jatuh bangun para pengusaha sampai akhirnya nemuin kesuksesan dengan gaya dia sendiri.

Nah Sabigaju mau kasih rekomendasi sederet film yang bisa memotivasi kamu yang kini memulai wirausaha untuk kamu saksikan di akhir pekan ini.

BACA JUGA: Berbagai Peluang Datangkan Cuan di Tengah Pandemi Corona

1. Jerry Maguire (1996)

Film ini mengisahkan sosok Jerry Maguire dipecat dari perusahaannya setelah mengadvokasi keyakinannya bahwa seorang agen harus memiliki sentuhan yang lebih pribadi.

Dia secara impulsif memulai agensi manajemen olahraganya sendiri dengan satu-satunya klien, Rod Tidwell  yang berprofesi sebagai  pemain American Football.

Dengan mantan rekan kerja Dorothy sebagai karyawan satu-satunya, Maguire harus membangun bisnisnya dan mengatasi keraguannya sendiri maupun keraguan kliennya.

Pada akhirnya, dia berhasil dengan menempatkan kebutuhan kliennya di atas keinginannya sendiri untuk menghasilkan uang.

“Jerry Maguire“ membuktikan, yang kamu butuhkan hanyalah satu pelanggan yang baik dan tekad dalam merintis sebuah usaha.

2, Office Space (1999)

Film ini mengangkat kisah keseharian para pekerja kantoran  mulai dari berangkat kerja pagi, kena macet di jalan, hingga kena sentak bos yang nyebelin pas tiba di kantor.

Office Space bercerita tentang seorang pegawai kantoran bernama Peter yang  jenuh dengan rutinitas kantornya dan pengen banget resign.

Peter mutusin buat berhenti jadi pekerja kantoran. Dia pun memulai usahanya sendiri. Walau usahanya enggak sesukses yang dibayangkan sebelumnya, hidup Peter jadi jauh lebih baik setelah resign karena enggak lagi mendapat tekanan berat dari kantor.

3. Door to Door (2002)

Rekomendasi film tentang  wirausaha dan bisnis  lain adalah  “Door to Door” yang diangkat dari kisah nyata seorang Bill Potter  seorang pemuda cacat yang berprofesi sebagai pedagang berbagai jenis sabun secara pintu ke pintu.

Namun, BIll tak pernah menyerah. Ia malah  berhasil mengatasi kekurangannya itu dengan kegigihan. Bahkan Bill  berhasil mengalahkan target penjualan pekerja lain yang memiliki fisik normal.

Makna yang bisa dipetik dari film ini adalah bagaimana bertahan hidup dan tetap percaya diri tanpa melihat dan menjadikan kekurangan sebagai halangan.

BACA JUGA: Drive-In, Cara Baru Menikmati Konser Musik di Tengah Pandemi 

4. The Goods: Live Hard, Sell Hard (2009)

Ini adalah film lain tentang wirausaha dan bisnis berlatar belakang pada sebuah bisnis dealer mobil.

Film ini mengisahkan sosok Don Ready yang harus menjual lebih dari 200 mobil dalam satu pekan. Meskipun licik dan banyak akal, dia menunjukkan kecakapan dalam sikap dan kemampuannya.

Don juga menunjukkan kesuksesan datang dalam banyak bentuk, dan jika dia ingin berhasil, dia perlu menunjukkan keterampilan melebihi apa yang dia pikir dia miliki.

5. Top Secret the Billionaire (2011)

Selanjutnya, ada film tentang wirausaha dari kisah pengusaha muda bernama Top asal Negara Gajah Putih, Thailand, dari mulai enggak punya apa-apa hingga jadi salah satu orang terkaya di Thailand.

Dikisahkan Top  hidupnya berantakan. Dia dikeluarkan dari kampusnya dan berpisah sama orangtuanya yang dililit utang. Kondisi ini pun membuatnya harus ngungsi ke negara lain.

Namun Top masih percaya bahwa mimpinya jadi pengusaha sukses masih bisa tercapai. Dia pun kepikiran buat jual camilan rumput laut.

Siapa sangka, dari jualan camilan, hidup Top sedikit demi sedikit berubah. Dia dengan gigih promosiin produknya sendiri sampai akhirnya bisa tembus dan dijual di gerai minimarket di seluruh Thailand.

Top berhasil membangun perusahaan raksasanya di usianya yang ke-20.

6. The Founder (2016)

film tentang wirausaha dan bisnis ini Tmengisahkan bagaimana  pengusaha Ray Kroc,  mengembangkan restoran cepat saji McDonald’s.

Restoran ini sebenarnya didirikan oleh kakak beradik Richard dan Maurice McDonald, yang memulai bisnisnya dari sebuah stand burger. Berkat bantuan Kroc, bisnis ini menjadi sebuah kerajaan makanan cepat saji.

Selang beberapa saat, Kroc tidak puas dengan kontrak franchise-nya, dan akhirnya membeli saham McDonald bersaudara untuk menumbuhkan bisnis sendiri dan menjadi multi-jutawan.

Film bercerita tentang bagaimana ide sederhana untuk produk yang dijual dengan harga normal dapat meledak dan menjadi populer.

The Founder juga mengajarkan pelajaran yang baik tentang seni negosiasi ketika dihadapi dengan mitra bisnis mana pun.

7. Chef (2014)

Film tentang wirausaha dan bisnis ini bisa jadi acuan buat kamu yang ingin merintis usaha di bidang kuliner setelah di PHK ataupun resign dari kerjaan.

Film ini  ini mengisahkan seorang Koki berbakat bernama Carl yang sudah jenuh dengan pekerjaannya sehari-hari di kantor.

Carl kemudian  resign dan bikin usahanya sendiri dengan membuka food truck. Caci maki dan disepelekan adalah hal yang Carl dapat tiap hari.

Namun, Carl tetap gigih memasarkan food truck-nya.dan menggunakan  jejaring sosial Twitter buat mempromosikan usaha yang dirintisnya. Sedikit demi sedikit, usahanya mulai terkenal dan laris manis..

BACA JUGA: 5 Bisnis yang Bisa Kamu Coba di Tengah Pandemi Covid-19! 

8. Crocodile in The Yangtze (2017)

Film ini bergenre dokumenter ini bercerita tentang kehidupan awal Jacka yang semula berprofesi sebagai guru matematika yang kemudian bertransformasi menjadi pebisnis sukses. di dunia.

Jack Ma, sang guru matematika kemudian menjelma menjadi seorang milyuner Tiongkok usai mendirikan Alibaba.com.

Kamu bisa mengikuti kisah perjuangan Jack Ma, sebagai  pria asal Asia pertama yang dengan Alibaba.com ia berhasil menembus pasar di negara-negara Barat.

Semoga deretan film diatas menginspirasi dan  memotivasi kalian yang kini memulai wirausaha.  (Sbg/Rig)

Comments