Timur Tengah
Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan menunggu waktu berbuka puasa adalah dengan menyaksikan film berkelas dengan latar belakang Timur tengah. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Kawasan Timur Tengah dianggap masih terpaku dengan peraturan agama. Namun  bukan berarti film-film berlatar belakang Timur Tengah tidak kreatif ataupun tidak mampu berbicara banyak di kancah festival internasional.

Nah sambil ngabuburit bagaimana kalau kamu sejenak keluar dari kepungan film-film Hollywood untuk menyaksikan sejumlah film berlatar belakang Timur Tengah yang tak hanya sarat akan makna dan filosofis tapi juga mengajarkanmu artinya tanggung jawab.

Nih deretan Film keren berlatar belakang Timur Tengah pilihan Sabigaju.

BACA JUGA: Betapa Spoiler Film Memang Menjengkelkan

1. Inch’Allah (2012)

Film berlatar belakang Timur Tengah ini mengangkat sisi kemanusiaan dalam peperangan yang terjadi antara Palestina dan Israel.

Film besutan Anaïs Barbeau-Lavalette ini berkisah tentang dokter muda asal Kanada bernama Chloe yang bertugas di wilayah konflik Israel-Palestina. Sehari-hari, Ia tinggal di teritori Israel dan bekerja di sebuah klinik di Ramallah, Palestina.

Selain harus bolak-balik melewati penjagaan perbatasan setiap harinya, ia juga mampu melihat dari kacamata kedua pihak yang bertikai.

Film yang sangat apik menggambarkan palestina yang sesungguhnya, tidak berpihak kepada siapapun karena film ini diambil menurut pandangan orang ke tiga. Sangat sayang untuk dilewatkan.

BACA JUGA: Lewat Film Partisipasi Politik Masyarakat Bisa Meningkat

2. Latar Belakang Timur Tengah dalam Film Wadjda (2012)

Sutradara Haifaa al-Mansour, sangat lihai membesut keseharian warga perempuan Arab Saudi lewat Film ini.

Film Timur Wadjda menceritakan kisah hidup Wadjda yang berkeinginan memiliki sepeda. Sayangnya, hukum dan adat Arab Saudi kala itu melarang perempuan untuk menggunakan sepeda di ruang publik.

Bahkan dalam beberapa kesempatan wadja sering dimarahi keluarga dan gurunya karena keinginannya yang konyol itu

Namun Wadjda tetap  teguh, dia sampai rela berjualan di sekolah demi mewujudkan impiannya. Akhirnya, perempuan 11 tahun dari Arab Saudi tersebut mengikuti lomba baca Alquran untuk mengumpulkan uang.

Wadja berhasil memenangi lomba namun sebuah mengejutkan terjadi. Pihak sekolah tiba-tiba menyumbangkan hadiahnya untuk Palestina.

BACA JUGA: Kelamnya Eksploitasi Batubara di Tanah Air Dalam Film Sexy Killers 

3. Where Do We Go Now (2011)

Where Do We Go Now adalah film berlatar Timur Tengah yang dibesut dengan  genre drama komedi karya sutradara asal Lebanon, Nadine Labaki.

Film ini berkisah tentang sebuah desa terpencil di Lebanon yang berpenduduk Muslim dan Kristen. Karena kesalahpahaman, terjadilah konflik di antara mereka.

Lewat film ini kamu bakal akan diajak menyaksikan bagaimana upaya para wanita desa untuk meredam konflik dan mengembalikan kedamaian di desa mereka. Jelas, nilai-nilai toleransi dalam film ini layak ditiru!

Film ini mendapat sambutan luar biasa saat ditayangkan di Festival Film Cannes 2011, dan memenangkan People’s Choice Award di Toronto Film Festival 2011.

BACA JUGA: Hobi Nonton? Jangan Lewatkan Film yang Bisa Memotivasi Karirmu

4. Baran

Baran adalah sebuah film karya Majid Majidi yang rilis di tahun 2001. Film berlatar belakang Timur Tengah ini ini bercerita tentang wanita Afghan bernama Baran yang menjadi imigran gelap di Iran.

Baran terpaksa melakukan penyamaran menjadi laki-laki untuk dapat bekerja di konstruksi bangunan, setelah ayahnya tak mampu untuk bekerja lagi.

Lalu ada sosok Lateef yang awalnya kesal pada Baran karena pekerjaannya dialihkan ke Baran.Belakangan Latief a sadar bahwa Baran adalah wanita yg sedang menyamar jadi pria.

Sampai akhirnya Latief  jatuh cinta kepada Baran. Lateef apun banyak membantu keluarga Baran yang kesusahan, tanpa diketahui Baran & keluarganya.

Sayangnya, Lateef tak pernah menyatakan perasaannya pada Baran. Lewat film timur tengah ini ini kamu akan menyaksikan kisah cinta yang tulus dan tanpa pamrih.

BACA JUGA: Sederet Alasan Vital untuk Menghentikan Kebiasaan Nonton Film Biru!

5. Children of Heaven (1997)

Inilah salah satu film berlatar belakang Timur Tengah terbaik sepanjang masa.  Film besutan sutradara Iran – Majid Majidi  ini berkisah tentang sosok Ali Mandegar yang tak sengaja menghilangkan sepatu sang adik, Zahra.

Mereka pun sepakat untuk tidak memberitahu orangtua mereka. Untuk pergi ke sekolah, mereka bergantian memakai sepatu milik Ali.

Film Timur Tengah ini berhasil menyabet beberapa penghargaan international. Sebut saja Fajr Film Festival, Montreal World Film Festival, Warsawa International Film Festival, Singapore International Film Festival, dan bahkan pernah dinominasikan di penghargaan bergengsi Oscar tahun 1999. (Sbg/Rig)

Comments