Pria Berselingkuh
Ada beberapa hal yang dapat menjadi alasan mengapa seorang berselingkuh dengan wanita lain. (Foto: understandingrelationship)

Sabigaju.com – Umumnya para pria bakal terkejut saat mengetahui pasangannya berselingkuh dengan orang lain. Padahal menurut para ahli lebih banyak pria yang memiliki kecenderungan untuk berselingkuh dari para wanita.

Perselingkuhan, tentu saja, memiliki konsekuensi. Perselingkuhan adalah salah satu penyebab utama perceraian.

Sebenarnya apa sih yang membuat seorang pria berselingkuh dengan wanita lain ? Lantas apakah hal tersebut dapat diatasi?

BACA JUGA:

 

Kebutuhan Emosional Tidak Terpenuhi

Salah satu alasan utama pria berselingkuh adalah pasangan mereka tidak memenuhi kebutuhan emosional mereka dan mereka membutuhkan dorongan ego, kata Lawrence Josephs dan Ava Cadell, Ph.D., seksolog, pelatih hubungan, dan pendiri Loveology Universitas.

Berselingkuh pun menjadi solusi pelarian bagi pria. Meskipun mereka mencintai istri. Tapi, para pria yang berselingkuh seakan tidak ingin menghadapi masalah dalam pernikahan mereka.

Alih-alih mencari validasi di tempat lain, cobalah untuk memperbaiki apa yang rusak dalam hubungan dengan pasangan.

Mulailah dengan menghabiskan 30 menit hingga satu jam setiap hari berbicara tentang apa yang kamu alami dengan pasanganmu, saran Cadell.

Dan Perlu kamu ingat bahwa berselingkuh tidak akan memperbaiki masalahmu. Malah bisa bisa membuat hidupmu kacau-balau yang pada akhirnya bisa menimbulkan rasa frustrasi dalam hidup.

Kamu Merasa Tidak Aman

Hal lain yang menjadi alasan bagi pria berselingkuh dengan wanita lain adalah rasa tidak aman.

“Jika kamu merasa tidak aman di satu area kehidupan Anda, Anda kemungkinan besar akan merasa tidak aman di area lain, termasuk hubunganmu dengan pasangan,” kata Cadell.

Jika kamu merasa tidak aman atau jatuh, kunjungi terapis, yang dapat merekomendasikan cara yang lebih sehat untuk mengatasi seperti konseling atau antidepresan, tambah Cadell.

Ingin Lebih Banyak Bercinta

Faktor  lain yang  sering menjadi alasan pria berselingkuh karena pria tidak mendapatkan cukup variasi seksual, kata Josephs — dan alih-alih membicarakannya dengan pasangan mereka, mereka mencari orang asing untuk memenuhi kebutuhan seksual mereka.

Banyak pria takut untuk berbicara tentang fantasi seksual mereka kepada pasangannya. Padahal sangat penting untuk menegosiasikan kehidupan seks kamu dengan pasangan.

Jadi jika kamu ingin bercinta setiap komunikasikan hal tersebut bersama pasangan.

Pria berselingkuh Lantaran Ingin Membalas Dendam

Menurut Josephs, alasan lain yang bisa membuat seorang pria berselingkuh adalah sebagai upaya membalas dendam.

Langkah berselingkuh dilakukan sebagai cara tercepat untuk menyembuhkan ego setelah pasangannya berbohong padanya atau secara terbuka mempermalukannya.

Tapi ingat bahwa curang hanya membuat kekacauan lebih besar.

“Anda perlu mengatasi masalah kemarahan sejak awal sebelum berubah menjadi kebencian dan penghinaan yang dalam,” kata Cadell.

Sebaliknya, cobalah untuk menjadi orang yang terbuka dan jujur. Beri tahu pasanganmu bahwa tindakannya melukai perasaan dan membuat kamu merasa seperti dia tidak mencintai atau menginginkanmu, saran Cadell. Dan jika kamu masih memiliki trauma untuk diselesaikan, pergilah ke konseling.

Tergoda dan Terjebak

Terkadang ada situasi dimana pria masuk dalam situasi oportunistik — dimana mereka tergoda dengan wanita lain saat di tempat kerja atau ketika berlibur tanpa pasangan mereka. Mulanya dari tegur sapa, hingga berlanjut kepada hubungan intim.

Untuk menghindari godaan untuk menipu, jadilah proaktif. Dan cobalah untuk berpikir ke depan dan memprioritaskan hubungan Anda. Jika kamu memiliki empati dan memahami trauma yang akan ditimbulkan oleh perselingkuhan, kamu tidak akan berselingkuh dengan wanita lain.

Kamu Penipu Seumur Hidup

Banyak pria yang semasa duduk di sekolah menengah hingga menjadi mahasiswa memperlakukan kencan seperti permainan — dan saat mereka berhasil berselingkuh dengan wanita lain, hal itu terasa menyenangkan.

Nah kebiasaan itu tanpa disadari hal itu berlanjut pada fase kehidupan di masa depan hingga kamu menjelma menjadi sosok playboy yang sudah tua yang tidak pernah tumbuh dewasa.

“Ketika mereka lajang, mereka lebih cenderung melakukan hubungan seks bebas tanpa busana, dan ketika mereka menikah mereka lebih cenderung untuk menipu,” kata Josephs.

Joseph menambahkan “Mereka cenderung berpikir mereka bisa melanggar aturan dan lolos begitu saja, dan mereka merasa bebas dari kecurangan. Karena mereka jarang terbuka terhadap perubahan, mereka seringkali hanya berubah ketika pernikahan mereka berantakan,” imbuhnya..

So, setialah pada pasangan dan bila kamu menemukan seseorang dengan semua kualitas yang kamu sukai dan tergoda ingin menjalin hubungan lebih jauh dengannya , mungkin inilah saatnya kamu untuk menemui terapis pernikahan. (Sbg/Rig)

 

Comments