Penentu Kebahagiaan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Banyak hal dapat menjadi faktor penentu seseorang termasuk kamu agar betah dalam bekerja. Tentu saja setiap orang pasti ingin menemukan kebahagiaan dalam bekerja.

Mungkin terdengar naif jika ada orang yang bekerja bukan hanya memprioritaskan gaji. Yup ada beberapa hal yang bisa menjadi penentu kebahagiaan bagi seseorang terlebih pekerja.

Dan berikut sederet faktor penentu kebahagiaan selain gaji.

BACA JUGA: Giat Bercinta Bikin Karyawan Lebih Semangat Bekerja 

Hubungan Sosial

Jika kamu ingin merasa bahagia, maka kamu harus memiliki keseimbangan antara kehidupan personal dan profesional.

Jangan sampai kepemilikan gaji yang besar justru dapat “membeli” kehidupanmu.

Hal ini dikhawatirkan justru akan menimbulkan stress hingga depresi hebat. Kamu tetap harus memiliki keseimbangan waktu antara keluarga, pasangan, kehidupan sosial serta pekerjaanmu.

Pastikan kamu tetap memiliki waktu berkualitas di luar kantor agar tetap merasa bahagia. Kehidupan sosial adalah salah satu penentu kebahagiaan manusia

BACA JUGA: Kondisi Kantor yang Bisa Rusak Kesehatan Psikis Karyawannya

Memiliki Rasa Aman dan Apresiasi

Hal lain yang juga dapat menjadi penentu kebahagiaan seseorang dalam pekerjaan adalah memiliki rasa aman.

Setiap kantor harus memberikan perlindungan rasa aman untuk setiap pekerjanya sehingga dikhawatirkan ada yang salah ketika kamu merasa terancam saat bekerja.

Rasa aman dalam bekerja juga berkaitan erat dengan asuransi serta perlindungan terutama jika pekerjaanmu banyak dilakukan di luar kantor.

Selain itu, sangat penting pula untuk mendapatkan apresiasi atas pekerjaan yang telah kamu lakukan.

Perlindungan asuransi, kenaikan gaji, promosi karyawan, pelatihan/ training bahkan perjalanan dinas pun dapat menjadi indikator bagaimana kamu merasa diapresiasi sebagai karyawan.

BACA JUGA: Agar Liburan Menyenangkan Meski Pekerjaan Numpuk

Kesehatan Fisik

Kesehatan fisik juga dapat menjadi faktor penentu kebahagiaan yang membuatmu merasa nyaman dalam bekerja.

Tanyakanlah tiga hal yang berkaitan dengan kesehatan fisik ini ketika kamu bekerja: apakah pekerjaan ini membuatmu tidak mampu makan dengan teratur?

Apakah pekerjaan ini membuatmu tidak mampu beristirahat dengan baik? Apakah pekerjaan ini membuatmu cepat atau sering merasa sakit?

Jika kamu merespon ‘ya’ pada ketiganya, barangkali kamu tidak merasa bahagia dengan pekerjaanmu yang sekarang.

Gaji mungkin memang menjadi salah satu faktor penentu kebahagiaan, tetapi ketahuilah bahwa memiliki pekerjaan yang juga dapat menunjang kesehatan fisikmu juga harus kamu perhatikan. (Sbg/Vania)

Comments