Final Liga Champions
Tottenham Hotspurs dan Liverpool akan bertarung matia-matian di ajang Final Liga Champions yang akan berlangsung di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, pada Minggu (02/6)dini hari nanti. (Sumber Gambar: Deviantart jafarjeef)

Sabigaju.com – Dua klub asal Inggris yakni Tottenham Hotspur dan Liverpool akan bertarung di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol.dalam partai Final Liga Champions 2018/19, Minggu (02/6)dini hari nanti.

Bagi Tottenham Hotspur Final Liga Champions ini adalah final pertama T, sedangkan Liverpool sudah pernah lima kali jadi juara. Musim lalu, Liverpool finis sebagai runner-up setelah kalah 1-3 melawan Real Madrid di final.

Baik Tottenham dan Liverpool sama-sama melakukan aksi comeback spektakuler di semifinal.

Tottenham menang 3-2 di kandang Ajax lewat hat-trick Lucas Moura untuk memastikan diri lolos ke final melalui keunggulan gol tandang dalam agregat 3-3.

Sementara itu, Liverpool menjungkalkan Barcelona dengan agregat 4-3 usai menang 4-0 lewat brace Divock Origi dan Georginio Wijnaldum pada leg kedua di Anfield.

Berikut sejumlah fakta menarik jelang Laga Final Liga Champions 2019 antara Tottenham Hotspurs vs Liverpool dini hari nanti.

All English Final

Duel sesama tim Inggris akan tersaji di Final Liga Champions 2019. Pertandingan “All English Final” dini hari nanti  menjadi pertarungan gengsi, siapa tim Inggris yang mampu mengangkat trofi “Si Kuping Besar” seusai laga.

Bukan hanya itu, laga final nanti sekaligus menjadi kesempatan Tottenham dan Liverpool untuk meraih trofi lewat kesempatan terakhir. Pasalnya, kedua tim belum menjuarai apa pun sepanjang musim 2018-2019.

Pertemuan Tottenham dan Liverpool di final adalah di final League Cup 1982 silam. Liverpool meraih comeback win 3-1 lewat extra time dalam final yang digelar di Stadion Wembley.

Laga All English Final di Final Liga Champions dini hari nanti adalah pertandingan kedua yang mempertemukan dua klub asal Inggris.

Sebelumya aga All English Final pertama terjadi saat Manchester United berhadapan dengan Chelsea di final Liga Champions 2008. Dalam pertandingan itu, Manchester United akhirnya keluar sebagai juara

Rapor Kompetisi

Tottenham dan Liverpool telah bertanding 170 kali di semua kompetisi. Liverpool unggul head to head dengan 79 kemenangan dan Tottenham 48, sedangkan 43 lainnya berkesudahan imbang.

Musim ini, Liverpool dua kali mengalahkan Tottenham dengan skor identik 2-1 di Premier League.

Di kandang Tottenham, Liverpool menang lewat gol-gol Georginio Wijnaldum dan Roberto Firmino, sedangkan satu gol Tottenham dicetak Erik Lamela. Di Anfield, Liverpool menang lewat gol Roberto Firmino dan bunuh diri Toby Alderweireld, sedangkan satu gol Tottenham dicetak oleh Lucas Moura.

Bagi Liverpool dan Tottenham sama-sama belum meraih gelar sepanjang musim ini. Dan salah satu tim dipastikan akan gigit jari karena mengakhiri musim ini tanpa trofi. kebayangkan serunya laga Final Liga Champions dini hari nanti?

Hadiah Uang di Final Liga Champions

Selain gengsi, martabat klub dan pemain yang terangkat, hadiah uang yang diperoleh dengan menjuarai kompetisi terakbar tersebut juga tidak kalah menggiurkan.

Jumlah uang berbeda akan diterima kedua finalis. Pemenang mendapat bonus sebesar Rp305,4 miliar sementara runner-up memperoleh hadiah hiburan Rp241,1 miliar.

Liverpool sukses menorehkan tiga kemenangan dan tiga kali kalah di babak grup, sementara Tottenham Hotspur menang dua kali, imbang dua kali, dan kalah dua kali.

Dari hasil tersebut, The Reds memperoleh Rp130,1 miliar sementara Si Lili Putih meraup  Rp115,7 miliar.

Hingga babak final, Liverpool meraup Rp644 miliar. Sedangkan Tottenham Hotspur mendapat Rp630,1 miliar.

Ditambah dengan uang partisipasi fase grup, maka total hadiahnya menjadi Rp889 miliar untuk Liverpool dan Rp875 miliar buat Spurs.

Jika menjadi juara, Liverpool berpeluang membawa pulang  Rp1,195 triliun, namun jika kalah hadiah menciut jadi  Rp1,131 triliun.

Sedangkan Spurs bisa membawa pulang Rp1,181 triliun sebagai juara ataub Rp1,116 triliun jika menjadi runner-up.

Wuih banyak banget uangnya! Sayangnya kita gag kebagian sedikitpun yah. (Sbg/Rig)

Comments