Menenggak Minuman
Tahukah kamu menenggak minuman berlkohol, hal itu punya berbagai dampak terhadap berbagai organ di dalam tubuh kita. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Ada banyak orang Beberapa yang punya kebiasaan menenggak minuman beralkohol karena suka, beberapa lainnya karena gaya hidup.

Alasannya mereka pun beragam. Mulai dari sekedar menghangatkan tubuh hingga pembenaran untuk melupakan masalah? Who knows!

Mayoritas orang mungkin percaya bahwa minum alkohol dalam jumlah sedang adalah tindakan terbaik, ada yang ekstrem di kedua ujung spektrum.

Ada orang yang percaya bahwa menenggak minuman beralkohol dalam jumlah berapapun adalah salah dan yang lain percaya bahwa hampir tidak ada jumlah konsumsi alkohol yang cukup untuk bersenang-senang.

Nah jika kamu sering menenggak alkohol kamu harus simak artikel ini. Sebab alkohol memiliki sejumlah efek pada tubuh yang mungkin tidak kamu sadari.

Berikut hal-hal yang harus kamu tahu dan bisa jadi pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk menenggak minuman beralkohol.

BACA JUGA:

 

1. Mempengaruhi Penampilan

Terlalu sering menenggak minuman beralkohol dapat memengaruhi penampilan kulit Anda. Karena minum cenderung mengurangi produksi vasopresin sehingga kulit bisa terlihat kusam.

Vasopresin adalah hormon yang mengatur cairan di dalam tubuh dan meminum alkohol dapat mengeringkan kulit serta menghilangkan cairan yang membantu kulit kamu bersinar sehat.

2. Berkabut Men!

Saat menenggak minuman beralkohol, sejenak seperti terasa ada kabut di sekeliling kita. Namun ini bukan jenis kabut alami yang sering kamu lihat Kabut disini adalah efek yang mengaburkan proses berpikirmu.

Saat kamu mabuk, kamu bakal merasa lamban serta pemikiran pun menjadi kurang jelas. kamu juga juga akan cenderung menjadi pelupa dan bisa membuat keputusan yang akan disesali oleh saat sadar nanti.

3. Sakit Hati Bisa Bikin Mati

Tubuh manusia tak bisa menyimpan alkohol. Cairan alkohol yang terkandung dalam minuman tak semuanya bisa diserap dalam tubuh. Alkohol akan diolah melalui hati, lalu akan diolah menjadi acetaldehyde, senyawa yang beracun bagi tubuh manusia.

Organ hati bekerja ekstra keras membersihkan racun dari minuman alkohol yang kamu minum. Hati mengubah beberapa racun menjadi asam yang disebut asetaldehida, yang dapat menyebabkan kondisi yang tidak menyenangkan seperti mual dan muntah.

Kebayang dong kalau hati kerja keras terus, hati bisa sakit dan bisa jadi parah. Ingat tanpa hati, kamu bisa mati.

4. Berat Badan Bisa Naik

Satu hal lain yang tidak sehat yang bisa ditimbulkan lantaran kebiasaan menenggak minuman beralkohol adalah membuat kamu selalu ingin makan.

Minuman beralkohol dapat meningkatkan produksi sesuatu yang disebut galanin – neurotransmitter yang dapat meningkatkan nafsu makan untuk makanan yang tidak terlalu sehat, terutama yang mengandung banyak lemak.

5. Berdampak Pada Otak

Otak kecil adalah bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk menjaga kamu tetap tegak. Ini memungkinkan kita untuk berdiri, berjalan, bermain video game, melempar Frisbee, dan apa saja yang melibatkan gerakan dan koordinasi.

Nah, jika kamu terlalu banyak menenggak minuman beralkohol dapat membuat kerja otak kecil menjadi terganggu. Hal-hal seperti tersandung, bergoyang dan jatuh, jauh lebih mungkin terjadi.

6. Berbahaya Buat Orang Lain

Satu hal yang banyak orang tidak sadari adalah menenggak minuman beralkohol dapat menghadirkan bahaya yang sangat serius bagi orang lain.

Bukan saja Anda lebih rentan terhadap kecelakaan kecil yang dapat terjadi ketika Anda tersandung atau jatuh, penilaian yang buruk juga dapat mendorong Anda untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah Anda pertimbangkan.

Mabul sambil berkendara hingga menimbulkan kecelakaan adalah yang paling banyak terjadi dan menyebabkan rasa sakit dan penderitaan yang tak terbayangkan bagi jutaan orang.

7. Kerusakan Organ Tubuh

Kebiasaan menenggak minuman beralkohol sangat mirip dengan merokok. Kita sulit untuk lepas selama bertahun-tahun sebelum mulai berdampak terhadap kesehatan kita.

Dan masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kebiasaan minum minuman kerasbakal bikin kamu terkejut.

Kamu bisa saja didiagnosis dengan kondisi serius seperti sirosis, masalah jantung, ginjal atau hati.

Dan parahnya lagi kita hanya bisa berdoa untuk mukjizat sebagai satu-satunya harapan untuk bertahan hidup. So, hentikan kebiasaan menenggak minuman beralkohol! (Sbg/Rig)

Comments