Terlalu Sibuk
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Banyak orang begitu terlalu sibuk setiap harinya dengan aktivitas mereka hingga seakan waktu yang dimiliki 24 jam sehari tidak cukup untuk menyelesaikan semua target pekerjaan setiap hari.

Dan parahnya ada yang sampai terjebak dalam kesibukan hingga “tak sempat bernapas”. Inilah bagian terburuk yang tercipta sebagai konsekuensi merasa sibuk dan tak punya waktu.

Menurut Scott Stein, pakar komunikasi dan penulis Leadership Hacks, mengatakan banyak orang salah mengira sibuk menjadi produktif.

Menurutnya seseorang yang terlalu sibuk punya potensi membawa bahaya dan kerugian yang tidak terduga.

BACA JUGA: Jadilah Orang Produktif Jangan Jadi Orang Sibuk

Terlalu Sibuk Membuat Orang  Tidak Punya Waktu untuk Berpikir

Bahaya pertama yang mengintai orang yang terlalu sibuk adalah karena hal itu tidak memberikan waktu untuk berpikir secara strategis.

“Kamu mungkin bekerja keras, tetapi kamu tidak bekerja lebih pintar,” kata Scott.

Scott mengibaratkan orang yang terlalu sibuk seperti orang yang berkendara namun malah keluar dari jalur yang semestinya.

Terlalu Sibuk
(Foto: Unsplash)

“Kami kehilangan kesempatan karena kami sibuk. Ini seperti mengemudi di suatu tempat  namun kami keluar jalur. Kamu bisa menepi, keluarkan GPS dan temukan rute yang berbeda tetapi kamu terus mendorong dan berharap lalu lintas akan menjadi lebih baik secara ajaib.

So, luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana kamu dapat melakukan tugas secara berbeda untuk membuatnya lebih mudah dan lebih cepat.

BACA JUGA: Dear Pasangan Super Sibuk, Nih Cara Menghidupkan Gairah Bercintamu

Tidak Punya Waktu untuk Me-recharge Tubuh

Aktivitas yang terlalu sibuk membutuhkan energi fisik atau emosional, atau keduanya.

Dan ketika kamu selalu sibuk, mudah sekali kehilangan semangat dan antusiasme Anda di tempat kerja dan di rumah.

Terlalu Sibuk
(Foto: Telegraph)

“Kamu lelah, lelah secara mental, dan merasa berada di treadmill. Sangat mudah untuk merasa kewalahan dan datar dan itu memengaruhi produktivitas kerja serta kreativitas dan kemampuan Anda untuk berinovasi,” papar Scott.

Jika kamu terjebak dalam aktivitas yang terlalu sibuk, mungkin keluargamu akan mengeluh dan berpandangan kamu tidak lagi ingin melakukan hal-hal yang biasanya dilakukan bersama.

BACA JUGA: Rutinitas Padat, Jadwalkan Sesi Bercinta dengan Pasangan

Tidak Punya Waktu untuk Terkoneksi

Bahaya lain yang mengintai orang  terlalu sibuk adalah kondisi dimana gagalnya koneksi dengan orang lain.

Kamu mungkin berpikir  sedang mendengarkan, tetapi pada kenyataannya hal itu tidak terjadi.

Terlalu Sibuk
(Foto: Goodcall.com)

Karena ketika kamu terlihat seperti sedang mendengarkan kolega, pasangan, atau anak-anamu, pikiranmu malah sibuk memikirkan apa yang harus dilakukan selanjutnya atau apa yang harus kamu lakukan ataupun belum dikerjakan.

“Orang-orang di sekitarmu merasa seperti benda. Apakah itu di rumah atau di tempat kerja, orang-orang merasa kamu tidak hadir dan dirimu tidak benar-benar mendengarkan apa yang orang katakan, “kata Scott.

Nah , mungkin sudah saatnya bagi kamu untuk berhenti beraktivitas  terlalu sibuk. (Sbg/Rig)

Comments