Perbincangan dan Atensi Netizen

Sabigaju.com –  Sejumlah peristiwa di Minggu kedua Mei 2020 yang menjadi perhatian dan perbincangan publik dan netizen di berbagai lini media sosial.

Berikut selengkapnya sejumlah peristiwa yang menjadi atensi publik dan netizen di Minggu kedua Mei 2020.

1. McDonald’s Sarinah  Tutup

Di Minggu kedua Mei 2020 warga Jakarta dan netizen ramai membicarakan soal rencana gerai makanan siap saji McDonald’s pertama di Indonesia yang berlokasi di Sarinah, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat akan ditutup permanen mulai 10 Mei mendatang.

Kehebohan Netizen di Minggu kedua Mei 2020
(Foto: Instagram.com/mcdonaldsid)

Begitu banyak netizen yang sedih dan terguncang terhadap keputusan penutupan gerai McDonald’s yang pertama kali buka pada 14 Februari 1991 itu. Sebagian besar warganet membagikan memori dan kenangan indah yang pernah mereka lakukan di sana.

Lokasi McDonald`s Sarinah yang beroperasi 24 jam sehari dan tak pernah sepi pengunjung tersebut Rencananya akan dijadikan sentra UMKM oleh pemerintah pusat.

BACA JUGA: Rekomendasi Channel YouTube Keren Saat Stay at Home 

2. Polisi Bekuk Youtuber Ferdian Paleka

Di Minggu kedua Mei 2020 Masyarakat dan Netizen ramai mengapresiasi kinerja pihak kepolisian yang berhasil membekuk YoutuberFerdian Paleka.

Ferdian Paleka sebelumnya menuai kecaman banyak orang lantaran membuat konten video menjahili waria yang mangkal di pinggir jalan di Kota Bandung.

Kehebohan Netizen di Minggu kedua Mei 2020
(Foto: Instagram.com/garizluis37)

Ia dan teman-temannya seolah-olah memberikan bantuan sembako dalam sebuah kardus kepada sejumlah transpuan, padahal bungkusan tersebut hanya berisi sampah dan batu bata.  Lantaran hal itu salah satu korban melaporkan perbuatan Ferdian ke polisi.

Ferdian kemudian menghilang dan memilih bersembunyi di salah satu rumah rekannya di Ogan Ilir, Palembang.

Saat jejaknya diketahui, dia kembali kabur dengan menyebrang ke Pelabuhan Bakauheni-Merak. Hingga pelariannnya berakhir di Tol Tangerang-Merak, Jumat dini hari.

Ferdian Paleka dan dua rekannya kini  ditetapkan sebagai tersangka atas kasus konten video bermuatan penghinaan. Ketiganya juga dijerat Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan dua pasal tambahan yaitu Pasal 36 dan Pasal 51.

3. Heboh! Nama Anak Elon Musk

Pendiri sekaligus CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk dengan musisi sekaligus penyanyi Kanada Claire Elise Boucher atau Grimes

Adapun hal yang ramai menjadi pembicaraan publik dan netizen di Minggiu kedua Mei 2020 adalah soal nama yang diberikan kepada anak Tersebut.

Kehebohan Netizen di Minggu kedua Mei 2020
(Foto: Instagram.com/.elonmusk)

Elon memberi nama yang unik dan tak biasa yakni, X Æ A-12 Musk. Warganet mulai bertanya-tanya bagaimana cara membaca nama tersebut.Beberapa di antaranya melontarkan komentar seolah mengingatkan Elon Musk dan Grimes bahwa bayi mereka adalah manusia, bukan mesin.

Selain itu, nama anak pertama CEO Tesla Elon Musk dan pasangannya, Grimes, kemungkinan tidak bisa diterima di negara bagian California, AS. Sebab, nama anak Musk dan Grimes yang terbilang unik ini, X Æ A-12 Musk, dinilai melanggar peraturan California.

Sebab, nama anak Musk dan Grimes yang terbilang unik ini, X Æ A-12 Musk, dinilai melanggar peraturan California. Sesuai konstitusi negara bagian tersebut, nama hanya dapat menggunakan 26 karakter alfabet bahasa Inggris.

BACA JUGA: Terimakasih Lord Didi yang Telah Mengobati Patah Hati Kami 

4. Didi Kempot Meninggal Dunia

Sorotan lain yang menjadi perhatian warganet dan netizen di media sosial pada minggu Kedua mei 2020 adalah saat Penyanyi campursari Internasional, Didi Kempot meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/5/)lalu di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah.

Warganet ramai-ramai mengucapkan belasungkawa dan mengekspresikan kesedihan mereka di lini masa Twitter. atas kepergian Penyanyi bernama asli Dionisius Prasetyo itu di berbagai lini media sosial r dengan menggunakan tagar #SobatAmbyarBerduka.

Kehebohan Netizen di Minggu kedua Mei 2020
(Foto: Instagram)

Didi Kempot dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Majasem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur tepat di sebelah makam anak pertamanya, Lintang. Lintang adalah anak pertama Didi Kempot dari istri pertamanya, Saputri. Lintang meninggal saat berusia enam bulan.

BACA JUGA: Tips Mengatasi Godaan Lapar Mata Buat Pria Saat Berbelanja

5. Heboh kebocoran Data Tokopedia

Di Minggu kedua Mei 2020 masyarakat dan netizen dihebohkan dengan kabar bocornya data jutaan akun pengguna dari salah satu e-commerce unicorn tanah air yakni Tokopedia.

Tidak main-main, 91 juta data pengguna berhasil dicuri oleh hacker dan dijual secara ilegal melalui dark web.

Kehebohan Netizen di Minggu kedua Mei 2020
Foto: Instagram.com/tokopedia)

 

Ulah hacker pembocor 91 juta pengguna Tokopedia yang dijual di situs gelap jadi pemberitaan beberapa media asing. Seperti media teknologi ZDNet, setelah mendengar isu pembobolan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia itu, menulis dengan judul “Hacker leaks 15 million records from Tokopedia, Indonesia’s largest online store“.

ZDNet mengatakan seorang hacker membagikan sampel 15 juta pengguna dengan harapan ada yang membantu memecahkan password pengguna yang masih terlindungi, sehingga mereka dapat mengakses akun korban.

media khusus teknologi itu mengaku telah memperoleh salinan file yang bocor dengan bantuan data yang dari Under the Breach.

Sementara itu, Reuters memberitakan dengan judul “Indonesia’s Tokopedia probes alleged data leak of 15 million users“. Kantor berita terkemuka asal Inggris ini juga memberikan kutipan Tokopedia kalau memang ada upaya pencurian data penggunanya dan tengah mereka selidiki.

Kebocoran data konsumen Tokopedia berbuntut panjang. Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) atas Tokopedia dan Menkominfo. (Sbg/Rig)

Comments