Kebiasaan minum jus
Kebiasaan minum jus ternyata dapat menyebabkan sedere dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Tak dipungkiri bahwa kebiasaan minum jus apapun itu buahnya, sangatlah segar, nikmat, dan tentunya menyehatkan. Terlebih di musim panas seperti saat ini.

Namun berdasarkan salah satu penelitian, terungkap bahwa  kebiasaan minum jus punya sederet dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh  kita.

Mengapa demikian? Berikut adalah sederet alasan ilmiah mengapa kebiasaan minum jus harus dihentikan.

BACA JUGA: Jangan Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Manis, Berbahaya

Mengandung Kadar Gula yang Tinggi

Tidak seperti buah alami yang kadar gulanya masih terkadar, jus pada dasarnya terbuat dari sari air buah jus-nya dan tentunya air bergula.

Tidak ada sama sekali unsur serat menyehatkan yang pada umumnya terdapat di buah alami pada umumnya.

(Foto: Pexels)

Jadi intinya, minum jus sama saja kita minum air gula yang sangat manis. Dan perlu diketahui tidak seperti ketika kita memakan buah yang mana kadar gula dalam buahnya langsung diserap oleh serat di dalam buahnya, maka tidaklah demikian dengan jus.

Ketika kita menenggak jus, gula di dalam jus tidak ada filter-nya. Sehingga kalau kebiasaan minum jus terus  dilakukan  setiap paginya, maka zat gula di dalam jus akan menumpuk di dalam tubuh yang alhasil secara perlahan membuat kita terkena gejala awal dari diabetes.

BACA JUGA: 4 Resep Minuman Mangga yang Nyaman di Tenggorokan 

Smoothie Jauh Lebih Menyehatkan

Oke mungkin secara teknis, Smoothie juga sama tidak baiknya untuk dikonsumsi. Karena pada dasarnya smoothie adalah buah yang dimaniskan yang ditambahkan lagi oleh sirup yang mana seperti kita ketahui, memiliki kadar gula yang tidak main-main.

(Foto: Unsplash)

Tapi berdasarkan penelitian, lebih baik kita konsumsi ini secara rutin daripada jus setiap paginya. Karena di dalam smoothie juga terkandung serat-serat alami dari buah atau sayur yang di-blend di dalamnya. Dan bahkan terkadang di dalamnya juga mengandung bubuk protein.

Tentunya bahan-bahan tersebut akan sangat berguna untuk semakin menyehatkan tubuh kita terutama, pada sistem pencernaan kita.

BACA JUGA: Minuman Hits Thai Tea: Dari Sejarah Hingga Cara Bikinnya 

Membuat Obesitas

Sering mendengar orang-orang yang meminum jus secara rutin karena ingin menguruskan badannya. Well, maaf kalau kami mengecewakan kalian.

Karena faktanya hingga detik ini, belum ada penelitian kesehatan manapun yang sukses membuktikan pernyataan ini.

(Foto: Unsplash)

Yang ada justru, dengan menumpuknya zat gula jus yang sangat manis itu, akan membuat tubuh kita menumpuk dengan gula yang alhasil berpotensi membuat kita menjadi kelebihan berat badan (obesitas).

Jadi sekali lagi kalau memang tujuannya ingin melangsingkan perut, konsumsi sajalah buah dan sayur alamiah seperti pada umumnya. Karena keduanya memiliki kandungan serat alami yang mampu menyusutkan bobot tubuh secara alami.

BACA JUGA: Bahaya Mematikan Apabila Terlalu Sering Minum Teh

Resiko Jantung

(Foto: Pexels)

Ternyata selain dapat memberikan penyakit diabetes. Kadar gula dalam jus jugalah mampu mempengaruhi kesehatan jantung loh! Dan hal ini telah diteliti langsung oleh para peneliti darii Harvard University.

Jadi berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa minum air bergula secara rutin dapat mempercepat tingkat resiko jantung terutama, pada pria. Wah makin jelas kan kalau kebiasaan minum jus itu nggak baik.

BACA JUGA: Apa Saja Akibat dari Konsumsi Gula Berlebih?

Merusak Gigi

Alasan lain yang membuat kita harus menghentikan kebiasaan minum jus lantaran kadar gula di dalam jus juga bisa merusak gigi kita!

Selain kadar gula, kandungan asam yang sangat tinggi di dalam buah olahan jus faktanya juga bisa membuat gigi kita menjadi berlubang.

(Foto: Pixabay)

Dan kalau lubang atau kerusakan yang diderita parah banget, lama kelamaan akan membuat mahkota gigi kita juga menjadi sangat bermasalah.

Jadi ya guys, sebaiknya ganti saja kebiasaan minum jus kalian dengan meminum susu atau teh ya!

Comments