Sabigaju.com – Sekumpulan orang yang berprofesi sebagai advokat yang menamakan diri sebagai Advokat Peduli Ulama melaporkan pedangdut Inul Daratista ke Polda Metro Jaya. Inul dilaporkan atas komentarnya di Instagram yang dituding menghina ulama.

Para advokat tersebut tiba di Mapolda Metro Jaya, Jl Jenderal Sudirman Kavling 55, Jakarta, Senin (27/3), untuk melaporkan Inul dengan pasal 310 dan 311 KUHP dan UU ITE pasal 28. Juru bicara Advokat Peduli Agama, Dahlia Zein mengatakan Inul dilaporkan agar tidak seenaknya mengeluarkan kata-kata kepada pemimpin agama.

"Sudah ada pemberitaan status dari Inul Daratista ya tentang penghinaan terhadap ulama yang mana fitnah-fitnah yang mereka bilang skype sex itu loh terus pakai sorban. Itu sudah menghina sekali. Pasalnya 310 311 KUHP, dengan UU ITE pasal 28 yang mau kita laporkan," ujar Dahlia Zein kepada para awak media di Polda Metro Jaya, Jakarta.

Ditambahkan oleh Dahlia bahwa Inul menulis kalimat yang berisi penghinaan terhadap seorang yang memakai "sorban" sebagai tindakan tidak terpuji dan memfitnah ulama. Meskipun Inul tidak menyebutkan nama seseorang yang mengenakan sorban tersebut. Dia pun meminta masyarakat lain untuk berhati-hati dalam menggunakan sosial media agar tidak melakukan penghinaan terhadap siapapun.

"Iya tapi kan ulama. Dia kan bilang pakai sorban. Coba aja dibaca. Ada kata-katanya di mana dia (pakai) sorban sama perempuan sambil main sex skype. Kami melapor ini supaya masyarakat menggunakan sosmed lebih hati-hati lagi. Jangan sampe ada penghinaaan ulama atau siapapun," papar Dahlia.

Inul Daratista bersama Ahok (Instagram infoahok)

Kepada awak media Dahlia mengakui belum mlakukan klarifikasi tudingannya kepada Inul. Namun dia mengatakan biar hal itu masuk ranah penyidik Polda Metro Jaya.

"Jadi kami lapor biar kalau mau klarifikasi ya nanti biar hukum dan penyidik aja," katanya.Sebelumnya, status Inul di Instagram menuai kontroversi dari sejumlah netizen. Inul sempat berfoto dengan calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di salah satu acara televisi.

Setelah itu, muncul beragam komentar netizen dalam foto yang diposting-nya itu. Sampai akhirnya Inul membalas komentar netizen dan justru tersebut kemudian dianggap menghina ulama. (Sbg/Rig)

Comments