Menggunakan Mobil
Sebelum kamu tancap gas mudik menuju kampung halaman dengan menggunakan mobil, ada baiknya kendaraan diservis terlebih dahulu agar tidak mudah rewel dan merepotkanmu di jalan. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Banyak orang yang memutuskan untuk mudik menggunakan mobil guna merayakan Hari Idul Fitri di kampung halaman.

Namun demikian, sebelum kamu tancap gas menuju kampung halaman, ada baiknya kendaraan diservis terlebih dahulu agar tidak mudah rewel dan merepotkanmu di jalan.

Sebab saat mudik dengan menggunakan mobil biasanya situasi lalu lintas cenderung padat dan tak jarang terjadi antrean panjang kendaraan.

Kondisi mesin mobil yang prima akan meminimalkan terjadinya mogok dan gangguan teknis lainnya sepanjang perjalanan.

Nah, di sisa waktu yang ada ini ada baiknya kamu melakukan servis mobil, sebelum tancap gas untuk mudik. Sebab, perjalanan mudik yang jauh membutuhkan mobil yang prima untuk menunjang kenyamanan dan keamanan.

BACA JUGA: Mudik dengan Mobil? Cek Yuk Pilihan yang Nyaman

Perhatikan Mesin dan Kaki-kaki

Hal utama yang harus kamu periksa dan kalau perlu di servisadalah kondisi mesin. Pastikan bahwa kondisi mesin tidak mengalami kerusakan ataupun masalah.

Selanjutnya yang perlu dicek adalah bagian kaki-kaki. Jalur mudik yang tidak bisa ditebak membuat kaki-kaki harus prima dan kuat untuk diajak jalan jauh.

Jika kaki-kaki tidak ada bunyi, bisa jadi kaki-kaki masih bagus, Namun, memang lebih baik dicek ulang.

BACA JUGA: Nih Aplikasi Navigasi yang Menuntun Anda Mudik ke Kampung Halaman

Siapkan Interior yang Nyaman

Saat kamu memutuskan untuk mudik menggunakan mobil pastikan bagian kabin bersin. Kalau mobil baru pasti masih bersih, namun kalau sudah lewat 6 bulan perlu dibersihkan, dong.

Membersihkan interior diawali dengan mengangkat semua jok di mobil. Dilanjutkan membersihkan karpet dan melakukan vakum pada bagian lantai mobil. Pastikan juga bagian pendingin alias AC Mobil berfungsi dengan prima

Nah kalau bagian dalam mobil nyaman, bersih dan harum mudik pastinya menyenangkan.

BACA JUGA: Mencuci Mobil Usai Terguyur Hujan itu Penting, Jangan Ditunda-Tunda! 

Perhatian Bagian Eksterior

Jika bagian Interior mobil sudah bersih, jangan ketinggalan untuk eksterior jangan ketinggalan untuk dong memperhatikan bagian Eksterior terutama Kaca

Pastikan bagian kac mobilmu tidak berjamur. Karena jamur bisa mengurangi pandangan, saat kamu mudik dengan menggunakan mobil.

Poles kaca mobil kalau sudah banyak jamur. Pemakaian rain repellent pun bukan hal haram buat membantu menyingkirkan air saat hujan deras.

Dan jangan lupa untuk memoles bagian bodi mobil. Dengan begitu meski di jalan sempat kotor, saat kamu mencucinya jadi lebih mudah. Gunakan sampo mobil supaya tidak merusak cat. Lalu jika ingin lebih kinclong lagi, bisa aplikasi wax yang instan.

Pastikan kamu mematuhi aturan lalu lintas dan pastinya stay safe saat mudik menggunakan mobil. (Sbg/Rig)

Comments