berpisah
Ilustrasi (Pixabay)

Sabigaju.com – Setiap manusia tentunya berkeinginan untuk menjalin sebuah hubungan yang langgeng dengan pasangannya. Maka berbagai cara untuk menjaga hubungan dengan orang yang kita cintai kerap dilakukan agar kelanggengan yang didamba dapat terwujud.

Namun, tak semua orang dapat mempertahankan ataupun memberikan jaminan bahwa sebuah hubungan dapat berjalan mulus melintasi riak masalah saat menjalaninya. Kadang, berpisah bisa menjadi satu-satunya pilihan dalam hubungan.

1. Jangan Emosi

Kerap kali, emosi sesaat menjadi alasan yang diambil atas keputusan untuk berpisah dengan pasangan kita. Cobalah pertimbangkan dengan matang. Kamu bisa meminta saran dari sahabat atau teman pun keluarga tentang masalah yang kamu hadapi.

berpisah
Ilustrasi. (Pixabay)

Mungkin kamu sedang marah pada pasangan dan merasa emosi. Akan tetapi jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk langsung bepisah dengan orang yang kita cintai.

Sebab emosi biasanya menyebabkan kita salah dalam mengambil keputusan yang membuat penyesalan di kemudian hari. Jika kamu tengah emosi ada baiknya kamu mengalihkan perhatian dengan aktivitas lain yang bisa menyenangkan.

2. Sudahkah Kamu Memaafkannya?

Jika kamu ingin berpisah dengan kekasihmu lantaran dia melakukan kesalahan, maka mulailah untuk berpikir apakah kamu bisa memafkannya atau tidak.

berpisah
Ilustrasi. (Pixabay)

Satu hal yang harus kamu pahami, tak ada orang yang sempurna! Setiap orang pasti pernah melakukan kesahalan, Nah sekarang tergantung pada seberapa jauh kamu dapat memaafkannya serta menilai kembali, apakah pasanganmu akan berubah atau tidak pasca melakukan kesalahan tersebut.

Apabila kekasihmu menyadari akan kesalahannya dan meminta maaf padamu, maka maafkanlah dia dengan tulus. Menjadi seorang pemaaf tidak akan menjadikan diri kita lemah. Memaafkan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Perpisahan Bukan Jalan Pintas Menemukan Kebahagiaan

Adakalanya kita mengalami sebuah kondisi yang membuat perasaan kita tidak bahagia saat menjalin hubungan dengan pasangan. Nah, bila kamu berfikir bahwa menghakhiri sebuah hubungan yang sudah dibangun dapat mengembalikan perasaan bahagia. Maka hal itu tidaklah tepat.

berpisah
Ilustrasi. (Pexels)

Pasca menjalani perpisahan dengan pasangan malah banyak orang yang mengalami stress berat. Tak peduli orang biasa atau seleb papan atas sekalipun.

Lihatlah apa yang dialami Angelina Jolie, Emma Thompson, Halle Berry, atau Nicole Kidman yang mengalami ketidakbahagiaan pasca berpisah. Butuh proses yang tidak sebentar bagi mereka untuk memulihkan perasaan pasca memutuskan berpisah dengan pasangannya.

4. Kehidupan Setelah berpisah

Menurut hasil penelian yang dikembangkan oleh Dr David Pastrana, peneliti dari Michigan State University, Amerika Serikat diketahui seseorang yang bercerai mengalami penurunan yang lebih cepat dalam hal kesehatan dibanding dengan orang yang tetap menikah.

berpisah
Ilustrasi. (Pixabay)

Ditambahkan, saat seseorang yang memilih memutuskan berpisah dengan pasangannya maka ia akan melalui tahapan penyesuaian emosional yang sama seperti orang yang harus menerima kematian, yaitu emosi penolakan, kemarahan bahkan depresi.

“Perceraian bisa mempengaruhi kita secara emosional, mental dan fisik. Mengakui perasaan ini dan menyadari bahwa Anda harus melalui proses transisi tersebut adalah cara yang baik untuk memulai. Setelah Anda memahami, maka Anda bisa menemukan jalan untuk mengatasinya,” ujar Dr David Pastrana, seperti dikutip dari laman Dailymail beberapa waktu lalu. (Sbg/Rig)

Comments