Sabigaju.com – Padatnya jalan-jalan utama di Ibu kota tentunya adalah pemandangan sehari-hari yang seiring sepadan dengan keluhan warga. Namun hal tersebut tidak terjadi manakala libur lebaran tiba seperti saat ini.

Jalan- jalan yang biasanya harus dilalui dengan perjuangan kini dapat dengan mudah dan lancar anda lalui saat berkendara.

Nah mumpung kondisi tersebut masih berjalan, buat kamu yang doyan banget sama jalan-jalan nih Sabigaju pilihkan tempat tempat buat wisata di Jakarta yang dapat kamu singgahi sambil menghabiskan waktu liburan. Check this out Sob!

1. Wisata Alam di Taman Mangrove Angke Kapuk

Taman Wisata Mangrove Angke Kapuk (@viziodrone.photography Instagram twa_angkekapuk)

Jika Jakarta selalu identik dengan hutan beton dengan seluruh kegersangan di dalamnya, namun pandangan itu sirna jika Anda menyempatkan diri berlibur ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk atau yang biasa disebut juga dengan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk juga terletak di kawasan Jakarta Utara.

Di tempat ini kesejukan akan terasa. Jakarta yang lekang dengan panas itu seakan lebur menjadi area yang asri ramah dengan alam.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk berukuran sangat luas dengan udara sejuk dan asri karena rimbunnya pepohonan. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini, mulai dari naik kano, trekking hutan sampai berburu objek fotografi. Satu lagi yang menarik adalah Anda juga bisa menyumbang sejumlah dana untuk ditukar dengan bibit mangrove dan Anda sendiri yang menanamnya.

2. Wisata religi di Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal (Foto Angelina Instagram masjidistiqlal)

Jika Anda berwisata ke Monas, sudah pasti Anda mudah mengunjungi Masjid Istiqlal yang tak jauh dari Monas. Masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara ini memiliki total luas bangunan sekitar 2,5 hektar dan secara keseluruhan mampu menampung sekitar 200.000 orang jamaah.

Masjid ini merupakan salah satu proyek besar Bung Karno yang memakan waktu pembangunan kurang lebih 17 tahun karena situasi politik yang terjadi di masanya.

Masjid terdiri dari lima lantai yang disesuaikan dengan jumlah Rukun Islam. Tak hanya jumlah lantai, beberapa konstruksi lainnya juga dibuat sesuai dengan nilai dan sejarah Islam, seperti tiang penyanggah kubah yang berjumlah 12 sesuai dengan tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW. Banyaknya seni kaligrafi yang menghiasinya membuat Masjid Istiqlal terlihat semakin megah dan cantik.

3. Wisata Cuci mata di Kota Tua

Kota Tua (Instagram kotatuajakarta)

Kota Tua sebelumnya dikenal dengan nama Batavia Lama atau Oud Batavia. Tempat wisata di Jakarta ini sangat luas dan melingkupi wilayah Jakarta dari utara ke barat.

Keberadaan Pelabuhan Sunda Kelapa saat itu menjadi awal pemerintahan Hindia Belanda memutuskan kawasan ini dijadikan pusat pemerintahan pada masa itu.

4. Wisata Tradisi di Kampung Betawi Setu Babakan

Setu Babakan (Instagram ratnafitria68)

Kampung Betawi merupakan kawasan Setu Babakan dan sekitarnya yang dijadikan tempat wisata budaya untuk lebih mengenal etnis Betawi. Perkampungan ini terletak di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Anda bisa lebih mengenal etnis Betawi mulai dari rumah adat, pakaian tradisional sampai mencicipi kerak telor yang merupakan kuliner khasnya. Yang lebih menarik lagi, Anda bisa menyewa sepeda untuk berkeliling kampung atau memancing di Setu Babakan.

5. Wisata Edukasi di Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia (Instagram tyas_manis)

Museum Bank Indonesia terletak di Jalan Pintu Besar Utara 4, Kota, Jakarta Barat. Lokasi museum ini tak jauh dari kawasan Museum Fatahillah. Museum ini diresmikan pada 21 Juli 2009.

Apa menariknya Museum Bank Indonesia? Museum Bank Indonesia bisa dibilang sebagai salah satu museum termodern di Indonesia saat ini. Museum ini memamerkan banyak koleksi disertai alat peraga canggih dan berteknologi tinggi.

Salah satu yang menarik adalah Ruang Transisi. Di sini, terdapat hologram uang koin terbang interkatif yang menarik. Jika Anda menangkap satu koin, maka akan muncul informasi mengenai koin tersebut.

So, bagaimana kamu sudah tentukan pilihan tempat untuk wisata murah meriah di Jakarta? (Sbg/Ink)

Comments