Lepas Sepatu
(Foto: Facebook)

Sabigaju.com – Meski Sebagian besar masyarakat Indonesia punya kebiasaan lepas sepatu sebelum masuk ke dalam rumah.

Namun rupanya banyak orang yang disaat pandemi Corona saat ini memilih mengenakan sepatu saat berada di rumah.

Alasannya, mereka khawatir terpapar virus COVID-19. Benarkah upaya lepas sepatu di rumah bakal membuat kita aman dari virus?

BACA JUGA: Tip Menghadapi Pandemi Covid-19 di Rumah 

Jangan Pakai Sepatu di Dalam Rumah

Satu hal yang harus kamu tau, kuman bisa berada di mana saja, termasuk di sepatu kita. Jadi, jika kita ingin mengurangi penyebaran kuman di rumah, sebaiknya lepas sepatu di luar rumah. Memakai sepatu di rumah akan membawa kuman.

Menurut Leila Karimpoor, DO, ahli penyakit dalam dan hospitalis di Providence Saint John’s Health Center. Ada kemungkinan kita membawa kuman penyebab penyakit yang berasal dari sepatu dan pakaian kita.

Apalagi,jika sepatu kita bersentuhan dengan kuman, kita akan membawanya ke mana pun kita pergi, termasuk ke dalam rumah.

BACA JUGA: Corona Merebak, Kegiatan Libur Rumahan Pilihan Mengasyikan

Lebih dari Sekedar Menjaga Kebersihan

Sebuah studi yang diterbitkan di Microbiome menganalisis lingkungan mikroba pada sepatu manusia setelah berjalan di berbagai lokasi.

Para peneliti menyimpulkan, mikroba dari permukaan – seperti bakteri dan virus – berakhir pada sepatu dan terhapus pada permukaan lain di tempat kita berjalan. Sebagian besar mikroorganisme ini berkumpul di bagian luar sepatu.

Studi lain yang dipimpin oleh Dr. Kelly Reynold, ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona menemukan fakta mencengangkan. ternyata, bagian luar sepatu mengandung bakteri 140 kali lebih banyak dibandingkan bagian dalam.

Lantaran itulah untuk mengurangi penyebaran kuman di dalam rumah harus kita rutin menjaga ruangan di rumah tetap bersih. Salah satunya dengan cara lepas sepatu di luar rumah.

BACA JUGA: Nih Sepatu Ajaib buat Kamu yang Doyan Gonta-Ganti Sepatu

Jika kita harus menggunakan tangan untuk melepasnya, jangan lupa segera mencuci tangan.

“Secara umum, ruangan kita harus sebersih mungkin. Dengan cara yang sama, kita tidak berjalan di lumpur kemudian membawa jejak lumpur ke rumah, dan kita tidak ingin pergi ke tempat yang ramai di mana kita bisa membawa mikroorganisme ke rumah kita.” Papar Karimpoor.

Urusan lepas sepatu di luar rumah ini penting terlebih Jika kita memiliki anak kecil di rumah yang bermain di lantai atau seseorang di rumah mengalami gangguan kekebalan tubuh,  Kamu harus melepas sepatu kita di luar  rumah.

“Ini bukan tentang aturan meletakkan sepatu, tapi ruang hidup,” tutupnya.

So sebaiknya biarkan kakImu bergerak bebas dengan cara lepas sepatu or sandal saat di rumah. Biarkan juga telapak kaki menapak dinginnya lantai rumah.

Dengan bertelanjang kaki di rumah akan membantu menguatkan otot kaki. Sehingga kakimu pun jadi sehat dan kuat.(Sbg/Rig)

Comments