Sabigaju.com – Di masa pandemi ini, selain pilihan libur staycation di hotel banyak orang yang memilih berlibur ke  hutan untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan kepenatan

Wisata terapi hutan bahkan sudah mulai menjadi tren dunia. Sebab cara itu dianggap bisa memulihkan stres baik fisik maupun mental.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan jalan memasuki sebuah kawasan hutan lalu membiarkan hutan terhubung dengan semua indra kita.

Nah Sabigaju mau kasih sejumlah destinasi libur kekikinian santuy di hutan yang bisa kamu sambangi:

BACA JUGA: Dieng, Pesona Tanah Dewa yang Bikin Nggak Mau Pulang

Hutan Tangkahan

Destinasi wisata dengan suasana hutan ini berada di Kabupaten Langkat danmasuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara.

Tempat ini cocok sekali untuk kamu yang ingin menikmati suasana alam yang menyegarkan Selain menikmati alam kamu juga bisa bermain dengan gajah di habitat alaminya bahkan memandikannya dan menungganginya sambil menelusuri sungai yang airnya masih sangat jernih.

Bermain dengan gajah di Tangkahan
(Foto: Instagram.com/giovanni_tendean)

Di sini, kamu juga bisa berenang di danau dan air terjun, lho! Jadi, siapkan baju renang ya kalau mau berkunjung ke sini supaya bisa merasakan kejernihan dan kesejukan airnya!

Tangkahan bakal memuaskan rasa hausmu berlibur di Alam.

Djawatan Benculuk

Destinasi ini berada Di kawasan Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Saat memasuki hutan ini Hutan yang satu kamu bakal kesejukan alam di bawah rimbunan pohon trembesi tua nan raksasa.

Djawatan Benculuk
(Foto: Instagram.com/ekoyulist)

Tumbuhan paku-pakuan yang menjuntai dari cabang pohon menambah keunikan dan keindahan tempat ini.

Saat kamu Berdiri di bawah pepohonan kamu serasa berada di sebuah negeri dongeng dengan segala misterinya. Mirip seperti di Film Lord of The Ring deh gaes!

Nah buat kamu yang tidak ingin cape berjalan dan lebih memilih untuk menjelajahi dan menikmati keindahan tempat ini dengan dokar.

BACA JUGA: Dusun Butuh, Nepal Van Java yang Menakjubkan

Hutan Pinus Mangunan

Sejuk dan menenteramkan. Itulah kesan pertama yang akan kamu rasakan saat pertama kali menyusuri jalanan berbukit di Hutan Pinus Mangunan yang berada di Desa Mangunan di Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Pinus Mangunan
(Foto: Instagram.com/kokoendra)

Ribuan pohon pinus yang tegak menjulang menantang langit seolah menjadi penjaga yang siap melindungimu dari terpaan terik mentari.

Hembusan angin yang menelusup di celah-celah pohon akan turut menerbangkan rasa gundahmu. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan bila ingin bersantai melepas kepenatan di tempat ini.

Hutan Pinus Kragilan

Destinasi ini berada di di desa Pogalan, dusun Kragilan, kecamatan Pakis, Magelang Jawa Tengah.

Hutan Pinus Kragilan
(Foto: Instagram.com/tegarsatriyaa)

Meski tempatnya tersembunyi lantaran tertutup oleh lereng dan bukit yang sangat tinggi, tempat ini sangat menarik perhatian karena memiliki panorama alamnya yang berada di kawasan ini didukung juga oleh udara yang sangat sejuk, segar, dan bebas polusi.

Ada berbagai fasilitas yang bisa kamu gunakan untuk bersantai sambil menimkati keindahan pemandangan dan kesegaran suasana seperti ayunan, rumah panggung, warung sederhana yang menyediakan berbagai makanan dan minuman.

BACA JUGA: Gaya Baru Menikmati Ibukota Ala Crazy Rich Jakartans

Hutan Gunung Pancar

Buat kamu yang tinggal di Jakarta dan ingin merasakan suasana Hutan nan asri kkamu bisa mendatangi lokasi nan indah di Kawasan Sentul tepatnya di Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

gunung pancar
(Foto: Instagram.com/rommy.romeo1)

 

Di sini kamu bisa menghirup udara yang masih sangat segar tanpa polusi dan mendengarkan alam bernyanyi dengan iringan burung-burung serta hembusan angin. Membuka hati terasa sangat damai, tenang dan sejahtera. Semua beban hidup itu seakan hilang dengan sendirinya.

Saat kaki sudah lelah hiking, bersepeda, atau outbound, kamu bisa langsung menyegarkan diri di pemandian air panas gunung pancar atau yang lebih umum dikenal pemandian air hangat Giritirta.

Menariknya, di pemandian air panas gunung pancar, kamu bisa memilih mau berendam di kolam umum atau pribadi,

So kapan kamu jalanin healing forest sob.? Ingat yah  santuy di hutan kini pilihan kekinian! (Sbg/Rig)

Comments