Sejumlah penyelam tengah mempersiapkan peralatan guna menyelamatkan sejumlah bocah Thailand yang terjebak dalam Gua (Foto: Instagram mikkokohtaodivers)
Sejumlah penyelam tengah mempersiapkan peralatan guna menyelamatkan sejumlah bocah Thailand yang terjebak dalam Gua (Foto: Instagram mikkokohtaodivers)

Sabigaju.com – Salut begitulah kata yang pas disematkan atas kerja keras tanpa lelah para anggota regu penyelamat yang pada hari Senin (09/07) berhasil membawa keluar empat orang bocah Thailand yang terjebak dalam gua  Tham Luang Nang Non.

Para bocah Thailand itu terperangkap bersama pelatih sepak bola mereka dalam dua pekan terakhir. Sebelumnya pada hari Minggu, tim SAR berhasil membawa keluar empat anak, sehingga jumlah keseluruhan yang diangkat adalah delapan anak.

Adapun jumlah bocah yang terperangkap di gua sejak Juni lalu adalah 12 orang. Kini tersisa lima orang bocah lagi yang masih terjebak dalam gua, dan menunggu untuk diselamatkan. mereka  terdiri 4 orang bocah dan 1 orang   pelatih.

Kendala Cuaca

Cuaca masih menjadi kendala utama dan dengan hujan yang tak kunjung reda, air hujan yang membanjiri lorong gua membuat misi penyelamatan menjadi sangat sulit dan berisiko.

Kelima orang bocah Thailand  yang tersisa akan dievakuasi pada Selasa (10/7), namun untuk waktu dimulainya operasi penyelamatan hari ketiga belum ditentukan.

Petugas dan pihak berwajib terus berupaya memberikan anak-anak dan pelatih makanan cair untuk menjaga kondisi tubuh mereka tetap baik selama proses penyelamatan berlangsung.

Komplek Gua Tham Luang tempat para remaja itu terperangkap sejak 23 Juni lalu ibarat sistem labirin dengan celah beragam ukuran. Ketinggian beberapa celah melebihi 10 meter, sedangkan celah lainnya begitu sempit dan direndam air.

Hal ini menimbulkan potensi bahaya bagi regu penyelamat. Kematian seorang mantan penyelam Angkatan Laut Thailand, yang memasok suplai tabung udara kepada para bocah Thailand, menjadi bukti bahaya tersebut.

Para Bocah Thailand Diundang Nonton Final Piala Dunia

Presiden Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional ( FIFA) dengan resmi mengundang 13 orang tim sepak bola amatir Thailand yang terjebak di dalam goa Tham Luang untuk menyaksikan  secara langsung final Piala Dunia 2018, yang berlangsung pada  pada Minggu (15/7), di Stadion Luzhniki.

Hal ini dilakukan FIFA sebagai bentuk dukungan sepak bola dunia terhadap tragedi ini. Gianni Infantino berharap semua anak-anak beserta pelatihnya bisa segera dievakuasi dalam keadaan selamat.

Hal itu diutarakan Gianni Infantino dalam surat yang ditujukan kepada Presiden Federasi Sepak Bola Thailand

“Kita berharap mereka bisa berkumpul bersama keluarga mereka secepatnya dalam keadaan sehat,” tulis Gianni Infantino dalam surat tersebut.

“FIFA dengan senang hati mengundang mereka menyaksikan pertandingan final Piala Dunia 2018 sebagai tamu kehormatan,” tambah Gianni.

“Dengan rendah hati saya berharap mereka bisa bergabung bersama kami di laga final nanti, yang tidak diragukan lagi akan menjadi momen indah sebuah perayaan dan persatuan,” tutup Gianni Infantino dalam surat itu. (Sbg/Rig)

Comments