Pelarian
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Masih banyak pria yakin bahwa bercinta merupakan jalan yang tepat sebagai sebuah pelarian dari masalah-masalah hidup.

Beberapa orang bahkan menjadikan hal itu sebagai ajang balas dendam, sementara yang lain menggunakan kepuasan fisik untuk mengatasi gejolak emosi.

Saat muncul tekanan emosional dalam diri, bisa menjadikan seks sebagai pelarian Namun demikian hal itu bisa membuat seseorang sulit mendapatkan perasaan emosi seksual

Dalam pandangannya, Dr D Ashley Hill, dari Departemen Obstetri dan Ginekologi, Florida Hospital Family Practice Residency, Orlando, mengatakan, respons pria dan wanita terhadap stres berbeda, begitupun dalam kaitannya dengan hubungan seksual.

Wanita umumnya tidak mood berhubungan seks dalam kondisi stres. Sedangkan pria menggunakan seks sebagai cara mengurangi stres. Meskipun demikian, stres berat tetap membuat gairah seks menghilang.

Kondisi ini disebut kelainan hasrat seks hypoaktif. Gejalanya, Anda dan pasangan tidak mendapatkan fantasi dan hasrat seks. Jika sudah begini, konseling dan psikoterapi harus menjadi solusinya. *

Nah, ada sejumlah alasan mengapa kamu tidak boleh menggunakan hubungan seks sebagai pelarian.

BACA JUGA: Sederet Gaya Bercinta yang Bikin Pria Nggak Nyaman

1. Melupakan Mantan Kekasih

Beberapa orang mencari pelarian dari mantan kekasih dengan melakukan hubungan seks dengan orang lain.

Namun, itu hanyalah kepuasan sesaat. Patut dipertanyakan juga bagaimana emosi yang terlibat dalam hubungan pelarian itu.

Jelas saja, seks bukanlah solusi bagi gejolak emosi pasca kamu putus cinta.

2. Saat Marah

“Saya menemukan orang-orang yang berkelahi dan melakukan hubungan seks saat mereka masih marah,” ujar konselor seks asal India, Ritu Mohla.

“Kamu mungkin akhirnya menyakiti pasangan secara fisik atau emosional ketika melakukan hubungan seks dalam keadaan marah karena mungkin tidak disadari apa yang dilakukan atau dikatakan ketika amarah sedang berkobar,” tambah Mohla.

3. Di bawah Tekanan Kelompok

Beberapa budaya menganggap bahwa keperawanan bukanlah sesuatu yang harus dijaga dan memberikan stigma buruk pada hal itu.

Namun, keterpaksaan dalam berhubungan seks semacam ini hanya menimbulkan penyesalan akan keputusan itu.

BACA JUGA: Aman Nggak Sih Memakai Kondom Multi Rasa Saat Bercinta? 

4. Membuat Seseorang Bahagia

Beberapa orang mengatakan mereka berhubungan seks hanya untuk membuat suami atau istrinya bahagia.

Jangan menggunakan seks sebagai pelarian ataupun alasan untuk menyembuhkan suatu hubungan yang rusak. Fokuslah pada cara untuk memperbaiki masalah yang harus diselesaikan bersama-sama.

5. Mendapatkan Keuntungan 

Saat ini, banyak orang yang “menjual” tubuhnya demi bisa menaiki tangga jabatan yang lebih tinggi.

Jika kamu menggunakan seks sebagai  pelarian atau alat untuk mendapatkan keuntungan, ini hanya menghilangkan rasa hormat dari rekan kerja dan membahayakan karir di masa depan.

BACA JUGA: Berani Coba Gaya Bercinta Ala Superhero Berikut Ini?

6. Pencitraan

Banyak orang membangun citra diri mereka agar menarik secara seksual. Mereka melakukannya untuk popularitas di kalangan teman-teman dan menarik lawan jenis.

Pendekatan semacam itu hanya menyebabkan frustrasi dan rasa bersalah di masa depan.

7. Tanpa Emosi

Hubungan seks sebagai pelarian alias  tanpa keterikatan secara status dan emosional tidak akan bisa menjadi pengalaman yang memuaskan.

Ingatlah bahwa seks bukan hanya soal kesenangan fisik, namun juga pengalaman yang memperkaya tubuh, pikiran, dan jiwa. Jangan jadikan seks sebagai pelarian yah gaes!(Sbg/Rig)

Comments