Aryoputro Nugroho Saat berbincang dengan Psikolog Adi Chandra dari Life Spring Counselling membahas seputar Schizophrenia. (Foto : Sabigaju.com)
Aryoputro Nugroho Saat berbincang dengan Psikolog Adi Chandra dari Life Spring Counselling membahas seputar Schizophrenia. (Foto: Sabigaju.com)

Sabigaju.com – Belum lama ini #sabitalk kedatangan narasumber seorang psikolog Adi Chandra yang sudah cukup lama praktek dan pengalaman di rumah sakit jiwa Dr.Soeharto Heerdjan Grogol, Jakarta Barat.

Adapun tema pembahasan #sabitalk Aryoputro bersama Adi Chandra adalah seputar Schizophrenia.

Menurut Adi Chandra, secara umum schizophrenia adalah “orang gila” atau dikenal dengan istilah ODMK (Orang Dengan Masalah Kejiwaan).

Alasan dari mengapa seseorang menjadi schizophrenia menurut narasumber berasal dari beberapa
aspek kategori biologis-psikologis-sosial (Biopsikososial).

Sempat tercetus adanya pertanyaan tentang apa bedanya Schizophrenia dengan Depresi. Menurut Adi Chandra hal tersebut bisa ditentukan dari bagaimana si penderita yang sudah di diagnosa apakah mengalami halusinasi atau delusi sesuai dari laporan tersebut.

Kalau delusi adalah Paham yang secara konstruksi pikiran atau kognitif ada yang salah sedangkan halusinasi adalah sesuatu yang menyangkut kondisi Audio-Visual seperti contoh jika ada seseorang yang melihat makhluk halus di sekitar dia ujarnya.

Deteksi Gejala Schizophrenia

Secara umum penyakit schizophrenia bisa dideteksi melalui beberapa serangkaian tes seperti tes grafis dantes MSE (Mental Status Examination). Rangkaian tes tersebut biasanya memakan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk bisa menentukan suatu diagnosis apakah seseorang adalah normal atau sedang menderita ODMK.

Menurut Adi Chandra, rata-rata kesembuhan dari schizophrenia paling lama adalah 2 tahun dengan tidak lepas dari pemberian obat.

Seseorang bisa menderita schizophrenia dikarenakan ada terjadinya perubahan susunan struktur otak yang terjadi pada si penderita ujar Adi Chandra.

Peran Keluarga dan Masyarakat Terhadap penderita Schizophrenia

Mengenai solusi yang harus dikedepankan untuk para penderita schizophrenia pada prinsipnya adalah kesembuhan tidak akan lepas dari sikap atau perlakuan dari keluarga ataupun teman.

Psikolog Adi Chandra dari Life Spring Counselling menerangkan peran keluarga dan teman dalam membantu pemulihan terhadap pengidap Schizophrenia. (Foto : Sabigaju.com)

Adi Chandra memberikan pandangan terkait dukungan keluarga sekiranya tidak boleh dilakukan dengan tidak menghakimi (no judgmental) dan tidak melakukan stigma negatif terhadap si penderita.

Selain dari sisi keluarga, Adi Chandra juga menambahkan jika penderita schizophrenia ini bisa bergabung dengan komunitas seperti Komunitas Peduli Schizophrenia Indonesia (KPSI) atau membantu menghubungi rumah sakit terdekat untuk penyembuhan terbaik untuk si penderita.

Tokoh Dunia Pengidap Schizophrenia

Dalam kesempatan itu Adi Chandra juga menambahkan bahwa sejumlah seniman besar dunia ternyata ada yang mengidap schizophrenia seperti Yayoi Kusama, Vincent Van Gogh dan Jackson Pollock.

Yayoi Kusama dengan karya-karya dalam bentuk titik-titik ternyata latar belakang dirinya pernah mengalami siksaan sejak dari kecil oleh orang tuanya yang mengakibatkan mempunyai tekanan psikis dan mental yang besar.

Mengapa dia bisa menjadi seseorang yang berkarya dan bisa menjalankan fungsinya dengan baik saat ini, hal tersebut tidak lepas dari perlakuan (treatment) dan penyesuaian (adjust) yang terjadi secara bertahun-tahun ujar Adi Chandra.

Sementara  Vincent Van Gogh, seorang penderita schizophrenia berat yang kerap mendengar suara-suara dalam kepalanya hingga melakukan tindakan ekstrim dengan memotong salah satu kuping, dia ternyata punya suatu mahakarya berjudul “a starry night”.

Akan halnya Jackson Pollock, seorang pelukis alkoholik aliran ekspresionis abstrak yang mendapatkan inspirasi karyanya dengan cara melempar cipratan cat yang menggambarkan ekspresi perasaan depresinya ke atas kanvas, tutup Adi Chandra.

Bila kamu ingin tahu lebih dalam ulasan tentang schizophrenia yang dibahas oleh Aryoputro bersama Adi Chandra, simak video di bawah ini yah! (Sbg/Ary/Rig)

https://www.youtube.com/watch?v=Emue5YDWmMc&amp=&feature=push-lsb&amp=&attr_tag=kEqcVIGjw7FNPCc2-6

Comments