Dialog Sabistriming belum lama ini menghadirkan narasumber Bondi Efendi, Sumika Mishima dan Berto Ancila Utama, yang membahas seluk beluk dunia animasi. (Foto: Sabigaju.com)

Sabigaju.com – Belum lama ini studio sabigaju kedatangan lagi tamu-tamu para dedek-dedek kreatif senirupa dari Erudio School of Art (ESOA). yang membahas tentang Belajar Animasi.

Talkshow ini dipandu oleh para dedek-dedek kreatif seni rupa bernama Bondi Efendi, Sumika Mishima dan Berto Ancila Utama.

Kayak apa sih belajar animasi ala mereka? Pasti nya Asyik dan keren Sob!

Animasi dan Seluk Beluknya

Animasi adalah suatu desain grafis berupa kartun yang dibuat dalam format komputer. Selama ini kita sering disuguhkan sajian animasi film di layar televisi seperti animasi yang dibuat oleh rumah produksi papan atas seperti Disney, Pixar, Dreamworks yang mayoritas berasal dari luar negeri.

Tapi apakah kamu sudah mengetahui jika ternyata Indonesia mempunyai dapur produksi untuk belajar animasi lokal sendiri loh sobat!

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk belajar animasi , menurut Kak Berto awal mulanya para animator wajib terlebih dahulu untuk membuat sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah dan storyboard baik untuk jenis animasi 2D atau 3D agar hasilnya bisa sesuai harapan.

Animasi Lokal

Seluk beluk dunia animasi di Tanah Air juga dibahas dalam dialog Sabistriming belum lama ini. (Foto: Sabigaju.com)

Ketika melihat kondisi animasi dalam negeri, Indonesia ternyata juga pernah membuat serial animasi tidak kalah keren bernama ‘Dufan the Defender’ yang dulu pernah ditayangkan di sebuah stasiun tv swasta tanah air.

Film animasi ‘Dufan The Defender’ ini dibuat dalam rangka untuk ajang promosi wahana Dunia Fantasi yang terletak di ancol Jakarta.

Selain itu, ternyata produk animasi lokal kita pernah membuat suatu karya animasi bernama ‘The Adventures of Wanara Garuda Riders’ yang diangkat dari novel fiksi berjudul the ‘Adventures of Wanara Trilogy’ yang ditulis oleh Adhicipta Raharja Wirawan.

Cerita serial animasi ‘Garuda Riders’ ini mengisahkan masa 1.000 tahun setelah peristiwa Ramayana.

Ada lagi animasi superhero dalam negeri bernama ‘Hebring’ buatan Main Studio, Bandung. Kehadiran superhero Hebring pertama kali muncul di Geekfest tahun 2012 dan juga menjadi salah satu jagoan pada acara animasi lokal bernama Hellofest.

Selain itu ada lagi film animasi lokal buatan MD animation bernama ‘Tendangan Halilintar’ yang menceritakan tentang olahraga sepakbola.

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui lebih dalam bincang-bincang soal ‘Belajar Animasi’, kamu bisa menyaksikannya lewat video di bawah ini. Selamat menyaksikan. (Sbg/Ary)

Comments