Sabigaju.com – Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki sejuta keindahan bahari, wilayah Indonesia sering disebut dari Sabang sampai Merauke, tapi gaes kalian pernah gak sih liburan ke Sabang?

Sabang adalah sebuah kota yang masuk ke dalam wilayah provinsi Aceh. Kota sabang merupakan kepulauan di seberang utara pulau Sumatera, kota ini sering disebut sebagai titik paling Utara Indonesia.

Karena bentuknya kepulauan, tentu saja Sabang menawarkan kekayaan vitamin sea yang pastinya bakal bikin kalian terpesona dengan keindahan alamnya, mulai dari pantai, bawah laut, hingga beberapa spot peninggalan sejarah yang masih tersimpan di Sabang.

oh ya gaes, Sabang ini terdiri dari beberapa pulau kecil diantaranya Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Rubiah, Pulau Seulako, dan Pulau Weh.

Dari sekian banyak Pulau di Sabang semuanya memiliki pesona keindahan alam yang keren abis, gak usah nunggu lama ini dia 5 destinasi wisata vitamin sea di Sabang buat kamu.

BACA JUGA: Main Air di Pulau Moyo Bikin Segar Jiwa dan Raga 

1. Pantai Iboih

Pantai Iboih terletak di ujung Utara pulau Weh, tempat ini menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Sabang nih gaes.

Pantai Iboih di Sabang Aceh
(Foto: Instagram.com/sukajalan)

Soalnya Pantai Iboih memiliki fasilitas Snorkeling yang paling lengkap di Sabang, dan gak ketinggalan wisata bawah laut di Pantai Iboih ini kece abis gaes.

(Foto: Instagram.com/rio_purba_)

Nggak usah menyelam, cukup snorkeling aja kamu bisa langsung melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan cantik di Pantai Iboih yang pastinya bakal bikin liburan kamu makin seru.

Selain snorkeling kamu juga bisa menyewa perahu mesin untuk sekedar berkeliling melihat keindahan Pantai Iboih.

(Foto: Instagram.com/pegi_pegi)

Selain itu kamu juga bisa memilih untuk menginap di Pantai Iboih jika berlibur ke Sabang, sebab Pantai Iboih menyediakan berbagai jenis penginapan mulai dari barak, homestay, hingga cottage dengan harga yang bervariasi.

2. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah berada di sebelah barat laut Pulau Weh, dinamakan Pulau Rubiah karena di Pulau ini terdapat sebuah makam milik seseorang bernama Cut Nyak Rubiah.

(Foto: Instagram.com/wisatasabang)

Pulau Rubiah merupakan pulau yang tak berpenghuni, hanya saja kamu bakal menemui beberapa penduduk dari pulau Weh yang menjajalkan dagangannya atau beberapa nelayan yang sedang singgah.

(Foto: Instagram.com/mujibburrahman5)

Tidak jauh berbeda dengan Pantai Iboih, di Pulau Rubiah juga menawarkan wisata snorkeling hanya saja di Pulau Rubiah kamu bisa melakukan diving dan bermain dengan aneka biota laut cantik dengan area yang lebih luas.

(Foto: Instagram.com/pulaurubiah)

Biota laut yang ada di pulau Rubiah sangat beraneka ragam dengan terumbu karang indah berwarna warni bakal membuat diving kamu makin seru nih gaes.

BACA JUGA: Kamu Sudah Coba Kolam Renang Alam Bebas di Indonesia? 

3. Pantai Ujung Kareung

Jika kamu sudah puas bermain-main dengan biota laut di Pulau Rubiah atau di Pantai Iboih, saatnya berjemur dan menikmati keindahan susunan batu karang besar di Pantai Ujung Kareung.

Pantai Ujung Kareung Adalah salah satu Pantai Indah di Sabang, Aceh
(Foto: Instagram.com/saragitua20)

Pantai Ujung Kareung terletak di Kecamatan Sukajaya, Sabang, kamu gak akan menemukan pasir yang biasa ada di pantai pada umumnya, di sini hanya ada bebatuan karang berwarna putih gading.

Yang cukup asyik kamu lakukan di pantai ini adalah memancing dan menikmati kehangatan sinar matahari dengan hembusan angin yang membelai kulitmu.

4. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga terletak di Pulau Weh bagian timur, pantai ini cocok banget buat kamu santuy nih gaes.

Foto: Instagram.com/wisatasabang)

Pantai ini cocok banget buat kamu rileks. Disini kamu bisa menikmati  hamparan Pasir putih halus , deburan ombak, angin sepoi-sepoi dan pemandangan air laut yang jernih.

Dan nggak ketinggalan deretan cantik pohon-pohon kelapa yang dahannya bergoyang pelan tertiup angin.

Datanglah ke Pantai Sumur Tiga di sore hari saat matahari sudah mulai menguning dan kamu bis amenikmati keindahan sunset yang super kece banger gaes.

(Foto: Instagram.com/kalonstory)

Selain keindahan pantainya, Sumur Tiga juga memiliki spot wisata sejarah nih gaes. Kamu bisa menemukan beberapa benteng peninggalan Jepang hanya saja kondisinya kurang terawat dan dibiarkan lapuk begitu saja.

BACA JUGA: Pilihan Wisata Air Terjun Ajib yang jadi Favorit di Masa Pandemi 

5. Pantai Anoi Itam

Jika pantai-pantai di Pulau Sabang memiliki pasir yang putih bersih, lain halnya dengan pantai Anoi Itam.

Pantai Anoi Iyam di Sabang, Aceh
(Foto: Instagram.com/neya_0079)

Seperti namanya Anoi yang berarti Pantai dan Itam yang berarti hitam, pantai ini memiliki pasir berwarna hitam cukup pekat.

Menurut penduduk setempat, warna pasir di pantai ini menjadi hitam karena aktivitas gunung api di pulau Weh di masa lampau. Wah cukup menarik ya gaes.

(Foto: Instagram.com/alfinafina80)

Nah semoga info sederet pantai kece di Pulau Sabang, Aceh. bisa bermanfaat.  Dan bisa jadi referensi buat kamu menikmati asupan vitamin sea.(Sbg/Rig)

Comments