Merasa Bersalah
(Sumber Foto: luvze.com)

Sabigaju.com – Gaes, Kamu pernah gak punya pengalaman sampai merasa bersalah lantaran disalahkah atas banyak hal oleh pasangan Bahkan ketika pasanganmu yang membuat kesalahan pun pada akhirnya malah kamu yang minta maaf.

Pasti pernah yah gaes Dan sepertinya sudah menjadi hal lumrah ketika cewek dianggap selalu benar dan cowok adalah pihak yang selalu disalahkan.

Ternyata ada beberapa alasan yang cukup masuk akal tentang hal ini. Nah Sabigaju mau kasih info mengapa hal itu sering terjadi.

BACA JUGA: Apakah Pacarmu Diam-diam Psikopat? Yuk Kita Kenali Ciri-Cirinya! 

Alasan Menghormati Wanita

Sejak kecil umumnya cowok diajar dan dididik untuk menghormati perempuan. Dan umumnya, ibu yang mengajari hal tersebut dengan harapan ketika dewasa si anak mampu menghargai wanita seperti yang dilakukan kepada sang ibu.

Didikan tersebut akan terlihat ketika pria mulai dewasa. Ia biasanya enggan menyakiti wanita karena selalu teringat dengan ibu. Pun jika tak sengaja menyakiti ia akan minta maaf terlebih dulu.

Bahkan banyak pria yang akan merasa bersalah dan berbalik minta maaf karena hal itu, meski yang salah adalah pasangan wanitanya.

BACA JUGA: Gaes, Jangan Sampai Jatuh Cinta Bikin Dompet Jebol 

Wanita adalah makhluk Lemah

Anggapan wanita makhluk lemah ini sudah ada dan dipercaya sejak zaman dulu. Oleh karena itu pria selalu diberi tugas untuk melindungi dan menjaga dengan segenap jiwa raga. Pantang bagi mereka untuk menyakiti dan menorehkan luka. Jadi lebih baik mengalah saja.

Malas Berdebat

Umumnya pria adalah tipe manusia yang paling malas berdebat apalagi memulai konflik dengan wanita.

Banyak pria yang cenderung memilih mengalah jika si wanita mulai menyebalkan. Lebih baik mengaku salah dan minta maaf daripada harus menghabiskan waktu dengan perdebatan yang tak ada ujungnya.

BACA JUGA: Empat Pikiran Negatif yang Harus Disingkirkan Agar Hidup Lebih Bahagia

Wanita sangat mudah memanipulasi keadaan

Ketika melakukan suatu kesalahan, umumnya wanita melakukan berbagai macam cara agar bisa dimaklumi.

Bahkan mereka tak segan untuk memanipulasi keadaan agar pria tidak marah. Apalagi jika si wanita sadar kalau prianya sungguh-sungguh mencintai sepenuh hati.

Cara Manipulasi tersebut bisa dengan menggunakan senjata ampuh berupa cara menangis dan biasanya pria langsung lemah dan rentan merasa bersalah ketika melihat pasangan wanitanya menangis bercucuran air mata.

BACA JUGA: Bukan Sekedar Tradisi, Memaafkan Orang Itu Menguntungkan Hidup

Haruskah Kita Merasa Bersalah?

Sebenarnya ada hal positif ketika kamu merasa bersalah. Dalam Penelitian berjudul “Who is Trustworthy? Predicting Trustworthy Intentions and Behavior” yang  diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology disebutkan bahwa seseorang yang rentan merasa bersalah dideskripsikan para peneliti merupakan orang yang paling memungkinkan untuk dapat dipercaya dan memiliki niat terbaik.

Studi-studi sebelumnya menganggap orang-orang yang memiliki sifat rawan-bersalah sebagai karyawan ideal dan bahkan para pemimpin hebat. Hal ini karena penolakan kuat mereka terhadap perilaku yang tidak etis.

Namun, kamu tidak boleh merasa bersalah yang terlalu berlebihan. Karena dapat merugikan pada tingkatan individu serta berpotensi buruk pada hubungan antar sesama dan kesehatan mental. (Sbg/Rig)

Comments