Sabigaju.com – Kepergian KH Hasyim Muzadi yang wafat pada, Kamis (16/3) pagi sekitar pukul 06.15 rupanya menyisakan kenangan bagi Presiden Joko Widodo. Hal itu telihat dari akun Facebook Presiden Joko Widodo, Kamis (15/3/) yang mengunggah satu foto kedekatannya dengan KH Hasyim Muzadi. Dalam foto itu keduanya memakai baju warna senada, kemeja putih dengan celana kain hitam.

Dalam foto yang diunggah Presiden Joko Widodo nampak ia bersama dengan KH Hasyim Muzadi yang mengenakan peci berwarna hitam nampak sedang duduk di salah satu kursi panjang berwarna merah. KH Hasyim Muzadi tampak memegang botol minyak kayu putih. Sedangkan Jokowi tampak baru saja mengoleskan minyak kayu putih itu ke kaki KH Hasyim. Sementara KH Hasyim Muzadi mengangkat bagian celananya yang dipegang Presiden Joko Widodo.

Foto yang diambil tahun 2014 lalu disebut Presiden Joko Widodo sebagai dokumentasi pribadi. Dalam statusnya Jokowi juga mengungkap duka citanya atas kepergian pemimpin Ponpes Al Hikam itu. Dia mengatakan bangsa Indonesia kehilangan salah satu ulama penjaga ke-bhinekaan.

“Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah, Kiai Haji Ahmad Hasyim Muzadi di kediamannya di Malang, pagi tadi. Bangsa ini kehilangan salah satu ulama, guru, penjaga terdepan kebhinekaan,” tulis Presiden Joko Widodo pada akun Facebooknya

Sehari sebelumnya pada Rabu (15/3) Presiden Joko Widodo sempat menjenguk Hasyim sekitar 15 menit. Presiden Joko Widodo hanya mengajak rakyat Indonesia berdoa untuk kesembuhan anggota Dewan Pertimbangan Presiden tersebut. (Sbg/rig)

Comments