Pilek
Biasanya b di saat musim hujan banyak orang yang terserang pilek hingga flu. Nah disaat demikian kita masih bisa gag mengikuti kegiatan kebugaran di gym atau absen dulu? (Foto: Mens Journal)

Sabigaju.com – Musim hujan baru saja datang. Artinya, berbagai penyakit juga mulai bermunculan. Dari mulai pilek hingga diare. Apa kamu mengalaminya juga?

Sayangnya, kamu juga punya program hidup sehat dengan berolahraga. Kamu punya rutinitas nge-gym atau sekadar jogging di pagi hari agar badan tetap fit. Kemudian kamu merasa tenggorokan mulai gatal, kepala pusing, serta bersin-bersin. Bisakah rutinitas tersebut kamu dilanjutkan?

Coba disimak ulasan yang dikutip dari Men’s Health ini ya, Sob.

BACA JUGA:

Analisa Penyakit

Ada beberapa penyakit yang mengharuskan kamu berhenti berolahraga untuk sementara waktu hingga sehat. Yang kamu perlu lakukan pertama adalah analisa penyakit kamu.

Jika kamu merasa sakit tenggorokan, bersin-bersin, atau pilek biasa maka gejala ini ada “di atas leher”.

Jika kamu merasa sesak napas, batuk parah, diare, mual, muntah, dan demam tinggi, maka gejala ini termasuk kategori “di bawah leher”.

Gejala Pilek di atas leher

Kalau gejala pilek menyerangmu dan level energimu masih memungkinkan, maka kamu masih bisa melanjutkan rutinitas nge-gym kamu. TAPI, kamu harus menurunkan sedikit intensitasnya. Sediakan banyak waktu untuk jeda dan beristirahat daripada harus memaksakan diri berolahraga seperti biasa.

Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan alat olahraga kamu. Kamu juga wajib mencuci tangan dengan bersih sebelum memegang alat gym karena akan berdampak pada pemakai setelahnya. Perhatikan aturan batuk dan bersin dan baik agar tak menular pada yang lain.

Jika di bawah leher

Jika gejala pilek ini ni menyerangmu, maka kamu wajib menghentikan kegiatan berolahraga hingga tubuh benar-benar sehat. Sebab, gejala pilek ini mengindikasikan kamu mengalami infeksi yang cukup serius.

Tak hanya perlu menghentikan rutinitas berolahraga, kamu juga harus beristirahat, mengonsumsi obat yang sesuai, hingga asupan yang sehat. Jangan sampai keinginan kamu untuk sehat dengan berolahraga, malah membuat kamu bertambah sakit cukup parah.

Demikian yang bisa kamu lakukan ketika hendak berolahraga di saat tubuh kurang sehat ya Sob. Jangan sampai program sehat kamu rusak hanya karena kamu memaksakan diri. (Sbg/Dinda)

Comments