bersihkan gadget bisa cegah penyebaran virus corona
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Merebaknya penyebaran Virus Corona membuat kita tidak hanya harus memastikan tangan bersih terbebas dari virus maupun bakteri, namun juga harus waspada untuk memastikan benda-benda di sekitar kamu juga bersih.

Salah satunya Hal yang harus kita jaga kebersihannya adalah smartphone ataupun gadget yang paling dekat dengan keseharian kita.

Pengguna smartphone didesak untuk membersihkan layarnya dengan tisu alkohol setidaknya dua kali dalam sehari untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona covid-19.

BACA JUGA: Corona Merebak, Waspada Menggunakan Transportasi Umum

Corona Bisa menempel pada Objek Benda

Nah, menurut Badan Kesehatan Amerika Serikat (Centers for Disease Control and Prevention/ CDC) virus corona bisa bertahan 5 menit hingga 9 hari ketika menempel di benda mati.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap virus corona SARS dan MERS. Virus bisa bertahan selama itu jika benda-benda tersebut tidak di disinfektan.

Sehingga sangat mungkin penyebaran Virus Corona terjadi ketika seseorang menyentuh permukaan yang sudah terkontaminasi, lalu menyentuh mulut, hidung, atau mungkin mata mereka.

Hal ini diungkap para ahli dari AS terkait dengan kekhawatiran yang muncul di China terkait berapa lama Virus Corona Covid-19 bisa bertahan hidup ketika menempel di benda mati.

BACA JUGA: Cara Aman Nonton Konser Musik Saat Corona Merebak

Anjuran Membersihkan Smartphone

Profesor William Keevil, dari University of Southampton menjelaskan kemungkinan tertular virus corona baru dari handphone bisa saja terjadi. Hal itu dikarenakan tetesan yang keluar saat bersin dan batuk dari orang yang terinfeksi bisa menempel pada benda termasuk handphone.

“Kamu bisa mencuci tangan, tetapi jika Anda mulai menyentuh layar ponsel Anda dan kemudian menyentuh wajahmu, itu berpotensi terinfeksi,” jelasnya,

Senada dengan Prof William, ahli mikrobiologi Profesor Mark Fielder di Kingston University, menjelaskan membersihkan ponsel secara rutin merupakan hal yang penting dilakukan.

“Saya menyarankan untuk membersihkan ponsel  dengan larutan alkohol, dan mungkin tidak meminjamkan dulu handphonemu kepada orang lain,” jelas Mark.

ya. Penggunaan larutan alkohol maupun tisu disinfektan bisa dipakai untuk membersihkan smartphonemu.

BACA JUGA: Virus Corona Bikin Urusan Ciuman Jadi Pelik

Cara Membersihkan Ponsel untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

Menurut penelitian para ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology, membersihkan ponsel dengan perangkat UV smartphone sanitizer adalah cara paling efektif membunuh kuman.

Selain itu, menggunakan larutan alkohol juga efektif membersihkan ponsel, ujar penelitian tersebut,

Atau kamu juga bisa mencoba Saran lain dari ahli microbiologi Charles Gerba mengatakan pembersih ponsel dengan alkohol bisa dibuat di rumah dengan menggunakan air (60%) dan rubbing alcohol (40%). Lalu menyeka ponsel dengan kain mikrofiber, kapas atau kapas.

Namun untuk menggunakan larutan ini kamu jangan menyemprotkan  cairan secara langsung ke layar ponsel. Soal, bisa menghilangkan lapisan anti air dan minyak di smartphone.

So Gaes, pastikan smartphone  kalian tetap bersih guna mengantisipasi penyebaran virus corona. (Sbg/Rig)

Comments