Sebuah penelitian menyebutkan bahwa aktivitas bercinta yang dilakukan secara rutin dapat membawa manfaat awet muda buat manusia (Foto: Pixabay)
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa aktivitas bercinta yang dilakukan secara rutin dapat membawa manfaat awet muda buat manusia (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Begitu banyak manusia di dunia ini yang menginginkan kondisi tubuh awet muda. Berbagai cara pun ditempuh mulai dari mengkonsumsi obat dan makanan tertentu, rutin berolahraga hingga memutuskan untuk ikut operasi plastik di bawah penanganan dokter bedah ternama.

Padahal ada satu aktivitas yang bisa dilakukan secara rutin dan memberikan manfaat awet muda buat kamu. Yup, melakukan hubungan seks alias bercinta secara teratur bisa membuat kamu tetap sehat dan muda.

Sejumlah penelitian menyimpulkan, berhubungan seks memiliki manfaat kesehatan. Beberapa efek positif tersebut antara lain meredakan stres, memperbaiki tidur, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membuat kamu merasa terhubung dengan pasangan.

Lantas, berapa banyak frekuensi bercinta yang diperlukan agar kita bisa awet muda?

Frekuensi Bercinta Agar Awet Muda

Menurut studi terbaru, bercinta alias berhubungan seks bukan soal melepas gairah semata. Sebab dengan rutin berhubungan seksual dapat membuat kita awet muda. Satu kali dalam seminggu sudah cukup.

Dilansir dari The Sun, sebuah survei mengungkapkan, berhubungan seks, setidaknya sekali dalam seminggu dapat membantu merasa seseorang 15 tahun lebih muda.

Jajak pendapat ini dilakukan terhadap 1.000 orang dewasa di Inggris. Meskipun tidak terkait, temuan ini menguatkan penelitian sebelumnya yang dilakukan para ilmuwan di California yang menyimpulkan rutin bercinta bikin perempuan awet muda.

Ini yang membuat Rutin Bercinta Bikin Awet Muda

Penelitian tersebut dijelaskan secara biologis, di mana telomer yang “signifikan” lebih panjang pada perempuan yang bercinta setiap minggu.

Telomer berfungsi menjaga DNA tetap sesuai bentuk aslinya dan menghentikan perubahan kromosom yang terjadi seiring dengan bertambahnya tua.

Telomer pendek berarti umur yang lebih pendek. Faktor lain yang membuat merasa muda Survei yang dilakukan oleh orthopedic support fim Neo G juga menemukan, membelai hewan, pergi berlibur, melihat teman dan menghabiskan waktu sendirian dengan pasangan juga membuat orang merasa jauh lebih muda.

Orang yang gaya hidupnya paling aktif juga merasa 12 tahun lebih muda daripada mereka yang kurang aktif. Paul Starkey, dari Neo G mengatakan, orang-orang ingin terlihat dan merasa muda.

“Tapi, saat datang untuk mempertahankan masa muda, kami telah menemukan bahwa perasaan (lebih) muda di dalam diri adalah faktor fundamental,” ujar Starkey.

“Orang-orang yang terlihat dan merasa lebih muda dari dibanding usia biologis selalu menjadi misteri. Jadi, semoga penelitian kami berhasil memaparkan beberapa kegiatan yang dapat kita coba masukkan ke dalam hidup kita.”  tambah Starkey.

Dia melanjutkan, apa yang disoroti oleh penelitian adalah kebutuhan untuk tetap menjaga diri sendiri dan menikmati hal-hal terbaik dalam hidup, tidak peduli berapa usia biologis kita. (Sbg/Rig)

Comments