Ustad Arifin Ilham
Ustad Muhammad Arifin Ilham meninggal dunia di Penang, Malaysia pada Rabu (22/5/) malam WIB dalam usia 49 tahun. (Foto: maduazzikra.com)

Sabigaju.com – Setelah selama beberapa bulan terakhir berjibaku dengan kanker kelenjar getah bening dan kanker nasofaring, Ustad Arifin Ilham meninggal dunia di Penang, Malaysia pada Rabu (22/5/) malam WIB dalam usia 49 tahun.

Almarhum meninggal dunia saat sedang dirawat di rumah sakit karena penyakit kanker

Jenazah Ustadz Arifin Ilham tiba di Bandara Halim Perdanakusuma sekira pukul 15.58 WIB. Jenazah disambut langsung oleh anak-anaknya, Ustadz Yusuf Mansur, Ustadz Derry Sulaiman, Opick, dan puluhan jemaah setianya.

Setibanya di bandara, peti jenazah Ustadz Arifin Ilham langsung dibawa ke dalam mobil jenazah kepolisian. Anak-anak mendiang juga turut masuk ke dalam mobil masing-masing untuk dibawa ke Masjid Az Zikra, Sentul.

BACA JUGA: Lindungilah Kami dari Godaan Nafsu Berbelanja di Bulan Puasa 

Ribuan Umat Sambut Jenazah

Jenazah Arifin tiba pukul 17.00 WI langsung diarahkan masuk ke kediaman Arifin Ilham. Setelah disalatkan, jenazah Arifin Ilham akan dimakamkan di Ponpes Az-Zikra Gunung Sindur, Bogor.

Jenazah kemudian diantar ke masjid diiringi lantunan kalimat zikir yang dilafazkan oleh ribuan umat.  Selanjutnya shalat jenazah dipimpin oleh putra sulung Ustad Arifin, Muhammad Alvin Faiz sekitar pukul 17.35 WIB.

Ribuan pelayat dari berbagai kalangan memang sudah berdatangan sejak pagi tadi. Mayoritas mereka memakai baju muslim serba putih baik laki-laki maupun perempuan.

BACA JUGA: Ramadhan Adalah Tentang Indahnya Berbagi

Sekilas Sosok Arifin Ilham

Ustadz Arifin Ilham lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sebagai anak kedua dari lima bersaudara.

Dia menyelesaikan pendidikannya sampai SMP di Banjarmasin, pendidikan setingkat  SMA hingga lulus sarjana dirampungkan di Jakarta.

Adapun gelar sarjananya diraih dari Universitas Nasional untuk jurusan Hubungan Internasional.

Ustad Arifin Ilham adalah sosok ulama yang juga tak dapat dipisahkan begitu saja dengan keriuhan politik kontemporer.

BACA JUGA: Ramadhan Bulan Produktif, Bukan untuk Bermalas-malasan

Ustad Arifin Ilham
(Foto: Instagram-k.h.m.arifin.ilham

Sosok ulama yang dikenal memiliki suara serak-serak basah saat melantunkan zikir imi merupakan bagian dari sejumlah aksi yang melibatkan umat islam terkait kontestasi politik dalam beberapa tahun terakhir.

Nama Ustad Arifin Ilham melejit karena seruannya untuk tidak menghujat Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama yang saat itu terjerat kasus penodaan agama. Menurutnya, tak seharusnya muslim berperilaku menghujat.

Dalam sejumlah aksi damai yang melibatkan ribuan massa muslim, Ustad Arifin Ilham juga berkali-kali berpesan untuk tidak melakukan tindakan anarkis.

BACA JUGA: Waspadai Serangan Empat Penyakit Berikut Saat Berpuasa 

Presiden Jokowi Sempat Besuk Uztad Arifin Ilham

Kehebohan pernah  terjadi saat Presiden Jokowi tampak datang menjenguk Ustad Arifin Ilham di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, meski keduanya berbeda pandangan politik, namun mereka tetap terlihat hangat saat bertemu.

Ustad Arifin Ilham
(Foto: Instagram jokowi)

Ketika itu Presiden Jokowi datang menjenguk Ustadz Arifin Ilham dengan mengenakan kemeja putih dan celana bahan warna hitam.sedangkan Ustaz Arifin Ilham memakai kaos putih dan sarung putih serta sorban putih.

Jokowi pun berdoa secara khusus agar Ustaz Arifin Ilham segera diberi kesembuhan.

“Semoga beliau cepat sembuh, penyakitnya diangkat oleh Allah SWT. Masyarakat menunggu Ustad Arifin Ilham untuk berdakwah dan berkegiatan seperti sedia kala. Amin,” ujar Presiden Jokowi ketika itu.

BACA JUGA: Gaduhnya Publik Saat Ustaz Kondang Ketahuan Poligami

Wasiat Arifin Ilham

Sebelum meninggal dunia, Ustad Arifin Ilham sempat membuat permintaan ke pihak keluarga yang dirangkum dalam wasiat ulama kharismatik itu

Ustaz Arifin Ilham sendiri akhir bulan April lalu pernah menulis wasiat. Arifin Ilham berwasiat, seandainya Allah SWT telah memanggil dirinya, dia ingin dimakamkan di dekat sebuah masjid di Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

“Kalau lebih dahulu MENGHADAP Allah, pertama sholat di mesjid Az Zikra Sentul dan kemudian sholat kedua di mesjid Gunung Sindur. Kuburan di samping mesjid Gunung Sindur yg telah arifin siapkan dg kain kapannya,” tulis Ustad Arifin Ilham di akun Instagramnya beberapa waktu lalu.(Sbg/Rig)

Comments