Sabigaju.com – Banyak orang yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai sarana yang tepat untuk menyambung tali silaturahmi. Salah satunya adalah lewat jalan berbuka puasa bersama atau dikenal dengan istilah Bukber.

Seperti yang belum lama ini dilakukan oleh sekelompok pemuda pelopor aliran musik keras era 90an hingga tahun 2000 di Jakarta. Acara yang digagas oleh vokalis Cryptical Death besama sang gitaris yakni Karib dan Farid irawan tersebut turut di hadiri oleh personel dari grup-grup band yang pernah merajai musik bawah tanah di era tahun 90an hingga 2000 di scene musik cadas ibu kota.

Sapa dan salam hangat terlontar manakala satu persatu para veteran hardcore-punk Jakarta mulai menampakan batang hidungnya saat hadir di lokasi acara buka puasa bersama yang berlangsung di kediaman Karib di bilangan Jakarta Selatan.

Dari puluhan orang yang hadir nampak Firman ex penggebuk drum Straight Answer serta Aca sang vokalis yang masih aktif, Utay vokalis band The End, Hardi Vokalis El Loco, Jamal, Dedi dan Boek dari Band Frontside, Jimmy Wulur pendiri Secret Agent, hingga pembetot bass dari band hardcore ternama Jakarta, Dirty Edge. Tak hanya dihadiri veteran Hardcore punk, acara buka bersama tersebut juga di hadiri pentolan punk Jakarta yakni Erique gitaris The Idiots serta Usbrowser vokalis Midhuman. Selain itu hadir pula para Individu yang turut punya peran membesarkan scene Hardcore Punk di Jakarta seperti Heru Sani, Doddy DNA hingga Aditya Rajab.

Reuni dan Buka Puasa para Veteran Hardcore-Punk Jakarta (Sabigaju/Farid Irawan)

Saat beduk Maghrib tanda buka puasa berbunyi para tamu pun mulai berbuka dengan berbagai penganan dan minuman yang tersedia. Canda dan tawa pun mengiringi rangkaian awal acara berbuka puasa tersebut.

Tak lama usai berbuka, para hadirin pun menyiapkan area untuk sholat maghrib bersama. Tampil sebagai Imam yang memimpin Sholat Maghrib Yugo, Gitaris awal Band Straight Answer.

Usai Sholat Maghrib, acara ramah tamah pun berlanjut. Sapa dan percakapan yang terdengar mulai dari menanyakan kabar, kesibukan masing-masing hingga cerita tentang keluarga. Sesekali terlontar kenangan kebersamaan yang pernah dialami oleh para veteran tersebut.

Dalam buka puasa tersebut sempat terlontar agar tali silaturahmi dan persaudaraan kembali dieratkan. Para hadirin pun setuju untuk membuat reuni lewat sebuah event musik Walk Together, Rock Together. Event tersebut sendiri pertama kali diselenggarakan tahun 1998 di Poster Cafe Jakarta. Pada tahun 2013 acara tersebut kembali digelar untuk menggalang dana bantuan bagi keluarga Almarhum Bamby Nur Samsi alias Acid, gitaris band Antiseptic.

Sebagai informasi di era akhir 90an, para veteran Hardcore yang tergabung dalam Locos Ent. tersebut sempat mengeluarkan sebuah album Kompilasi Hardcore Punk pertama di kawasan Asia Tenggara bertajuk Walk Together Rock Together. Album kompilasi berbentuk kaset tersebut berisikan sepuluh tembang super keras yang dibawakan oleh sepuluh band cadas pengusung awal hardcore punk di Jakarta.

Lantas apakah Walk Together, Rock Together akan digelar untuk ketiga kalinya? Hmm sepertinya bakal seru abis melihat aksi para veteran tersebut berkumpul di satu panggung. (Sbg/Rig)

Comments