Jack Ma yang merupakan salah satu orang terkaya di China, kemarin dikabarkan akan mundur dari perusahaan yang didirikannya yakni Alibaba. (Foto Instagram)
Jack Ma yang merupakan salah satu orang terkaya di China, kemarin dikabarkan akan mundur dari perusahaan yang didirikannya yakni Alibaba. (Foto Instagram)

Sabigaju.com – Sosok Jack Ma, yang merupakan salah satu orang terkaya di China, mengumumkan mundur dari perusahaan yang didirikannya ini ke pelanggan dan pemegang saham melalui surat.

Raksasa bisnis Alibaba hari ini, Senin (10/9), mengumumkan sosok Daniel Zhang akan menggantikan Jack Ma sebagai Chairman mulai tahun depan, tepatnya 10 September 2019.

Alibaba termasuk perusahaan besar di China dan salah satu platform ritel online terpenting di dunia. Seiring pertumbuhannya, perseroan itu berkembang dengan masuk ke beragam industri mulai dari film, berita, dan komputasi awan.

BACA JUGA: 6 Fintech Keren Buat Milenial, Dari Beramal Hingga Memulai Bisnis

Hingga artikel ini diturunkan, Kabar pengunduran diri Jack Ma mendapat berbagai tanggapan serta menjadi banyak perbincangan warganet di berbagai media sosial.

Alasan Jack Ma Mundur dari Alibaba Group

Dalam suratnya Ma menyebut kini adalah saat yang tepat bagi Alibaba untuk melangkah ke level selanjutnya.

“Alibaba telah beranjak ke level berikutnya dalam hal tata kelola yang baik dari perusahaan yang bergantung ke individu, menjadi yang didukung sempurnanya sistem organisasi dan kultur pengembangan talenta,” kata Ma melalui suratnya.

“Memulai proses pengalihan obor Alibaba ke Daniel dan timnya adalah keputusan tepat di waktu yang tepat, karena saya tahu dari kerja dengan mereka bahwa mereka siap, dan saya memiliki kepercayaan diri terhadap generasi pemimpin yang berikutnya,” tulisnya.

Jack Ma menambahkan bahwa dia akan melanjutkan peran sebagai founding partner di Alibaba Partnership, yang merupakan grup dengan 36 pemimpin senior yang memastikan berjalannya misi, visi dan nilai perusahaan.

Orang terkaya di China itu mengatakan bahwa ia akan tetap berada di Dewan Direksi Alibaba sejalan dengan upayanya sebagai filantropis.

Ma mengatakan, dirinya berencana mendedikasikan lebih banyak waktu dan kekayaannya untuk filantropi yang berfokus pada pendidikan, mengikuti jejak rekan miliarder lainnya, Bill Gates.

BACA JUGA: Ada Yi Zhao, Pendiri Curated Crowd yang Lagi Ramai Dibicarakan

Sosok Daniel Zhang Pengganti Jack Ma

Tonggak kepemimpinan Alibaba akan berada di babak baru ketika Jack Ma memutuskan mundur sebagai Executive Chairman Alibaba Group Holding Ltd dan digantikan oleh sosok bernama Daniel Zhang.

Daniel Zhang adalah pengganti Jack Ma yang telah resmi mundur dari perusahaan Raksasa bisnis Alibaba. (Foto Instagram scmp)
Daniel Zhang adalah pengganti Jack Ma yang telah resmi mundur dari perusahaan Raksasa bisnis Alibaba. (Foto Instagram scmp)

Ma menilai Daniel Zhang adalah pemimpin dan inovator bisnis internasional terbukti dengan rekam jejak yang kuat dalam memberikan hasil.

Sejak Zhang ditunjuk sebagai Chief Executive pada Mei 2015, Alibaba mengalami pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan selama 13 kuartal berturut-turut.

Lantas, akankah Alibaba bakal melaju pesat ditangan Daniel Zhang? Kita tunggu saja perkembangannya. (Sbg/Rig)

Comments