Google Pixel 3
Google akhirnya meluncurkan smartphone teranyar besutannya yakni Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL. Kedua Smartphone itu mulai dijual di pasaran pada 18 Oktober mendatang. Foto Instagram gadgetcult)

Sabigaju.com – Akhirnya Google Pixel 3 resmi diluncurkan, duo smartphone Pixel 3 dan Pixel 3 XL, itu bakal dipasarkan mulai 18 Oktober mendatang.

Jika dilihat dari sisi harga, ponsel flagship milik Google ini dibanderol lebih murah dibandingkan Apple atau Samsung. Pixel 3 akan menampilkan kekuatan kamera seperti seri pendahulunya dan pembaharuan Android lebih cepat dari ponsel manapun.

Ponsel Google Pixel 3 dan 3 XL sendiri dibanderol seharga US$799 atau setara Rp12,1 juta. Harga ini lebih mahal US$150 atau Rp2,2 juta dari seri sebelumnya. Sedangkan untuk tipe 3 XL dibanderol US$899 atau setara Rp13,7 juta. Harga ini lebih mahal US$50 atau sekitar Rp700 ribu dari seri pendahulunya.

Lantas, apa saja keunggulan dari Google Pixel 3 ini?

1. Layar

Ponsel ini akan memiliki layar yang lebih bagus terutama untuk tipe XL. Ponsel ini akan yang mendapatkan blue shift dan warna yang diredam. Google telah menempatkan lebih banyak pekerjaan ke kalibrasi kali ini.

Ponsel ini pun memiliki tampilan yang lebih besar yakni masing-masing 6,3 inci dan 5,5 inci.

2. Kamera belakang

Google Pixel 3 dan 3 XL meningkatkan kemampuan kamera belakang. Google membawa banyak fitur perangkat lunak baru ke kamera ponsel flagship-nya.

Selain perangkat lunak, dari sisi perangkat keras kamera pun mengalami banyak pembaharuan. Perusahaan mengatakan kepada Wired bahwa Pixel 3 menggunakan sensor yang lebih baru, dan Android Central mengatakan itu menangkap jangkauan dinamis yang lebih besar. Jumlah megapikselnya sama, tetapi unit kamera tidak.

3. Dua kamera di depan

Salah satu lensa kamera depan berguna untuk memotret wide-angle 97 derajat. Dengan begitu, pengguna bisa membidik group selfie dengan maksimal atau selfie di depan pemandangan dengan lebih mudah.

Kualitas sensor pun masih 12,2 megapiksel. Lantas apa yang membedakan seri Pixel keluaran 2018 dengan pendahulunya? Kamera Pixel 3 dan Pixel 3 XL dilengkapi software terbaru yang meningkatkan kinerja kamera dengan teknologi kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI).

4. Pembaharuan premium

Ponsel ini akan dilapisi kaca dengan bahan matte. Material ini akan lebih mahal dibandingkan mengkilap atau menggunakan aluminium. Selain itu, Google pun menambahkan pengisian nirkabel ke Pixel 3 yang merupakan fitur tak dimiliki oleh pendahulunya.

5. Lebih banyak band LTE

Dari sisi jaringan, Pixel 3 mendukung band LTE band 71 yang memberikan dukungan penuh untuk spektrum 600MHz.

6. Baterai lebih besar

Baterai yang lebih besar di Pixel 3. Pixel 3 berukuran biasa memiliki baterai 2.915 mAh dibandingkan dengan 2.700 mAh di Pixel 2 tahun lalu.

7. Cip Titan M Security

Cip ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan pemilik Pixel 3 beberapa langkah di luar perangkat keras keamanan yang ada di Pixel 2. Selain pembaharuan, adapula 3 hal yang Google nilai tak perlu diubah dari ponsel flagshipnya tersebut.

Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL Tak Masuk Indonesia?

Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL bakal dijual di 13 negara, yakni di Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, India, Italia, Jepang, Singapura, Spanyol, Taiwan, Inggris, dan Amerika Serikat.

Namun, Indonesia kembali tidak menjadi pasar Google Pixel. Belum ada informasi resmi dari Google terkait kemungkinan Pixel 3 dan Pixel 3 XL akan dijual di Indonesia.

Oleh karena itu, bagi kamu yang mengincar Pixel 3 dan Pixel 3 XL, negara-negara tetangga seperti Australia, Singapura, dan Taiwan bisa menjadi tempat pilihanmu untuk mendapatkan smartphone tersebut. Google sendiri baru akan meluncurkan Pixel 3 dan Pixel 3 XL di Singapura pada 1 November mendatang. (Sbg/Rig)

Comments