Resiko Patah Hati
Resiko patah hati yang paling mengerikan bisa berujung pada kematian. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Banyak orang yang pernah merasakan patah hati lantaran perasaan cinta nya terhadap seseorang terkadang jatuh di tempat yang salah. Namun, tahukah kamu kalau resiko patah hati itu mengerikan?

Perasaan cinta yang sudah terlalu terlalu berlebih dan harapan harapan yang sudah membumbung hingga ke langit pun pupus manakala semua di harapkan tak sejalan dengan kenyataan.

Kekecewaan yang timbul akan menyebabkan luka mendalam pada hati, bahkan trauma akan cinta bisa saja terjadi.

Lalu, apa yang bisa dilakukan saat kita mengalami patah hati? Sebab tak mudah menghapus perasaan terhadap seseorang saat sudah sampai di hati.

Resiko Patah Hati

Belum lama ini para peneliti di Rice University membuktikan, resiko patah hati. Orang yang dilanda kesedihan akibat kehilangan orang yang dicintai, berisiko menderita peradangan yang berujung pada kematian.

Sebaliknya, mereka yang tak terlalu larut dalam kesedihan saat ditinggal orang terkasih, memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik.

Pemimpin penelitian Chris Fagundes mengatakan, riset sebelumnya menunjukkan peradangan berkontribusi pada hampir setiap penyakit yang diderita orang yang berusia lanjut.

“Dan, kami juga tahu depresi terkait dengan tingkat peradangan yang lebih tinggi.” “Sehingga, mereka yang kehilangan pasangan berisiko tinggi mengalami depresi berat, serangan jantung, stroke, hingga kematian dini,” ucapnya.

BACA JUGA:

Berenang Sembuhkan Patah Hati

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi resiko patah hati adalah dengan berolahraga renang.

Hal itu ditegaskan oleh Aimee C. Kimball seorang psikolog sekaligus kepala pelatihan mental di Center for Sports Medicine di University of Pittsburgh Medical Center. Menurutnya berenang dapat mengurangi rasa sedih, kecemasan dan depresi secara signifikan.

Alasannya, ketika kamu berenang, tubuh akan melepaskan endorfin, senyawa alami di dalam otak yang bisa memunculkan perasaan bahagia, bahkan euforia. Zat endorfin ini yang akan mengatasi rasa sedih, menghilangkan stres, dan meningkatkan perasaan senang.

Selain itu  berenang mampu mempengaruhi serotonin yang menghasilkan Atrial Natriuretic Peptide (ANP). ANP berguna untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Namun baru-baru ini ditemukan bahwa ANP membantu menghilangkan stres dengan cara mengendalikan respons otak terhadap kecemasan dan stres.

Secara sederhana, berenang bisa merangsang suatu senyawa kimia di otak yang mendorong pertumbuhan sel saraf.  Secara perlahan tapi pasti, berenang bisa membantu mengatasi rasa sedih yang kamu rasakan.

Sebagai bonus, jika kamu rutin berenang, lambat laun akan membentuk tubuh menjadi atletis yang akan membuat para mantan pacarmu kecewa telah meninggalkanmu. Sweet revenge!(Sbg/Rig)

Comments