asinan rambutan
Sumber: Instagram @belajar.cooking_

Sabigaju.com – Musim buah rambutan telah tiba. Ini saatnya Sobat Sabi mulai berkreasi dengan buah rambutan yang asam manis itu. Salah satu camilan lezat yang bisa Anda nikmati dari buah rambutan ialah Asinan.

Namun, sebelum kita melangkah untuk mencari tau resep dan cara membuat asinan buah rambutan di rumah. Yuk, cari tahu lebih dulu manfaat apa saja yang bisa Sobat Sabi dapat jika mengonsumsi buah rambutan.

Manfaat Mengonsumsi Buah Rambutan

Buah Rambutan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho, Sobat Sabi. Di antaranya adalah kesehatan ginjal, mencegah sel kanker, mengobati hipertensi, mengobati penyakit radang, mengobati anemia, mengobati sakit pinggang, hingga menurunkan kolestrol.

Tak hanya bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Mengonsumsi buah rambutan juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan lho, Sobat Sabi. Beberapa di antaranya berguna untuk mencegah penuaan dini, mencegah kulit kusam, mencerahkan wajah, menghitamkan rambut beruban, dan dapat menutrisi rambut Anda.

Resep Membuat Asinan Rambutan Segar di Rumah

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat yang bisa Sobat Sabi dapat jika mengonsumsi buah Rambutan. Pastinya, Anda semakin tak sabar untuk segera melihat resep dan cara membuat asinan buah rambutan pedas asam manis yang segar.

Bahan Bumbu Asinan:

– Rambutan 2 ikat
– Cabai rawit merah 10 buah dan bisa Anda sesuaikan dengan selera
– Jeruk limau 3 buah. Kemudian peras dan ambil airnya
– Jeruk limau 2 buah yang diiris tipis
– Gula pasir 2 sendok makan
– Garam 1 sendok makan

Cara Membuat Asinan Rambutan:

– Pertama-tama, kupas dahulu buah rambutan yang telah Anda siapakan. Lalu pisahkan dengan bijinya.

– Ulek kasar cabe rawit, gula pasir, garam. Kemudian tambahkan air hangat secukupnya.

– Selanjutnya campur buah rambutan tadi kedalam wawah bumbu yang telah diberi air hangat. Aduk hingga merata. Lalu koreksi rasanya. Apakah sudah sesuai selera Anda atau belum. Pastikan rasa pada asinan buah rambutan Anda harus ada asam, asin, pedas dan manisnya ya Sob. Biar makin mantap.

– Setelah merasa cukup. Masukkan asinan rambutan ke dalam kulkas agar bumbu lebih meresap. Diamkan minimal 4 jam di dalam kulkas. Lalu nikmati bersama keluarga untuk teman bersantai Anda di hari weekend ini. Selamat Mencoba. (Sbg/Slv)

Comments