Aplikasi Zoom
(Foto: Facebook.com/Zoom Video Communications)

Sabigaju.com – Di tengah pandemi COVID-19 di berbagai negara, banyak  orang kemudian menjadi lebih aktif dalam melakukan video conferencing, salah satunya dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Melalui aplikasi Zoom, kita bisa melakukan panggilan video pribadi, kelas online, hingga rapat kantor dengan anggota yang bisa mencapai 500 orang, lho!

Sayangnya, aplikasi , Zoom justru harus berhadapan dengan masalah serius, illegal tracking. Hal ini membuat Zoom bisa mencuri data pribadi penggunanya. Jadi, masih aman nggak ya menggunakan Zoom?

Ada beberapa alasan kenapa aplikasi Zoom tidak aman untuk digunakan:

BACA JUGA: Aplikasi Penting Saat Pandemi COVID-19

1. Bug yang Membahayakan Pengguna

Baru-baru ini, tersiar kabar bahwa aplikasi Zoom memiliki bug yang berbahaya untuk pengguna Windows. Kabarnya, bug ini bahkan bisa mencuri data akunmu saat melakukan log in.

Mengetahui data pribadimu seperti username dan password tentu sangat berbahaya. Hal ini lantaran pencurian data ini memungkinkan Zoom untuk mengontrol aktivitas perangkatmu.

2. Mengakses Data Pengguna

Pengguna IOs juga ternyata tak luput dari pencurian data secara diam-diam yang dilakukan Zoom.

Pencurian data ini meliputi perekaman wajahmu saat melakukan panggilan dengan aplikasi.

Tak hanya itu, aplikasi Zoom bahkan bisa melacak jam berapa pengguna membuka aplikasi Zoom, model perangkat yang digunakan, lokasi pengguna, operator seluler yang digunakan, hingga unique code atau ID-mu.

BACA JUGA:  Aplikasi Anti Covid-19 Buat Bantu Kamu Bekerja dari Rumah

3. Bisa Mengirimkanmu Iklan

Buruknya, data-data itulah yang juga diberikan Zoom pada Facebook. Dengan data di atas, akan ditemukan algoritma tentang profilmu.

Hal inilah yang kemudian membuat Facebook bisa mengirimkanmu berbagai macam iklan secara tiba-tiba, meskipun kamu tidak memiliki akun Facebook.

4. Bisa Melacak Aktivitas  Saat Melakukan Video Call

Aplikasi Zoom juga bisa melakukan aktivitas tracking berbahaya lainnya.

Misalnya saja, diketahui bahwa Zoom bahkan bisa melacak tab apa saja yang kamu buka dan host akan melacak aktivitasmu saat kursormu mulai menjauh dari jendela utama Zoom saat melakukan video call.

Coba Skype Gratis

Nah  buat kamu yang khawatir menggunakan Zoom kamu bisa mencoba layanan Skype Meet Now bisa jadi solusinya.

Tidak hanya gratis, kamu tidak perlu punya akun Skype dan mendownload aplikasinya.
Kamu hanya perlu mengakses Skype di sini. Lalu tekan tombol Create a Free Meeting.

Meet Now bekerja dengan membuat tautan unik, di mana tautan ini dapat dibagikan kepada peserta meeting.

Pengguna tak mesti mengunduh program dan aplikasi apapun untuk itu. Sejauh ini, baru dua browser ini yang mendukung fitur Meet Now.

BACA JUGA: Gaes, Nih Aplikasi Edit Video yang Gampang Kamu Gunakan

Skype menawarkan seluruh fasilitas yang ada untuk dinikmati pengguna Meet Now. Seperti, fitur perekam panggilan, mengaburkan latar belakang, dan membagikan layar.

Introducing a simple, hassle-free way to connect with the important people in your life on #Skype, no sign-ups or downloads required. Learn about Meet Now: https://msft.it/6181Teww9

Dikirim oleh Skype pada Jumat, 03 April 2020

Rekaman panggilan akan tersimpan selama 30 hari sebelum otomatis terhapus. Sementara untuk image dan media lain, bisa lebih lama lagi.

Untuk memanfaatan layanan ini, cukup masuk ke situs resmi Skype. Di situ nanti ada tombol untuk membuat tautan video (conference) gratis.

Lalu, kamu bisa membagi dan mengirim tautan itu ke peserta video conference. Ada pilihan untuk membagi tautan lewat Gmail atau Microsoft Outlook juga.

So mending pakai ini dulu y gaes ketimbang aplikasi zoom (Sbg/Rig)

Comments