Wisata Religi
ada beberapa destinasi wisata religi yang bisa kamu kunjungi selama liburan Idul Fitri kali ini. (Foto: Instagram ferrye)

Sabigaju.com – Wisata religi di Indonesia dapat menjadi salah satu referensi tujuan wisata religi yang bermanfaat.

Kamu yang sudah menikmati libur Lebaran barangkali sudah mulai memikirkan barangkali wisata religi dapat menjadi tujuan wisatamu kali ini.

Berikut ini adalah rekomendasi lokasi unik untuk wisata religi kala Lebaran tiba.

BACA JUGA: Inilah Durasi Waktu Liburan yang Paling Ideal

Masjid Istiqlal, Jakarta

(Foto: Instagram: fotofotolah)

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan Masjid Istiqlal yang terletak di Jakarta ini. Banyak sekali wisatawan yang datang dari luar kota dan berkunjung ataupun melakukan wisata religi ke masjid ini untuk menikmati kemegahannya.

Masjid Istiqlal memiliki luas lebih dari 90,000 meter persegi dan merupakan masjid terluas di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Pendirian masjid ini diprakarsai oleh Presiden pertama RI yaitu Bapak Ir. Soekarno. Masjid ini menjadi menarik karena didesain oleh arsitek berdarah Batak pemeluk Kristen Protestan yaitu Frederich Silaban. Kurang lebih masjid ini dapat menampung sekitar 2.000 jemaah.

BACA JUGA: Libur Lebaran, Waktu Pas Buat Jajal Wisata Halal

Masjid Namira, Lamongan

(Foto: Instagram dani_nada_tyo_buchori)

Masjid selanjutnya yang juga menarik untuk dijadikan destinasi wisata religi adalah Masjid Namira yang terletak di Lamongan. Begitu kamu menyambangi masjid ini, kamu akan melihat nuansa yang tercipta sangat mirip dengan masjid di Arab Saudi.

Bahkan, tempat wudhunya sendiri menggunakan dudukan batu berlapis keramik serta disediakan kursi lipat untuk jamaah yang tidak mampu salat berdiri.

Hal lain yang sangat spesial dari masjid ini adalah terdapatnya potongan tirai penutup pintu Kabah asli yang sudah ada sejak tahun 1420 Hijriah. Potongan tirai ini memiliki lebar 3,3 meter dan tinggi 6,3 meter membuatmu serasa tengah salat di depan Kabah.

BACA JUGA:  Asyiknya Menikmati Libur Lebaran di Jakarta 

Masjid Raya Sumatera Barat

Foto: Instagram pesonaid_travel)

Pilihan dsetinasi religi yang tak kalah menarik adalah mengunjungi Masjid Raya di Provinsi Sumatra Barat.

Jika Masjid Raya lainnya memiliki kubah sebagai ciri khas, maka lain halnya dengan Masjid Raya Sumatera Barat ini.

Masjid Raya ini memiliki bentuk gonjong yang sangat sesuai dengan gaya arsitektur khas Sumatera Barat.

Selain itu, masjid ini memiliki empat sudut lancip yang sangat erat kaitannya dengan arsitektural Rumah Gadang. Terdapat pula ukiran khas Minang dan kaligrafi pada dinding luar masjid yang menambah kemegahan masjid ini. (Sbg/Vania)

Comments