Kedai Kopi Jadul
Jika kamu pecinta kopi, ada sejumlah kedai kopi jadul yang dapat kamu kunjungi di akhir pekan ini. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Jika Kamu pecinta minuman kopi tentu tidak merasa asing dengan keberadaan sejumlah kedai kopi jadul di Kota Jakarta

Kedai kopi jadul di Ibukota awalnya hadir sebagai tempat terbaik untuk menikmati kopi, namun seiring dengan berjalannya waktu ternyata hal ini sudah mulai berubah. Kedai kopi menjadi tempat untuk berfoto yang kemudian akan diunggah ke media sosial.

Fenomena ini kemudian membuat para pemilik kedai kopi saling berlomba untuk menciptakan suasana kedai kopi yang lekat dengan nuansa instagramable.

Namun, rupanya banyak kedai kopi yang justru tetap mempertahankan originalitas dengan gaya tempo dulu yang tetap memesona.

BACA JUGA: Tren Bisnis Kedai Kopi di Kalangan Milenial

Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho

Kedai kopi  jadul namun kini bernuansa nyaman ini  telah berusia lebih dari satu abad dan telah menjadi kedai kopi tertua yang ada di Jakarta.

Warung Tinggi Tek Soen Ho atau yang lebih dikenal dengan nama Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho telah didirikan oleh Liauw Tek Soen sejak tahun 1878 di kawasan Jl. Hayam Wuruk.

(Foto: Travelingyuk.com)

Konsep awal dari kedai kopi jadul ini ternyata merupakan toko kelontong dan warung nasi. Memilih untuk berjualan kopi dikarenakan oleh banyaknya permintaan pelanggan.

Walaupun sempat tutup karena peperangan yang terjadi antara Jepang dan Belanda, akhirnya warung ini kembali buka dan sekarang telah bertransformasi menjadi lebih modern seiring berkembangnya zaman.

BACA JUGA: Kebiasaan Minum Kopi Pakai Es Sehat Apa Enggak Sih?

Kedai Kopi Jadul Kopi Es Tak Kie

(Foto: Instagram bubutharapan)

Kedai kopi jadul yang legendaris di kawasan Jakarta ini sudah mulai berdiri sejak tahun 1927. Kedai kopi ini didirikan oleh Liong Kwie Tjong dan sudah hampir berumur seabad.

Letaknya di kawasan Glodok, tepatnya Gang Gloria, Jalan Pintu Besar Selatan III no. 4-6. Kopi susu panas maupun dingin di kedai kopi Es Tak Kie ini menjadi daya tarik para pelanggannya.

Untuk menikmati kopi andalannya, kamu harus siap-siap berburu karena kedai kopi ini hanya buka dari pukul setengah 7 pagi hingga 2 siang.

BACA JUGA: Nikmatnya Kopi Aceh Enggak Cuma Ada di Kopi Gayo

Kong Djie Coffee

(Foto: Instagram aswaranwar027)

Kedai kopi jadul ini merupakan kedai kopi yang berasal dari provinsi Bangka Belitung dan sudah berdiri sejak tahun 1934.

Jika kamu ingin mencicipi kopinya, kamu dapat datang langsung ke Jalan Citra Garden 6, Cengkareng, Jakarta Barat.

Sebagai rekomendasi, kamu dapat memilih kopi favoritnya yaitu kopi O dan kopi susu.

BACA JUGA: Merasakan Nikmatnya Sensasi Vintage di Kopi Oey 

Phoenam

Kopi Phoenam merupakan kopi yang berasal dari Makassar. Kata Phoenam sendiri berasal dari bahasa Mandarin yang memiliki arti terminal atau tempat transit di Selatan.

(Foto: Instagram aswaranwar027)

Kopi susu yang menjadi andalan di Phoenam adalah kopi susu yang disajikan dengan permukaan frothy atau berbuih seperti kopi tarik. Jika mengunjungi kopi Phoenam, kamu juga dapat menikmati secangkir kopi toraja yang ditemani dengan pisang panggang.

Kopi Phoenam buka dari pukul 6 pagi hingga tengah malam dan terletak di Jalan KH. Wahid Hasyim no. 12, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. (Sbg/Vania)

Comments